Selasa, 06 September 2022

Materi Ajar Rabu 07 September 2022 " Tema 2 Bermain di Lingkunganku (Sub tema 2 ) Bermain di Lingkungan Rumah PB. 3"

 



Hari / Tanggal             :  Rabu 07 September 2022

Tema     ( 2 )                  : Bermain di Lingkunganku

Subtema   (2 )               : Bermain Di Rumah Teman

Pembelajaran               : 3

Alokasi Waktu             :  1 x Pertemuan 


KD (kompetensi Dasar Pembelajaran 

·         (Matematika ) 4.4

Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagianyang melibatkan bilangan
cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian

·       (B. Indonesia )3.2

 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk
dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

·         SBDP 4.3

Memperagakan gerak keseharian dan alam dalam tari

Tujuan Pembelajaran 

·    ·     ·  Peserta didik mampu menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang perkalian dengan benar         

·     Peserta didik mampu menemukan kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan wujudnya dengan bena

·  Peserta didik mampu dapat mengidentifikasi gerak bagian kaki dengan benar.

·  

1. Sapaan

Assalamualaikum wr.wb

Bismillahirahmanirahim ...

Semoga di pagi yang sangat cerah ini kalian sudah siap menerima materi pembelajaran yang akan ibu guru berikan yaa .. 

Sebelum kita memulai pembelajaran, sebaiknya ananda sholeh sholehah semua sudah melaksanakan sholat dhuha setelah melakukan m uroja'ah surat-surat pendek ya nak ...

Baik ananda sholeh sholehah 💗💕

 Good Morning anak sholeh dan sholehah kelas 2A 😊

How are you today ? semoga selalu diberikan kesehatan dan kesempatan belajar sehingga ilmunya barokah. 

2. Apersepsi

    Kemarin, kita sudah menyelesaikan materi tema 2 subtema 2 pb  2  diantaranya tentang pengamatan Benda Padat 

    Benda padat banyak terdapat di sekitar kita. Benda padat mempunyai bentuk tetap. Ukuran benda padat juga tetap. Contoh benda padat adalah simpai, jika dipindahkan dari meja ke lantai bentuk dan ukuran simpai tidak akan berubah. Jika simpai dipindahkan lagi ke lemari, bentuk dan ukuran simpai juga tidak akan berubah. Adapun, dipindahkan keberbagai tempat bentuk dan ukuran benda padat akan selalu tetap

  Ada banyak benda di sekitar kita. Setiap benda mempunyai sifat yang berbeda dengan benda lainnya. Ada yang halus, kasar, basah, dan lain sebagainya.

Contoh benda yang kasar antara lain batu, pasir dan kulit pohon. Contoh benda yang basah adalah air. Benda yang memiliki permukaan halus antara lain kapas, bulu, dan kertas. Tentunya masih banyak sifat-sifat lain dari benda-benda di sekitar kita.

    Bentuk benda juga beragam. Ada yang bentuknya tetap. Ada juga yang berubah. Bentuk

 pensil  dan kertas akan selalu tetap walaupun telah dipindahkan ke tem

pat yang berbeda. Sedangkan air di dalam gelas jika dipindahkan ke

 botol bentuknya akan berubah menyerupai botol.


    Makna kata:
Halus: tidak kasar, lembut, licin.
Kasar: kesat, tidak halus waktu diraba
Basah: mengandung air atau barang cair
Tetap: tidak berubah

   hari ini kita akan  dilanjutkan dengan tema 2 Subtema 2 Pb 3    .

disimak baik-baik materinya yaaa ananda sholeh sholeha


3. Materi ajar & Ringkasan Materi  Pemebelajaran ke 2

     Kemarin kita susah membahas tentang  membahas mengenai  pengamatan sifat-sifat benda ada 3 yaitu benda padat,benda cair dan benda gas. ..

