Minggu, 04 September 2022

Materi Ajar Senin 05 September 2022 " Tema 2 Bermain di Lingkunganku (Sub tema 2 ) Bermain di Lingkungan Rumah PB. 1"

 





Hari / Tanggal             :   Senin 05 September 2022

Tema     ( 2 )                  : Bermain di Lingkunganku

Subtema   (2 )               : Bermain Di Rumah Teman

Pembelajaran               : 1

Alokasi Waktu             :  1 x Pertemuan 


KD (kompetensi Dasar Pembelajaran 

  ·         (Matematika ) 4.4

 Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari- hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.

·        (B. Indonesia ) 3.2

Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam
bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau  eksplorasi lingkungan.

·     (SBDP) 3.3

Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari.. 

Tujuan Pembelajaran 

·      ·     Peserta didik mampu memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dengan benar. 

·         · Peserta didik dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan benar

 · Peserta didik mampu mempraktikkan variasi gerak meliukan badan tanapa berpindah tempat dengan benar

·  

1. Sapaan

Assalamualaikum wr.wb

Bismillahirahmanirahim ...

Semoga di pagi yang sangat cerah ini kalian sudah siap menerima materi pembelajaran yang akan ibu guru berikan yaa .. 

Sebelum kita memulai pembelajaran, sebaiknya ananda sholeh sholehah semua sudah melaksanakan sholat dhuha setelah melakukan m uroja'ah surat-surat pendek ya nak ...

Baik ananda sholeh sholehah 💗💕

 Good Morning anak sholeh dan sholehah kelas 2A 😊

How are you today ? semoga selalu diberikan kesehatan dan kesempatan belajar sehingga ilmunya barokah. 

2. Apersepsi

    Kemarin, kita sudah menyelesaikan materi tema 2 subtema 1 pb  6 diantaranya tentang

     Ada banyak benda di sekitar kita. Setiap benda mempunyai sifat yang berbeda dengan benda lainnya. Ada yang halus, kasar, basah, dan lain sebagainya.

Contoh benda yang kasar antara lain batu, pasir dan kulit pohon. Contoh benda yang basah adalah air. Benda yang memiliki permukaan halus antara lain kapas, bulu, dan kertas. Tentunya masih banyak sifat-sifat lain dari benda-benda di sekitar kita.

    Bentuk benda juga beragam. Ada yang bentuknya tetap. Ada juga yang berubah. Bentuk pensil

 dan kertas akan selalu tetap walaupun telah dipindahkan ke tempat yang berbeda. Sedangkan air di dalam gelas jika dipindahkan ke botol bentuknya akan berubah menyerupai botol.


   hari ini kita akan  dilanjutkan dengan tema 2 Subtema 1  Pb 6   .

disimak baik-baik materinya yaaa ananda sholeh sholeha


3. Materi ajar & Ringkasan Materi  Pemebelajaran ke 6

     Kemarin kita susah membahas tentang  membahas mengenai  sisfat-sifat benda di sekitar kita. .sifat-sifat benda memerlikan bahan dan akan diperlukan  ada dua sifat -sifat benda yaitu " Padat dan Cair. beberapa sifat-sifat benda yang ada di sekitar kita, setiap kita melakukkuakan kegiatan kita perlu memperhatikan aturan-aturan yang berlaku semisal kita akan melakukkan pengamantan di rumah beni kita wajib perlu mengatuahi aturan yang di pakai ketika kita sedang berada di rumah beni.  sifat-sifat benda yang ada disekitar kita

Yukk kita simak penjelasan materi tema 2 subtema 2  pb 1

Let’s check this video

VIDEO PEMBELAJARAN 

1



 Beni dan teman-teman bermain di rumah Udin. Di rumah Udin ada pohon jambu yang sedang berbuah. Mereka memetik jambu bersama-sama. Setelah itu, mereka bermain lingkaran simpai.
Permainan apa yang sedang dilakukan Beni dan teman-teman? Pernahkah kamu melakukan permainan tersebut?

