Kamis, 08 September 2022

Materi Ajar Jum'at 09 September 2022 " Tema 2 Bermain di Lingkunganku (Sub tema 2 ) Bermain di Lingkungan Rumah PB. 5"

 



Hari / Tanggal             : Jum'at 09 September 2022

Tema     ( 2 )                  : Bermain di Lingkunganku

Subtema   (2 )               : Bermain Di Rumah Teman

Pembelajaran               : 5

Alokasi Waktu             :  1 x Pertemuan 


KD (kompetensi Dasar Pembelajaran 

·         (PJOK ) 4.2

Mempraktikkan variasi gerak dasar nonlokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalamberbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

·         (B. Indonesia ) . 3.2 .

Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, danatau eksplorasi lingkungan. 

(PPKN) 3.2 Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah

 

Tujuan Pembelajaran 

·    

·         Peserta didik mampu menjelaskan prosedur variasi
gerakan menarik tanpa berpindah tempat dengan benar
    

·     ·    Peserta didik mampu dapat mengelompok-

kan benda berdasarkan wujudnya di lingkungan dengan benar

··Peserta didik mengelompokkan berbagai
hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan
benar
.

·  

1. Sapaan

Assalamualaikum wr.wb

Bismillahirahmanirahim ...

Semoga di pagi yang sangat cerah ini kalian sudah siap menerima materi pembelajaran yang akan ibu guru berikan yaa .. 

Sebelum kita memulai pembelajaran, sebaiknya ananda sholeh sholehah semua sudah melaksanakan sholat dhuha setelah melakukan m uroja'ah surat-surat pendek ya nak ...

Baik ananda sholeh sholehah 💗💕

 Good Morning anak sholeh dan sholehah kelas 2A 😊

How are you today ? semoga selalu diberikan kesehatan dan kesempatan belajar sehingga ilmunya barokah. 

2. Apersepsi

    Kemarin, kita sudah menyelesaikan materi tema 2 subtema 2 pb  4 diantaranya tentang pengamatan Benda Gas

Kita dapat menyentuk benda padat dan benda cair dengan tangan kita. Kita juga dapat melihat benda padat dan benda cair dengan jelas. Buku, pensil, air, dan susu, dapat dilihat dan disentuh. Bagaimana dengan benda gas? Bisakah kamu melihat dan menyentuhnya? Perhatikan balon, bagaimana bentuknya? Balon berbentuk bulat, padahal di dalamnya terlihat kosong.

Di dalam balon berisi udara. Udara merupakan benda gas. Bagaimana dengan pesawat kertas yang bisa terbang? Pesawat kertas bisa terbang karena adanya angin. Angin adalah udara yang bergerak. Angin juga termasuk benda gas.

Gas tidak bisa dilihat dan disentuh, namun gas menempati ruang. Sesuatu yang menempati ruang berarti memiliki volume. Gas memiliki volume meskipun tidak dapat dilihat dan disentuh. Volume dan bentuk benda gas berubah-ubah.

Berikut contoh dari benda gas yang ada di sekitarmu:

  • Udara.
  • Asap.
  • Nitrogen.
  • Helium.
  • Uap air.
  • Hidrogen.
  • Gas alam.
  • Freon.

   hari ini kita akan  dilanjutkan dengan tema 2 Subtema 2 Pb 4    .

disimak baik-baik materinya yaaa ananda sholeh sholeha


3. Materi ajar & Ringkasan Materi  Pemebelajaran ke 4

     Kemarin kita susah membahas tentang  membahas mengenai  pengamatan sifat-sifat benda ada 3 yaitu benda padat,benda cair dan benda gas. ..

