Hari / Tanggal : Selasa 13 September 2022
Tema ( 2 ) : Bermain di Lingkunganku
Subtema (3 ) : Bermain di Lingkungan Sekolah
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
KD (kompetensi Dasar Pembelajaran
· (Matematika ) 4.4
Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari- hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
· (B. Indonesia ) 3.2
Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
· (SBDP) 4.1
Membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi.
Tujuan Pembelajaran
·
·
· Peserta didik mampu memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dengan benar.
·
Peserta didik dapat dapat menyebutkan
isi teks pendek yang dibacakan dengan
benar.
· Peserta mampu siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan yang digunakan dalam menggambar imajinatif dengan benar.
·
Assalamualaikum wr.wb
Bismillahirahmanirahim ...
Semoga di pagi yang sangat cerah ini kalian sudah siap menerima materi pembelajaran yang akan ibu guru berikan yaa ..
Sebelum kita memulai pembelajaran, sebaiknya ananda sholeh sholehah semua sudah melaksanakan sholat dhuha setelah melakukan m uroja'ah surat-surat pendek ya nak ...
Baik ananda sholeh sholehah 💗💕
Good Morning anak sholeh dan sholehah kelas 2A 😊How are you today ? semoga selalu diberikan kesehatan dan kesempatan belajar sehingga ilmunya barokah.
2. Apersepsi
Kemarin, kita sudah menyelesaikan materi tema 2 subtema 2 pb 6 diantaranya tentang
hari ini kita akan dilanjutkan dengan tema 2 Subtema 3 pb 1 .
disimak baik-baik materinya yaaa ananda sholeh sholeha
3. Materi ajar & Ringkasan Materi Pemebelajaran k1
Yukk kita simak penjelasan materi tema 2 subtema 3 pb 1
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
1
Beni bermain di halaman sekolah.
Kira-kira, cerita apa yang cocok untuk gambar di atas? Coba kamu buat lima pertanyaan tentang gambar di atas!
1. Apa yang sedang mereka lakukan?
2. Dimanakah mereka sekarang?
3. Mengapa mereka gembira?
4. Ada berapakah anak cowok disana?
5. Ada berapakah anak-anak yang sedang bermain?
Ayo Membaca! Bacalah teks berikut dengan lancar!
Bermain di Halaman Sekolah
Waktu istirahat tiba. Siswa kelas dua bermain di halaman sekolah. Ada yang bermain kelereng, bermain tali, dan bekel.
Beni, Edo, dan Udin sedang bermain kelereng. Beni sedang fokus menjentikkan kelereng. Edo dan Udin menunggu giliran sambil mengamati kelereng di dalam lingkaran. Banyak kelereng di dalam lingkaran ada 6 butir.
Siti, Mey, dan teman lainnya bermain lompat tali. Mey mendapat giliran melompat. Siti memutar tali dari sebelah kanan. Teman lainnya memutar tali dari sebelah kiri. Sementara itu, Dayu bersama teman sekelas lainnya bermain estafet air.
Ayo Menulis! setelah kita membaca teks tentang bermain marilah kita menulis tenteng terkaan dan apakah sudah sesuai dengan apa yang kamu baca??Marilah kita simak bersama -sama diini ..
Apakah sesuai dengan apa yang kamu baca?
Coba kamu buat lima pertanyaan tentang teks bacaan tersebut! berikut ini contoh pe3rtanyan, marilah kita simakk..
1. Kamu sedang bermain apa?
2. Bagaimana cara bermain permainan tersebut?
3. Kapan kita bermain permainan ini lagi?
4. Berapa orang yang ikut bermain?
5. Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan isi teks bacaan “Bermain di Halaman Sekolah”!
Setelah kita menyimak membuat contoh pertanyaan tentag teks “Bermain di Halaman Sekolah” sekarang kita akan berlatih dan mencoba menjawab tentang teks “Bermain di Halaman Sekolah” berikut ini .
Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan isi teks bacaan “Bermain di Halaman Sekolah”!
