Senin, 12 September 2022

Materi Ajar Selasa 13 September 2022 " Tema 2 Bermain di Lingkunganku (Sub tema 3 ) PB. 1"

 

 




Hari / Tanggal             :  Selasa 13 September 2022

Tema     ( 2 )                  : Bermain di Lingkunganku

Subtema   (3 )               : Bermain di Lingkungan Sekolah

Pembelajaran               : 1

Alokasi Waktu             :  1 x Pertemuan 


KD (kompetensi Dasar Pembelajaran 

·         (Matematika ) 4.4

Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari- hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.

·       (B. Indonesia ) 3.2

Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

·         (SBDP) 4.1

Membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi.

 

Tujuan Pembelajaran 

·    

·      

·         Peserta didik mampu memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dengan benar.    

·         Peserta didik dapat dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan
benar.

·      Peserta mampu siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan yang digunakan dalam menggambar imajinatif dengan benar.

·  

1. Sapaan

Assalamualaikum wr.wb

Bismillahirahmanirahim ...

Semoga di pagi yang sangat cerah ini kalian sudah siap menerima materi pembelajaran yang akan ibu guru berikan yaa .. 

Sebelum kita memulai pembelajaran, sebaiknya ananda sholeh sholehah semua sudah melaksanakan sholat dhuha setelah melakukan m uroja'ah surat-surat pendek ya nak ...

Baik ananda sholeh sholehah 💗💕

 Good Morning anak sholeh dan sholehah kelas 2A 😊

How are you today ? semoga selalu diberikan kesehatan dan kesempatan belajar sehingga ilmunya barokah. 

2. Apersepsi

    Kemarin, kita sudah menyelesaikan materi tema 2 subtema 2 pb  6 diantaranya tentang

Kosakata adalah seperangkat kata yang familiar dalam bahasa seseorang. Kosakata, biasanya dikembangkan seiring bertambahnya usia, berfungsi sebagai alat yang berguna dan fundamental untuk komunikasi dan memperoleh pengetahuan. Memperoleh kosakata ekstensif adalah salah satu tantangan terbesar dalam mempelajari bahasa kedua.. 
berikut ini  permainan kosakata tentang nama-nama benda. dan tentang percakapan antara edo dan ibu Percakapan adalah komunikasi interaktif antara dua orang atau lebih. Pengembangan keterampilan percakapan dan etiket merupakan bagian penting dari sosialisasi. Pengembangan keterampilan percakapan dalam bahasa baru sering menjadi fokus pengajaran dan pembelajaran bahasa.

   hari ini kita akan  dilanjutkan dengan tema 2 Subtema 3 pb 1  .

disimak baik-baik materinya yaaa ananda sholeh sholeha


3. Materi ajar & Ringkasan Materi  Pemebelajaran k1

Yukk kita simak penjelasan materi tema 2 subtema 3 pb 1

Let’s check this video

VIDEO PEMBELAJARAN 

1


 
 
Hari ini Beni pergi ke sekolah. Beni duduk di kelas dua SD. Beni bertemu banyak teman di kelas. Ada Edo, Udin, Lani, dan Dayu
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 2 SD Halaman 112, 113, 114, 115, 117, 118, 119,  120 Pengurangan Berulang - Tribunnews.com Mobile
..
Waktu istirahat tiba.
Beni bermain di halaman sekolah.

Kira-kira, cerita apa yang cocok untuk gambar di atas? Coba kamu buat lima pertanyaan tentang gambar di atas!
 Contoh pertanyaan :
1. Apa yang sedang mereka lakukan?
2. Dimanakah mereka sekarang?
3. Mengapa mereka gembira?
4. Ada berapakah anak cowok disana?
5. Ada berapakah anak-anak yang sedang bermain?
itulah contoh pertanyaan tentang gambar diatas. Sekarang kita akan mencoba  membaca teks cerita tentang Bermain di Halaman Sekolah

Ayo Membaca! Bacalah teks berikut dengan lancar!

Bermain di Halaman Sekolah

 Waktu istirahat tiba. Siswa kelas dua bermain di halaman sekolah. Ada yang bermain kelereng, bermain tali, dan bekel.