Yukk kita simak penjelasan materi tema 2 subtema 2  pb 4 

Let’s check this video

VIDEO PEMBELAJARAN 

5



Percakapan adalah komunikasi interaktif antara dua orang atau lebih. Pengembangan keterampilan percakapan dan etiket merupakan bagian penting dari sosialisasi. Pengembangan keterampilan percakapan dalam bahasa baru sering menjadi fokus pengajaran dan pembelajaran bahasa. 
. Dengarkan temanmu membaca teks percakapan berikut!

Ayo Bermain Peran!

Beni dan teman-teman akan bermain di rumah Edo. Sebelum ke rumah Edo, Beni datang menjemput Udin. Mereka berjanji berangkat bersama.

Peragakanlah teks percakapan berikut di depan kelas!

Beni : (mengetuk pintu) “Selamat sore, Bu.”
Ibu : (membukakan pintu) “Selamat sore juga Beni, silakan masuk.”
Beni : “Terima kasih, Bu. Udinnya ada, Bu?”
Ibu : “Ada, Beni. Sebentar ya, Ibu panggilkan. Udin, ini Beni sudah datang.”
Udin : (Beni datang) “Iya Bu, aku sudah siap. Bagaimana Beni, kita berangkat sekarang?”
Beni : “Baiklah, ayo!”
Beni dan Udin : “Ibu, kami berangkat dulu, ya.”
Ibu : “Beni tidak minum dulu?”
Beni : “Tidak usah Bu, terima kasih.
Edo mungkin sudah menunggu
kami. Kami berangkat ya, Bu.”
Ibu : “Iya Nak, hati-hati di perjalanan ya.”
Beni dan Udin : “Iya, Bu.” (menyalami ibu).

 Isi teks diatas mengenai 
1. Teks percakapan diatas adalah Beni mengajak pergi Udin ke tempat Edo.
2. Beni bertamu dengan sopan.
3. Menurut saya, sikap Beni sangat baik.
4. Beni dan Udin berpamitan dan menyalami Ibu Udin sebelum berangkat ke rumah Edo.

Setelah kita mengamati teks percakapan diatas anatar Udin, Beni dan Ibu marilah kita amati gambar dibawah ini bersama-sama!



Beni dan teman-teman sedang bermain tarik-tarikan. Saya pernah bermain tarik-tarikan.

Kali ini gurumu akan membimbingmu untuk bermain tarik-tarikan. Dengarkan penjelasan gurumu! Bermainlah sesuai aturan yang telah dijelaskan!

Perasaan saya sangat senang karena bisa bermain bersama teman-teman. Selain itu, saya juga bisa belajar bekerja sama sebagai satu tim untuk mencapai tujuan yang sama. Meskipun sangat melelahkan, tapi menurut saya permainan ini sangat menarik.Cara bermainnya kita harus menarik dan untuk menang kita harus mengeluarkan tenaga.

Ada pun aturan dalam bermain tarik-tarikan yaitu sebagai berikut:

  • Tarik, jangan dorong, apalagi digeser.
  • Pake tangan, bukan kaki.
  • Bisa dimainin sendiri, dua orang, atau lebih.
  • Yang kalah, bukan pemenangnya.
Selama bermain tarik-tarikan, pengalamanku yang paling berkesan adalah menarik tali tambang dengan sekuat tenaga. Awalnya aku tidak yakin kalau aku bisa bermain dengan cukup kuat. Tapi ternyata, ketika bermain, aku tahu sekuat apapun tenaga yang kuberikan, tenaga itu akan membantu timku memperoleh kemenangan.
 benda yang digunakan dalam permaianan tarik-tarikan, yaitu tali yang digunakan dalam permainan.
banyak sekai benda-benda di sekitar kita yang dapat kita temui dengan berbagai keguanaannya berikut ini penjelasannya masri kita simakk ..