Yukk kita simak penjelasan materi tema 2 subtema 2  pb 3

Let’s check this video

VIDEO PEMBELAJARAN 

3



    Percakapan adalah komunikasi interaktif antara dua orang atau lebih. Pengembangan keterampilan percakapan dan etiket merupakan bagian penting dari sosialisasi. Pengembangan keterampilan percakapan dalam bahasa baru sering menjadi fokus pengajaran dan pembelajaran bahasa. 

isi teks percakapan diatas yaitu sebagai berikut:

    Beni mengajak teman-teman untuk datang kerumahnya pada malam minggu karena jambu dirumahnya banyak, beni dan teman-teman akan membuat jus jambu. dan kesan kita pada saat bermain di rumah teman yaitu Senang dan menyenangkan. .
 ayo mencoba ..
Buatlah pertanyaan untuk diajukan kepada temanmu!
  · Udin kapan kita bermain layang-layangan lagi di dekat rumahku?

Dengarkan temanmu membaca teks berikut!

Membuat Jus Jambu Biji

Beni dan teman-teman bermain di rumah Udin. Mereka membuat jus jambu biji. Mereka berbagi tugas. Beni, Udin, dan Edo bertugas memetik jambu. Lani, Siti, Dayu, dan Mey menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan.

Alat dan bahan yang diperlukan yaitu blender, gelas, pisau, sendok, alat penyaring, gula, es batu, air, dan susu. Setelah jambu dipetik dan alat disiapkan, mereka membuat jus bersama-sama. Ibu Udin juga turut membantu mereka. Jambu yang telah dicuci dikupas terlebih dahulu.

Jambu lalu dipotong menjadi bagian kecil. Kemudian, dimasukkan ke dalam blender. Tidak lupa ditambahkan gula, es batu, susu, dan air secukupnya. Setelah diblender, jus tersebut disaring, lalu dimasukkan ke gelas. Jus siap untuk diminum. Beni dan teman-teman sangat senang.

Isi teks cerita diatas menceritakan tentang :

 ·   Mereka akan membuat jus jambu biji dirumahnya Udin.

·   Mereka membagi tugas. Bagian memetik jambu dilakukan oleh Beni, Edo dan Udin. Kemudian yang menyiapkan alat dan bahan yaitu Lani, Siti, Dayu dan Mey

·   Alat yang diperlukan meliputi blender, alat penyaring, gelas, sendok, pisau. Sedangkan bahan yang dibutuhkan meliputi es batu, air, susu dan gula.

·   Blender dan Pisau ,  Air, Susu dan Es Batu

Setelah kita menceritakan isi teks temtang Membuat Jus Jambu Biji kita bisa mengamti beberapa sifat-sifat benda : Benda padat, Benda Cair dan  Benda gas. marilah bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!

Benda Cair

Masih ingatkah kamu apakah benda cair itu? Apa saja benda cair yang ada di rumahmu? Benda cair berbeda dengan benda padat. Bentuk benda cair menyerupai bentuk wadahnya. Jika air teh dipindahkan ke kaleng, bentuknya menyerupai kaleng. Walaupun telah dipindahkan, jumlah benda cair akan selalu tetap.

Dari alat dan bahan yang digunakan Beni dan teman-temannya untuk membuat jus, manakah yang termasuk benda cair?

Ayo Mengamati!

Amati benda-benda di sekitarmu! Manakah yang termasuk benda cair? 

Jawaban : Air, Susu dan Es Batu

tuliskan hasil pengamatanmu pada kolom berikut!

Benda Cair di Sekitarku

  1. Air sumur

  2. Sabun cuci piring

  3. Sirup

  4. Parfum

  5. Shampoo

  6. dl  
    Benda cair adalah benda yang dapat berubah bentuk mengikuti bentuk tempat yang menjadi wadahnya. Hal ini terjadi karena benda cair memiliki molekul yang bergerak bebas. 

Setelah kita melakukkan pengamatan sifat benca cair yang ada di sekita kita narilah kia Diskusikan dengan temanmu makna kata-kata berikut!
Bentuk : Maknanya (Rupa, Wujud)
Ukuran : Maknanya (hasil mengukur)
Jumlah : Maknanya (banyaknya bilangan)

Tulislah kalimat dengan menggunakan kata-kata tersebut!

Jawaban :

1.  Bentuk : Bentuknya sangat bagus untuk di lihat

2. Ukuran : Ukuran baju yang saya beli sangat pas jika di pakai.

3. Jumlah : Jumlah penduduk Indonesia menempati urutan ke 4 terbesar di dunia.

   Perkalian adalah penjumlahan berulang. Dalam konsep matematika, perkalian merupakan sebuah operasi yang meliputi penskalaan (pelipatan) bilangan yang satu dengan bilangan yang lain. Secara sederhana, perkalian dapat didefinisikan sebagai penjumlahan yang diulang.

