Senin, 19 September 2022

Materi Ajar Selasa 20 September 2022 " Tema 2 Bermain di Lingkunganku (Sub tema 3 ) Bermain di Lingkungan Sekolah PB. 5"

 APTISI – Rizka Tazkiroh 1711497011



Hari / Tanggal             :   Selasa 20  September 2022

Tema     ( 2 )                  : Bermain di Lingkunganku

Subtema   (3 )               : Bermain di Lingkungan Sekolah

Pembelajaran               : 5

Alokasi Waktu             :  1 x Pertemuan 


KD (kompetensi Dasar Pembelajaran 

·         (PJOK)  4.2

Mempraktikkan variasi gerak dasar non lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

·       (B. Indonesia ) 3.2

Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

·          ( PPKN  2.2)

Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah dan tata tertib yang berlaku di sekolah .

Tujuan Pembelajaran 

  ·   Peserta didik  dapat mempraktikkan variasi gerak memutar badan tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh,ruangan, usaha dan terhubung dalam berbagai bentukk permaianan sedrhana. tradisional dengan percaya diri. 

·     ·      Peserta didik  dapat menemukan kosakatayang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan wujudnya dalam teks pendek yang dibacakan dengan cermat.

 

·    ·  Peserta didik mampu mengelompokan berbagai hal yang harus dilakukkan sehari-hari yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan benar.

 


·         

1. Sapaan

Assalamualaikum wr.wb

Bismillahirahmanirahim ...

Semoga di pagi yang sangat cerah ini kalian sudah siap menerima materi pembelajaran yang akan ibu guru berikan yaa .. 

Sebelum kita memulai pembelajaran, sebaiknya ananda sholeh sholehah semua sudah melaksanakan sholat dhuha setelah melakukan m uroja'ah surat-surat pendek ya nak ...

Baik ananda sholeh sholehah 💗💕

 Good Morning anak sholeh dan sholehah kelas 2A 😊

How are you today ? semoga selalu diberikan kesehatan dan kesempatan belajar sehingga ilmunya barokah. 

2. Apersepsi

    Kemarin, kita sudah menyelesaikan materi tema 2 subtema 3 pb  3  diantaranya tentang

Pembagian adalah salah satu dari empat operasi dasar aritmetika, cara bilangan digabungkan untuk membuat bilangan baru. Operasi lainnya adalah penambahan, pengurangan, dan perkalian.

Pada tingkat dasar pembagian dua bilangan asli, antara lain kemungkinan interpretasi, proses menghitung berapa kali satu bilangan dimasukkan ke dalam bilangan lain.

   hari ini kita akan  dilanjutkan dengan tema 2 Subtema 3 pb  4 .

disimak baik-baik materinya yaaa ananda sholeh sholeha


3. Materi ajar & Ringkasan Materi  Pemebelajaran k1

Yukk kita simak penjelasan materi tema 2 subtema 3 pb 5

Let’s check this video

VIDEO PEMBELAJARAN 

5


 




Jam menunjukan pukul 10.00 WIB 
Beni bersiap melakukan permaianan estafet bola . 
 
Permainan estafet bola adalah salah satu bentuk permainan bola tangan yang mengandalkan kerjasama tim. Permainan ini menjadi salah satu olahraga yang baik untuk melatih aspek psikomotorik anak.




Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 2 SD Subtema 3 Halaman 148 149 152 154 155 156,  Permainan Estafet Bola - Tribunjateng.com







Berikut ini langkah-langkah dalam permainan estafet bola       

Pertama, bola disiapkan di dalam kerajang. Kedua peserta dibagi menjadi 2 kelompok. Ketiga, wasit meniup peluit tanda pertandingan dimulai. Keempat, Peserta dalam barisan pertama mengambil bola di dalam keranjang. Kelima, Bola diberikan kepada peserta kedua dan seterusnya. Keenam, peserta terakhir memasukkan bola ke dalam keranjang yang kosong. Ketujuh, kelompok yang tercepat dalam memasukkan bola menjadi pemenangnya.








LENGKAP !!! Kunci Jawaban Kelas 2 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 5 - Simple  News | Kunci Jawaban Lengkap & Terbaru
























Percakapan adalah komunikasi interaktif antara dua orang atau lebih. Pengembangan keterampilan percakapan dan etiket merupakan bagian penting dari sosialisasi. Pengembangan keterampilan percakapan dalam bahasa baru sering menjadi fokus pengajaran dan pembelajaran bahasa.  

Marilah kita simak percakapan antara  Beni, Dayu dan Udin berikut ini!

Beni : Dayu, mengapa kamu terlambat?
Dayu : Saya jajan dulu.
Beni : Wah, jajan kan ada waktunya! Kemudian, mengapa kamu membuang sampah sembarangan? Ada tempat sampah di sana.
Dayu : Ah, terlalu jauh! Jadi, biarkan sajalah!
Beni : Itu kan bagian dari tata tertib di sekolah kita, Dayu. Menurut tata tertib di sekolah kita, semua murid wajib membuang sampah di tempat sampah.
Udin : Bagaimana dengan tata tertib dalam upacara?

 Susunan Acara Upacara Bendera Hari Senin di Sekolah yang Benar dan Tepat,  Simak di Sini - Media Blora


 Tata Tertib Upacara Bendera

Dalam tata tertib upacara bendera, semua murid wajib mengikuti upacara bendera pada hari Senin. Setiap peserta upacara harus tertib, tidak boleh berisik. Sementara itu, dalam tata tertib di kelas, kita harus datang ke sekolah sebelum pembelajaran dimulai.

