Hari / Tanggal : Rabu 07 September 2022
Tema ( 2 ) : Bermain di Lingkunganku
Subtema (2 ) : Bermain Di Rumah Teman
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
KD (kompetensi Dasar Pembelajaran
·
(Matematika
) 4.4
· (B. Indonesia )
·
SBDP
Tujuan Pembelajaran
· · · Peserta didik mampu menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang perkalian dengan benar
· Peserta didik mampu menemukan kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan wujudnya dengan bena
· Peserta didik mampu dapat mengidentifikasi gerak bagian kaki dengan benar.·
Assalamualaikum wr.wb
Bismillahirahmanirahim ...
Semoga di pagi yang sangat cerah ini kalian sudah siap menerima materi pembelajaran yang akan ibu guru berikan yaa ..
Sebelum kita memulai pembelajaran, sebaiknya ananda sholeh sholehah semua sudah melaksanakan sholat dhuha setelah melakukan m uroja'ah surat-surat pendek ya nak ...
Baik ananda sholeh sholehah 💗💕
Good Morning anak sholeh dan sholehah kelas 2A 😊How are you today ? semoga selalu diberikan kesehatan dan kesempatan belajar sehingga ilmunya barokah.
2. Apersepsi
Kemarin, kita sudah menyelesaikan materi tema 2 subtema 2 pb 2 diantaranya tentang pengamatan Benda Padat
Ada banyak benda di sekitar kita. Setiap benda mempunyai sifat yang berbeda dengan benda lainnya. Ada yang halus, kasar, basah, dan lain sebagainya.
Contoh benda yang kasar antara lain batu, pasir dan kulit pohon. Contoh benda yang basah adalah air. Benda yang memiliki permukaan halus antara lain kapas, bulu, dan kertas. Tentunya masih banyak sifat-sifat lain dari benda-benda di sekitar kita.
Bentuk benda juga beragam. Ada yang bentuknya tetap. Ada juga yang berubah. Bentuk
pensil dan kertas akan selalu tetap walaupun telah dipindahkan ke tem
pat yang berbeda. Sedangkan air di dalam gelas jika dipindahkan ke
botol bentuknya akan berubah menyerupai botol.
hari ini kita akan dilanjutkan dengan tema 2 Subtema 2 Pb 3 .
disimak baik-baik materinya yaaa ananda sholeh sholeha
3. Materi ajar & Ringkasan Materi Pemebelajaran ke 2
Kemarin kita susah membahas tentang membahas mengenai pengamatan sifat-sifat benda ada 3 yaitu benda padat,benda cair dan benda gas. ..
Yukk kita simak penjelasan materi tema 2 subtema 2 pb 3.
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
3
Dengarkan temanmu membaca teks berikut!
Membuat Jus Jambu Biji
Beni dan teman-teman bermain di rumah Udin. Mereka membuat jus jambu biji. Mereka berbagi tugas. Beni, Udin, dan Edo bertugas memetik jambu. Lani, Siti, Dayu, dan Mey menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan.
Alat dan bahan yang diperlukan yaitu blender, gelas, pisau, sendok, alat penyaring, gula, es batu, air, dan susu. Setelah jambu dipetik dan alat disiapkan, mereka membuat jus bersama-sama. Ibu Udin juga turut membantu mereka. Jambu yang telah dicuci dikupas terlebih dahulu.
Jambu lalu dipotong menjadi bagian kecil. Kemudian, dimasukkan ke dalam blender. Tidak lupa ditambahkan gula, es batu, susu, dan air secukupnya. Setelah diblender, jus tersebut disaring, lalu dimasukkan ke gelas. Jus siap untuk diminum. Beni dan teman-teman sangat senang.
Isi teks cerita diatas menceritakan tentang :
· Mereka akan membuat jus jambu biji dirumahnya Udin.
· Mereka membagi tugas. Bagian memetik jambu dilakukan oleh Beni, Edo dan Udin. Kemudian yang menyiapkan alat dan bahan yaitu Lani, Siti, Dayu dan Mey
· Alat yang diperlukan meliputi blender, alat penyaring, gelas, sendok, pisau. Sedangkan bahan yang dibutuhkan meliputi es batu, air, susu dan gula.
· Blender dan Pisau , Air, Susu dan Es Batu
Setelah kita menceritakan isi teks temtang Membuat Jus Jambu Biji kita bisa mengamti beberapa sifat-sifat benda : Benda padat, Benda Cair dan Benda gas. marilah bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Benda Cair
Masih ingatkah kamu apakah benda cair itu? Apa saja benda cair yang ada di rumahmu? Benda cair berbeda dengan benda padat. Bentuk benda cair menyerupai bentuk wadahnya. Jika air teh dipindahkan ke kaleng, bentuknya menyerupai kaleng. Walaupun telah dipindahkan, jumlah benda cair akan selalu tetap.
Dari alat dan bahan yang digunakan Beni dan teman-temannya untuk membuat jus, manakah yang termasuk benda cair?
Ayo Mengamati!