Perhatikan contoh Perkalian Bilangan dengan Angka Dua berikut!

2 x 3 = …..
2 x 4 = …..

Penyelesaian :

Penyelesaian:
2 x 3 = 3 + 3 = 6
2 x 4 = 4 + 4 = 8



Perkalian dengan dua sama artinya menjumlah dengan bilangan itu sendiri.
   

Perkalian Bilangan dengan Angka Satu. Perhatikan perkalian dua bilangan berikut!
3 x 1 = 1 + 1 + 1 = 3
8 x 1 = 1 + 1 + 1 + 1 + 1 + 1 + 1 + 1 = 8
4 x 1 = 1 + 1 + 1 + 1 = 4

Apa simpulanmu? Semua bilangan jika dikalikan 1 hasilnya sama dengan bilangan itu sendiri.

Hitunglah!
1. 6 x 1 = 6
2. 2 x 1 = 2
3. 1 x 4 = 4
4. 1 x 9 = 9
5. 3 x 1 = 3
6. 4 x 1 = 4
7. 1 x 1 = 1
8. 1 x 8 = 8
9. 5 x 1 = 6
10. 10 x 1 = 10

Perkalian Bilangan dengan Angka Nol. Perhatikan perkalian dua bilangan berikut!
2 x 0 = 0 + 0 = 0
7 x 0 = 0 + 0 + 0 + 0 + 0 + 0 + 0 = 0
5 x 0 = 0 + 0 + 0 + 0 + 0 = 0

Apa simpulanmu? Semua bilangan jika dikalikan 0 hasilnya adalah 0.

Hitunglah!
1. 9 x 0 = 0
2. 5 x 0 = 0
3. 1 x 0 = 0
4. 8 x 0 = 0
5. 3 x 0 = 0
6. 10 x 0 = 0
7. 6 x 0 = 0
8. 2 x 0 = 0
9. 4 x 0 = 0
10. 7 x 0 = 0

 Dengan kita melakukkan penjumlahan  menggunakann cara perkalian kita bisa melakukkan gerakan gerakan nonlokomotor sebagai beriku:


    Gerak Non Lokomotor adalah gerak tidak berpindah tempat atau gerakan yang hanya dilakukan ditempat. Dimana sebagian anggota tubuh tertentu saja yang digerakkan namun tidak berpindah tempat, seperti menekuk lengan, jongkok, dan berdiri.

    Berbeda dengan gerak dasar lokomotor dan manipulatif, gerak dasar non lokomotor lebih berfokus pada kelentukan sendi ke segala arah. Tujuannya ialah melatih keseimbangan alat gerak manusia agar tidak mudah jatuh, walaupun dalam posisi yang tidak sempurna. 

Contoh gerak non lokomotor terdapat dalam macam – macam gerak dasar non – lokomotor sebagai berikut:

  1. Gerakan Menangkap
  2. Gerakan Memutar
  3. Gerakan Menendang
  4. Gerakan Membungkuk
  5. Gerakan menjebak
  6. Gerakan melambung
  7. Gerakan Melempar
  8. Gerakan Bergulir
  9. Gerakan mengangkat
  10. Gerakan menyepak 
  11. Mengayun
  12. Memelanting

Manfaat Gerak Non Lokomotor

  1. Melatih kecepatan dan ketangkasan saat melangkah
  2. mengembangkan kesadaran pada anggota tubuh pada suatu tempat atau ruang.
Setelah melekukkan gerakan non lokomotor udin dan teman-temannya melakukkan diskusi bersama-sama. 
Tetap semangtt...

4. Evaluasi

siswa mengerjakan latihan di buku tematik yang diberikan oleh ibu guru. 

5. Penutup 

.    Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu dan jangan lupa bersodaqoh .






Tetap Semangat Ananda Sholeh Sholeha😍


____selamat mengerjakan_____ 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Jumat 22 November 2024

  H ari / Tanggal                 : Jumat 22 November  2024  Kelas                                       :  1 A   Mapel                     ...