Sebelum masuk ke kelas, kita harus berbaris dengan rapi di depan kelas. Setelah tanda bel masuk dibunyikan, semua siswa harus sudah berada di kelas. Kita diharuskan berdoa sebelum pelajaran dimulai dan setelah pelajaran berakhir dipimpin oleh ketua kelas.

Kebersihan, kerapian, dan keindahan kelas menjadi tanggung jawab ketua kelas dan seluruh siswa. Siswa yang bertugas piket pada hari itu wajib menyirami tanaman yang berada di depan kelasnya. Setiap siswa harus berperilaku senyum, salam, sapa, sopan, dan santun.

Perhatikanlah gambar berikut! Kelompokkanlah hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah! Berikan tanda centang pada gambar yang sesuai!

 

                                    Jawaban Tema 2 Kelas 2 Halaman 154 ~ Informasi & Tips

 

                            Jawaban Tema 2 Kelas 2 Halaman 154 ~ Informasi & Tips

Setelah kita mengamti gambar yang sesuai dengan tata tertib disekolah marilah kita menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini !                          

Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan isi teks yang kamu dengar!
1. Apa yang terjadi dengan Dayu dan Mey?
2. Bagaimana cara melakukan permainan estafet bola?
3. Apa yang dibutuhkan dalam permainan tersebut?
4. Bagaimana aturan dalam permainan estafet bola?
5. Mengapa tim Beni menang?

Jawaban : 

1. Dayu dan Mey sedang ditegur oleh guru olahraga karena datang terlambat ketika pelajaran olahraga telah dimulai.

2. Cara bermain estafet bola :

  • Bola disiapkan di dalam keranjang
  • Peserta dibagi menjadi 2 kelompok
  • Wasit meniup peluit tanda pertandingan dimulai
  • Peserta dalam barisan pertama mengambil bola di dalam keranjang
  • Bola diberikan kepada peserta kedua dan seterusnya
  • Peserta terakhir memasukkan bola ke dalam keranjang yang kosong
  • Kelompok yang tercepat dalam memasukkan bola menjadi pemenangnya

3. Satu bola tenis untuk masing masing kelompok dan satu buah peluit untuk wasit.

4. Peraturan dalam permainan estafet bola di antaranya ialah

  1. Peserta di bagi dalam tiga kelompok yang mana tiap kelompok memiliki jumlah peserta yang sama
  2. Pemain tidak di perkenankan melewati garis atau menginjak garis, baik mereka bertugas sebagai penangkap maupun pelempar
  3. Pemain penangkap dan pelempar berdiri pada posisi yang saling berhadapan
  4. Pemain melempar dan menangkap menggunakan kaos, kecuali pemain pertama yang melempar dengan tangan
  5. Jika ketika pertandingan sedang di mulai da nada salah satu tim yang menjatuhkan bola maka tim tersebut harus memulai dari awal
  6. Permainan estafet bola di mainkan dalam waktu 20 menit
  7. Pemenang dalam permainan estafet bola ialah pemain yang dapat memindahkan bola dari garis start sampai garis finish dengan waktu tercepat

Karena tim Beni memiliki pemain yang dapat meminadhkan bola dari garis start sampai garis finish dengan waktu tercepat.

Ayo Mencoba!

Lakukanlah pengamatan sederhana berikut! Sediakan alat dan bahannya!

Keragaman Benda
Alat dan bahan: bola, buku, dan pensil.
Petunjuk:
1. Sediakan alat dan bahan!
2. Kamu boleh tambahkan dengan benda yang ada di sekitarmu!
3. Amatilah bahan tersebut satu per satu!
4. Isilah titik-titik berikut ini!

Hasil pengamatan:
1. Nama benda : Bola
Ciri-ciri benda :
Bentuk benda :

2. Nama benda : Buku
Ciri-ciri benda :
Bentuk benda :

3. Nama benda : Pensil
Ciri-ciri benda :
Bentuk benda :

 

Berikut ini hasil pengamatannya :

1. Nama benda : Bola
Ciri-ciri benda : Berbentuk bulat, memiliki bagian dalam yang kosong berisi angin. Bola diciptakan untuk menghadirkan efek areodinamis yang tepat dan meningkatkan persisi tendangan para pemain sepak bola.

2. Nama benda : Buku
Ciri-ciri benda : Ciri-ciri buku secara umum berbentuk persegi panjang, di dalamnya terdapat kertas dan memiliki sampul. Buku digunakan untuk menulis atau menggambar.

3. Nama benda : Pensil
Ciri-ciri benda : Terbuat dari bahan kayu, terdapat granit. Bentuk pensil tabung atau silinder, digunakan pada kertas, bisa dihapus dengan karet.

Berdasarkan pengamatan dapat disimpulkan bahwa: Setiap benda memiliki nama, ciri-ciri, bentuk dan kegunaan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

 













Demikian pembahasan tentang pemeblajaran ke 6 hari ini bahwasanya :

Dalam melakukkan kegiatan di lingkungan sekolah kita perlu mematuhi peraturan perturan yang buat oleh sekolah dan di patuhi oleh ananda sholeh sholeha. melakukan permainan estafet bola  dan  tata tertib dalam upacara contohnya kita perlu melakukkan petauran - peraturan  tersebut .


 














     




.

 


















 

5. Penutup 

.    Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu dan jangan lupa bersodaqoh .






Tetap Semangat Ananda Sholeh Sholeha😍


____selamat mengerjakan_____

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Jum'at 20 September 2024

       H ari / Tanggal                 : Jumat  20 September  2024 Kelas                                       :  1 A   Mapel               ...