Amati benda-benda di sekitarmu! Manakah yang termasuk benda cair?
Jawaban : Air, Susu dan Es Batu
tuliskan hasil pengamatanmu pada kolom berikut!
Benda Cair di Sekitarku
- Air sumur
- Sabun cuci piring
- Sirup
- Parfum
- Shampoo
- dl
Ukuran : Maknanya (hasil mengukur)
Jumlah : Maknanya (banyaknya bilangan)
Tulislah kalimat dengan menggunakan kata-kata tersebut!
Jawaban :
1. Bentuk : Bentuknya sangat bagus untuk di lihat
2. Ukuran : Ukuran baju yang saya beli sangat pas jika di pakai.
3. Jumlah : Jumlah penduduk Indonesia menempati urutan ke 4 terbesar di dunia.
Perkalian adalah penjumlahan berulang. Dalam konsep matematika, perkalian merupakan sebuah operasi yang meliputi penskalaan (pelipatan) bilangan yang satu dengan bilangan yang lain. Secara sederhana, perkalian dapat didefinisikan sebagai penjumlahan yang diulang.
Perhatikan contoh Perkalian Bilangan dengan Angka Dua berikut!
2 x 3 = …..
2 x 4 = …..
Penyelesaian :
Penyelesaian:
2 x 3 = 3 + 3 = 6
2 x 4 = 4 + 4 = 8
Perkalian Bilangan dengan Angka Satu. Perhatikan perkalian dua bilangan berikut!
3 x 1 = 1 + 1 + 1 = 3
8 x 1 = 1 + 1 + 1 + 1 + 1 + 1 + 1 + 1 = 8
4 x 1 = 1 + 1 + 1 + 1 = 4
Apa simpulanmu? Semua bilangan jika dikalikan 1 hasilnya sama dengan bilangan itu sendiri.
Hitunglah!
1. 6 x 1 = 6
2. 2 x 1 = 2
3. 1 x 4 = 4
4. 1 x 9 = 9
5. 3 x 1 = 3
6. 4 x 1 = 4
7. 1 x 1 = 1
8. 1 x 8 = 8
9. 5 x 1 = 6
10. 10 x 1 = 10
Perkalian Bilangan dengan Angka Nol. Perhatikan perkalian dua bilangan berikut!
2 x 0 = 0 + 0 = 0
7 x 0 = 0 + 0 + 0 + 0 + 0 + 0 + 0 = 0
5 x 0 = 0 + 0 + 0 + 0 + 0 = 0
Apa simpulanmu? Semua bilangan jika dikalikan 0 hasilnya adalah 0.
Hitunglah!
1. 9 x 0 = 0
2. 5 x 0 = 0
3. 1 x 0 = 0
4. 8 x 0 = 0
5. 3 x 0 = 0
6. 10 x 0 = 0
7. 6 x 0 = 0
8. 2 x 0 = 0
9. 4 x 0 = 0
10. 7 x 0 = 0
Dengan kita melakukkan penjumlahan menggunakann cara perkalian kita bisa melakukkan gerakan gerakan nonlokomotor sebagai beriku:
Gerak Non Lokomotor adalah gerak tidak berpindah tempat atau gerakan yang hanya dilakukan ditempat. Dimana sebagian anggota tubuh tertentu saja yang digerakkan namun tidak berpindah tempat, seperti menekuk lengan, jongkok, dan berdiri.
Berbeda dengan gerak dasar lokomotor dan manipulatif, gerak dasar non lokomotor lebih berfokus pada kelentukan sendi ke segala arah. Tujuannya ialah melatih keseimbangan alat gerak manusia agar tidak mudah jatuh, walaupun dalam posisi yang tidak sempurna.
Contoh gerak non lokomotor terdapat dalam macam – macam gerak dasar non – lokomotor sebagai berikut:
- Gerakan Menangkap
- Gerakan Memutar
- Gerakan Menendang
- Gerakan Membungkuk
- Gerakan menjebak
- Gerakan melambung
- Gerakan Melempar
- Gerakan Bergulir
- Gerakan mengangkat
- Gerakan menyepak
- Mengayun
- Memelanting
Manfaat Gerak Non Lokomotor
- Melatih kecepatan dan ketangkasan saat melangkah
- mengembangkan kesadaran pada anggota tubuh pada suatu tempat atau ruang.
4. Evaluasi
siswa mengerjakan latihan di buku tematik yang diberikan oleh ibu guru.
5. Penutup
. Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu dan jangan lupa bersodaqoh .
Tetap Semangat Ananda Sholeh Sholeha😍
👉👉👉👉 Selalu melaksanakan sholat 5 waktu
👉👉👉 sholat dhuha dan murojaah
👉👉👉 Selalu menjaga kesehatan
👉👉👉👉 Selalu melaksanakan sholat 5 waktu
👉👉👉 sholat dhuha dan murojaah
👉👉👉 Selalu menjaga kesehatan
____selamat mengerjakan_____
____selamat mengerjakan_____
Tidak ada komentar:
Posting Komentar