1. Apa yang sedang dilakukan Beni, Edo, dan Udin?
2. Siapa yang memutar tali di sebelah kanan?
3. Apa yang sedang dilakukan Dayu?
4. Apa saja kegiatan bermain sesuai isi cerita?
5. Ceritakanlah isi teks tersebut dengan bahasamu sendiri!
Jawaban :
1. Beni, Edo dan Udin sedang bermain kelereng.
2. Yang memutar tali di sebelah kanan adalah Siti.
3. Dayu bersama teman sekelas sedang bermain estafet air.
4.
Beni, Edo dan Udin sedang bermain kelereng. Siti, Mey dan teman lainnya
sedang bermain lompat tali. Dayu bersama teman sekelas sedang bermain
estafet air.
5. Contoh teks cerita menggunakan bahasa sendiri :
Pada saat istirahat tiba,anak kelas dua keluar dan bermain di halaman.Ada anak laki laki yang bermain kelereng. Ada anak perempuan yang bermain lompat tali dan estafet air. Pada intinya semuanya hidup rukun dan tidak membeda bedakan.
Percakapan adalah
komunikasi interaktif antara dua orang atau lebih. Pengembangan
keterampilan percakapan dan etiket merupakan bagian penting dari
sosialisasi. Pengembangan keterampilan percakapan dalam bahasa baru
sering menjadi fokus pengajaran dan pembelajaran bahasa. dalam percakapan antara udin dan beni membahas tentang Pembagian .
#Pembagian adalah salah satu dari empat operasi dasar aritmetika, cara bilangan digabungkan untuk membuat bilangan baru. Operasi lainnya adalah penambahan, pengurangan, dan perkalian.
\
Sejumlah kelereng akan dibagikan kepada beberapa anak. Gunakan cara pengurangan berulang!
1) 4 : 2 = (…. − …. − …. = …. ) = ….2) 8 : 4 = (…. − …. − …. = …. ) = ….
3) 9 : 3 = (…. − …. − …. − …. = ….) = ….
4) 10 : 5 = (…. − …. − …. = ….) = ….
5) 12 : 4 = (…. − …. − …. − …. = …. ) =
Edo : Sebanyak 8 gelas air dibawa oleh 2 orang. Jika setiap orang
membawa gelas sama banyak, berapa gelas air yang dibawa setiap orang?
Udin : 8 : 2 = 8 – 2 – 2 – 2 – 2 = 0 sama artinya 8 : 2 = 4
Udin
: Ada 18 bola bekel yang akan dibagikan kepada 6 orang. Setiap orang
mendapatkan sama banyak. Berapa banyak bola bekel yang didapat setiap
orang?
Beni : 18 : 6 = 18 – 6 – 6 – 6 = 0 sama artinya 18 : 6 = 3
Beni
: Dari 21 siswa kelas II akan dibentuk beberapa kelompok. Jumlah
anggota kelompok sama banyak. Berapa banyak siswa di setiap kelompok
jika terdapat 3 kelompok?
Dayu : 21 : 3 = 21 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 = 0 sama artinya 21 : 3 = 7
Dayu
: Sebanyak 24 karet gelang akan dimasukkan ke dalam 4 kotak. Jika
setiap kotak memuat karet gelang sama banyak, berapa banyak karet gelang
dalam tiap kotak?
Budi : 24 : 4 = 24 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 = 0 sama artinya 24 : 4 = 6
Isilah titik-titik berikut dengan bilangan yang tepat!
Demikian pembahasan tentang pemeblajaran ke 6 hari ini bahwasanya :Pembagian adalah salah satu dari empat operasi dasar aritmetika, cara bilangan digabungkan untuk membuat bilangan baru. Operasi lainnya adalah penambahan, pengurangan, dan perkalian.
5. Penutup
. Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu dan jangan lupa bersodaqoh .
Tetap Semangat Ananda Sholeh Sholeha😍
👉👉👉👉 Selalu melaksanakan sholat 5 waktu
👉👉👉 sholat dhuha dan murojaah
👉👉👉 Selalu menjaga kesehatan
👉👉👉👉 Selalu melaksanakan sholat 5 waktu
👉👉👉 sholat dhuha dan murojaah
👉👉👉 Selalu menjaga kesehatan
____selamat mengerjakan_____
____selamat mengerjakan_____
Tidak ada komentar:
Posting Komentar