 

Beni datang ke rumah Udin bersama Edo, Siti, dan Lani. Mereka memetik jambu bersama. Mereka bermain dengan riang
Ayo Mengamati

 Amatilah gambar berikut!


Apa yang sedang dilakukan Beni dan teman-teman? Bagaimana cara mereka memetik jambu?

Memetik Jambu di Rumah Udin 

Pohon jambu di rumah Udin sedang berbuah. Udin mengajak Beni dan teman-teman untuk bermain di rumahnya. Mereka memetik jambu yang tumbuh di depan rumah. Buahnya sangat banyak. Udin dengan semangat memanjat pohon jambu. Beni memetik jambu dengan menggunakan galah. Lani memetik jambu yang buahnya tidak terlalu tinggi. Sementara Edo dan Siti mengumpulkan buah jambu yang sudah dipetik. Mereka bermain dengan riang gembira.

Uddin dan teman-temananya sanagat semangat sekali dalam memetik buah jambu, satu sama lain saling membantu dan berbagi tugas untuk memeti jambu ketika lani memetik jambu lani telah melakukkan gerakan non lokomotor 


    Gerak Non Lokomotor adalah gerak tidak berpindah tempat atau gerakan yang hanya dilakukan ditempat. Dimana sebagian anggota tubuh tertentu saja yang digerakkan namun tidak berpindah tempat, seperti menekuk lengan, jongkok, dan berdiri.

    Berbeda dengan gerak dasar lokomotor dan manipulatif, gerak dasar non lokomotor lebih berfokus pada kelentukan sendi ke segala arah. Tujuannya ialah melatih keseimbangan alat gerak manusia agar tidak mudah jatuh, walaupun dalam posisi yang tidak sempurna. 

Contoh gerak non lokomotor terdapat dalam macam – macam gerak dasar non – lokomotor sebagai berikut:

  1. Gerakan Menangkap
  2. Gerakan Memutar
  3. Gerakan Menendang
  4. Gerakan Membungkuk
  5. Gerakan menjebak
  6. Gerakan melambung
  7. Gerakan Melempar
  8. Gerakan Bergulir
  9. Gerakan mengangkat
  10. Gerakan menyepak 
  11. Mengayun
  12. Memelanting

Manfaat Gerak Non Lokomotor

  1. Melatih kecepatan dan ketangkasan saat melangkah
  2. mengembangkan kesadaran pada anggota tubuh pada suatu tempat atau ruang.
Setelah melekukkan gerakan non lokomotor udin dan teman-temannya melakukkan diskusi bersama-sama. 
    Diskusikanlah bersama teman sebangkumu! Beni memetik 7 buah jambu. Udin memetik 7 buah jambu. Lani juga memetik 7 buah jambu. Semua jambu yang telah dipetik dikumpulkan oleh Edo dan Siti. Jambu tersebut dimasukkan ke dalam keranjang. Berapa jumlah jambu yang ada di dalam keranjang?

Jambu yang dipetik:
 Beni = 7 buah Udin = 7 buah Lani = 7 buah 
Jumlah jambu semuanya: 7 + 7 + 7 = 7 £ 3 = 21 

Diskusikanlah! 


     Perkalian adalah penjumlahan berulang. Dalam konsep matematika, perkalian merupakan sebuah operasi yang meliputi penskalaan (pelipatan) bilangan yang satu dengan bilangan yang lain. Secara sederhana, perkalian dapat didefinisikan sebagai penjumlahan yang diulang.  
   
Tetap semangtt...

4. Evaluasi

siswa mengerjakan latihan di buku MRT yang diberikan oleh ibu guru. 

5. Penutup 

.    Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu dan jangan lupa bersodaqoh .






Tetap Semangat Ananda Sholeh Sholeha😍


____selamat mengerjakan_____ 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Jum'at 20 September 2024

       H ari / Tanggal                 : Jumat  20 September  2024 Kelas                                       :  1 A   Mapel               ...