Kegunaan Benda 
Ada banyak benda di sekitar kita. ==Benda membuat kegiatan kita menjadi terbantu. Kita tidak bisa minum kalau tidak ada air dan gelas. Kita tidak bisa menulis kalau tidak ada buku dan pensil. Begitu juga dalam bermain. Dalam bermain ada yang membutuhkan benda dan ada yang tidak. Dalam bermain tarik-tarikan kita tidak membutuhkan benda apapun. Namun dalam bermain lingkaran simpai, tanpa adanya simpai permainan tidak akan bisa terlaksana. Jadi, setiap benda mempunyai kegunaan masing-masing.
Benda juga beraneka ragam. Ada benda padat, benda cair, dan benda gas. Setiap benda mempunyai kegunaan masingmasing. Mulai dari bangun tidur, kegiatan kita sudah tergantung dengan benda. Ketika mandi kita membutuhkan air, sabun, sampo, gayung, dan lain-lain. Ketika memasak, ibu membutuhkan kompor, wajan, pisau, dan alat-alat masak lainnya. Ketika akan berangkat ke sekolah kita membutuhkan seragam, sepatu, tas, buku, pensil, penggaris, dan peralatan sekolah lainnya. Kehidupan kita akan selalu tergantung dengan benda. Untuk itu, kita perlu menjaga benda-benda di sekitar kita.

Berikut ini beberapa benda -benda yang sering kita jumpai ayo perhatikan yaa....



Berikut ini penjelasannyaa 

1MejaPadat
2SapuPadat
3LemariPadat
4SepatuPadat
5PenggarisPadat
6TasPadat
Setelah kita mengelompokan beberapa benda di sekitar kita dan kegunaannya, marilah kita amati gambar berikut ini bersama-sama...
berikut ini adalah hasil pengamatan tentang gamabr diatas yaitu sebagai berikut:
1. Apa yang sedang dilakukan Beni dan teman-teman? Beni dan teman-teman sedang menyapa atau berpamitan kepada keluarga Edo, karena pada gambar terlihat mereka sedang melambaikan tangan.

2. Pernahkah kamu melakukan kegiatan seperti yang Beni dan teman-teman lakukan? 
 Pernah

3. Kapan kita harus berpamitan? 
Ketika pergi

4. Menurutmu, mengapa kita perlu berpamitan? 
Agar peraturan dan kesatuan tetap terjalin serta dapat mempererat tali persatuan.

 Setelah mengamati gambar tentang kegiatan Beni, Edo dan teman-temannya marilah kita simak beberapa sikap yang baik menunjukan dalam mematuhi aturan -aturan
Berilah tanda centang (✓) pada sikap yang menunjukkan mematuhi aturan dan tanda silang (x) untuk sikap yang tidak menunjukkan mematuhi aturan.

SikapSikap yang Menunjukkan Mematuhi AturanSikap yang Tidak Menunjukkan Mematuhi Aturan
Menyapa dengan senyum
Pamit ketika hendak pergi
Tidak merapikan peralatan setelah bermainX
Bermain sampai larut malamX
Duduk dengan sopan


Demikian pembahasan tentang pemeblajaran ke 5 hari ini bahwasanya banyak sekaliu benda- benda di sekitar kita Kegunaan Benda  Ada banyak benda di sekitar kita. ==Benda membuat kegiatan kita menjadi terbantu. Kita tidak bisa minum kalau tidak ada air dan gelas. Kita tidak bisa menulis kalau tidak ada buku dan pensil. Begitu juga dalam bermain. Dalam bermain ada yang membutuhkan benda dan ada yang tidak. Dalam bermain tarik-tarikan kita tidak membutuhkan benda apapun. Namun dalam bermain lingkaran simpai, tanpa adanya simpai permainan tidak akan bisa terlaksana. Jadi, setiap benda mempunyai kegunaan masing-masing.

5. Penutup 

.    Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu dan jangan lupa bersodaqoh .






Tetap Semangat Ananda Sholeh Sholeha😍


____selamat mengerjakan_____ 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Jum'at 20 September 2024

       H ari / Tanggal                 : Jumat  20 September  2024 Kelas                                       :  1 A   Mapel               ...