Hari / Tanggal : Senin 12 September 2022
Tema ( 2 ) : Bermain di Lingkunganku
Subtema (2 ) : Bermain Di Rumah Teman
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
KD (kompetensi Dasar Pembelajaran
· · (Matematika ) 4.4
Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari- hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
· (B. Indonesia ) 3.2
· · PPKNP1.2 Kn
Tujuan Pembelajaran
·
· Peserta didik mampu memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dengan benar.
· · Peserta didik dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan benar
· .Peserta didik mampu siswa dapat menyebutkan akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan aturan di rumah dengan benar.·
Assalamualaikum wr.wb
Bismillahirahmanirahim ...
Semoga di pagi yang sangat cerah ini kalian sudah siap menerima materi pembelajaran yang akan ibu guru berikan yaa ..
Sebelum kita memulai pembelajaran, sebaiknya ananda sholeh sholehah semua sudah melaksanakan sholat dhuha setelah melakukan m uroja'ah surat-surat pendek ya nak ...
Baik ananda sholeh sholehah 💗💕
Good Morning anak sholeh dan sholehah kelas 2A 😊How are you today ? semoga selalu diberikan kesehatan dan kesempatan belajar sehingga ilmunya barokah.
2. Apersepsi
Kemarin, kita sudah menyelesaikan materi tema 2 subtema 2 pb 5 diantaranya tentang Kegunaan Benda
==Benda membuat kegiatan kita menjadi terbantu. Kita tidak bisa minum kalau tidak ada air dan gelas. Kita tidak bisa menulis kalau tidak ada buku dan pensil. Begitu juga dalam bermain. Dalam bermain ada yang membutuhkan benda dan ada yang tidak. Dalam bermain tarik-tarikan kita tidak membutuhkan benda apapun. Namun dalam bermain lingkaran simpai, tanpa adanya simpai permainan tidak akan bisa terlaksana. Jadi, setiap benda mempunyai kegunaan masing-masing.
hari ini kita akan dilanjutkan dengan tema 2 Subtema 2 Pb 6 .
disimak baik-baik materinya yaaa ananda sholeh sholeha
3. Materi ajar & Ringkasan Materi Pemebelajaran ke 6
Kemarin kita susah membahas tentang membahas mengenai Kegunaan Benda
Yukk kita simak penjelasan materi tema 2 subtema 2 pb 6
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
6
Tuliskan kata-kata yang telah kamu temukan pada kolom berikut!
Jawaban :
No | Kata Benda | Wujud | Kegunaan |
1 | Sapu | Padat | Membersihkan |
2 | Meja | Padat | Tempat Makanan |
3 | Boneka | Padat | Untuk Bermain |
4 | Air | Cair | Diminum |
5 | Udara | Gas | Bernafas |
Setelah kita mengamati dan menyusun kosakata tentang nama-nama benda kita akan menukisan tentang benda kesukaan, marilah kita cobaa....
Benda Kesukaanku
Pensil terbuat dari kayu yang berisi graphite/gratit di tengahnya. Berbentuk tabung atau lilinder. Kegunaannya untuk menulis sebagai pasangannya penghapus.
Dengarkan temanmu membaca teks percakapan berikut!
. Apa isi teks percakapan di atas? Jawaban : Percakapan diatas berisi mengenai manfaat aturan.
Gambar 2, Pendapatku : Sebaiknya Adi membuang sampah pada tempatnya, karena jika membuang sampah sembarangan lingkungan menjadi kotor.
Akibat tidak mematuhi aturan: Akan dikenakan sanksi dan hukuman.
Perkalian adalah penjumlahan berulang. Dalam konsep matematika, perkalian merupakan sebuah operasi yang meliputi penskalaan (pelipatan) bilangan yang satu dengan bilangan yang lain. Secara sederhana, perkalian dapat didefinisikan sebagai penjumlahan yang diulang.
Lengkapi kalimat perkalian berikut! Lengkapi sebanyak mungkin yang kamu bisa!
Perhatikan contoh berikut!
Beni diminta ibu untuk merapikan buku-buku yang tidak terpakai lagi. Buku-buku tersebut dimasukkan ke dalam 3 dus. Masing-masing dus berisi 8 buku. Berapa banyak buku yang dirapikan Beni?
Penyelesaian:
Banyak dus = 3
Setiap dus berisi = 8 buku
Banyak buku yang dirapikan Beni adalah:
3 x 8 = 24
Jadi, banyak buku yang dirapikan Beni adalah 24 buku.
Selesaikanlah soal cerita berikut!
1. Edo mempunyai 8 kantong kelereng. Setiap kantong berisi 10 kelereng. Berapa banyak kelereng yang dimiliki Edo? Jawaban :
Penyelesaian:
Banyak kantong kelereng = 8
Setiap kantong kelereng = 10 klereng
Banyak klereng milik Edo adalah:
8 x 10 = 80
Jadi, banyak kelereng yang dimiliki Edo adalah 80 kelereng.
2. Di atas meja terdapat 6 keranjang buah. Setiap keranjang berisi 4 buah apel. Berapa banyak apel seluruhnya? Jawaban :
Penyelesaian:
Banyak keranjang buah = 6
Setiap keranjang buah = 4 apel
Banyak apel seluruhnya adalah:
6 x 4 = 24
Jadi, Banyak apel seluruhnya adalah 24 apel.
3. Ibu membeli 4 kotak kue. Setiap kotak berisi 8 kue. Berapa banyak kue yang dibeli ibu? Jawaban :
Penyelesaian:
Banyak kotak kue = 4
Setiap kotak kue berisi = 8 kue
Banyak kue yang dibeli ibu adalah:
4 x 8 = 32
Jadi, Banyak kue yang dibeli ibu adalah 32 kue.
4. Di atas rak ada 3 kotak pensil. Setiap kotak berisi 7 pensil. Berapa banyak pensil semuanya? Jawaban :
Penyelesaian:
Banyak kotak pensil = 3
Setiap kotak pensil berisi = 7 pensil
Banyak pensil semuanya adalah:
3 x 7 = 21
Jadi, Banyak pensil semuanya adalah 21 pensil.
5. Udin memetik jambu, lalu dimasukkan ke dalam 6 keranjang. Setiap keranjang berisi 8 jambu. Berapa banyak jambu yang dipetik Udin? Jawaban :
Penyelesaian:
Banyak keranjang = 6
Setiap keranjang berisi = 8 jambu
Banyak jambu yang dipetik Udin adalah:
6 x 8 = 48
Jadi, Banyak jambu yang dipetik Udin adalah 48 jambu.
Demikian pembahasan tentang pemeblajaran ke 5 hari ini bahwasanya Kosakata adalah seperangkat kata yang familiar dalam bahasa seseorang. Kosakata, biasanya dikembangkan seiring bertambahnya usia, berfungsi sebagai alat yang berguna dan fundamental untuk komunikasi dan memperoleh pengetahuan. Memperoleh kosakata ekstensif adalah salah satu tantangan terbesar dalam mempelajari bahasa kedua..
5. Penutup
. Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu dan jangan lupa bersodaqoh .
Tetap Semangat Ananda Sholeh Sholeha😍
👉👉👉👉 Selalu melaksanakan sholat 5 waktu
👉👉👉 sholat dhuha dan murojaah
👉👉👉 Selalu menjaga kesehatan
👉👉👉👉 Selalu melaksanakan sholat 5 waktu
👉👉👉 sholat dhuha dan murojaah
👉👉👉 Selalu menjaga kesehatan
____selamat mengerjakan_____
____selamat mengerjakan_____
Tidak ada komentar:
Posting Komentar