Beni, Edo, dan Udin sedang bermain kelereng. Beni sedang fokus menjentikkan kelereng. Edo dan Udin menunggu giliran sambil mengamati kelereng di dalam lingkaran. Banyak kelereng di dalam lingkaran ada 6 butir.

Siti, Mey, dan teman lainnya bermain lompat tali. Mey mendapat giliran melompat. Siti memutar tali dari sebelah kanan. Teman lainnya memutar tali dari sebelah kiri. Sementara itu, Dayu bersama teman sekelas lainnya bermain estafet air.

Ayo Menulis! setelah kita membaca teks tentang bermain marilah kita menulis tenteng terkaan dan apakah sudah sesuai dengan   apa yang kamu baca??Marilah kita simak bersama -sama diini .. 

 Bagaimana hasil terkaanmu tadi?
Apakah sesuai dengan apa yang kamu baca?

Coba kamu buat lima pertanyaan tentang teks bacaan tersebut! berikut ini contoh pe3rtanyan, marilah kita simakk..
1. Kamu sedang bermain apa?
2. Bagaimana cara bermain permainan tersebut?
3. Kapan kita bermain permainan ini lagi?
4. Berapa orang yang ikut bermain?
5. Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan isi teks bacaan “Bermain di Halaman Sekolah”!

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 2 Halaman 112 113 114 115 117 118 119 120 121,  Subtema 3: Bermain di Lingkungan Sekolah, Pembelajaran 1 | Laman 3 dari 5 |  Semangat News

 

Setelah kita menyimak membuat contoh pertanyaan tentag teks  “Bermain di Halaman Sekolah” sekarang kita akan berlatih dan mencoba menjawab tentang teks “Bermain di Halaman Sekolah” berikut ini .

Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan isi teks bacaan “Bermain di Halaman Sekolah”!
1. Apa yang sedang dilakukan Beni, Edo, dan Udin?
2. Siapa yang memutar tali di sebelah kanan?
3. Apa yang sedang dilakukan Dayu?
4. Apa saja kegiatan bermain sesuai isi cerita?
5. Ceritakanlah isi teks tersebut dengan bahasamu sendiri!

Jawaban :

1. Beni, Edo dan Udin sedang bermain kelereng.
2. Yang memutar tali di sebelah kanan adalah Siti.
3. Dayu bersama teman sekelas sedang bermain estafet air.
4. Beni, Edo dan Udin sedang bermain kelereng. Siti, Mey dan teman lainnya sedang bermain lompat tali. Dayu bersama teman sekelas sedang bermain estafet air.
5. Contoh teks cerita menggunakan bahasa sendiri :

Pada saat istirahat tiba,anak kelas dua keluar dan bermain di halaman.Ada anak laki laki yang bermain kelereng. Ada anak perempuan yang bermain lompat tali dan estafet air. Pada intinya semuanya hidup rukun dan tidak membeda bedakan.

Percakapan adalah komunikasi interaktif antara dua orang atau lebih. Pengembangan keterampilan percakapan dan etiket merupakan bagian penting dari sosialisasi. Pengembangan keterampilan percakapan dalam bahasa baru sering menjadi fokus pengajaran dan pembelajaran bahasa. dalam percakapan antara udin dan beni membahas tentang Pembagian .

#Pembagian adalah salah satu dari empat operasi dasar aritmetika, cara bilangan digabungkan untuk membuat bilangan baru. Operasi lainnya adalah penambahan, pengurangan, dan perkalian.

 \Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 2 Halaman 112 113 114 115 117 118 119 120 121,  Subtema 3: Bermain di Lingkungan Sekolah, Pembelajaran 1 | Laman 3 dari 5 |  Semangat News


Sejumlah kelereng akan dibagikan kepada beberapa anak. Gunakan cara pengurangan berulang!

1) 4 : 2 = (…. − …. − …. = …. ) = ….
2) 8 : 4 = (…. − …. − …. = …. ) = ….
3) 9 : 3 = (…. − …. − …. − …. = ….) = ….
4) 10 : 5 = (…. − …. − …. = ….) = ….
5) 12 : 4 = (…. − …. − …. − …. = …. ) =
Jawab:

Edo : Sebanyak 8 gelas air dibawa oleh 2 orang. Jika setiap orang membawa gelas sama banyak, berapa gelas air yang dibawa setiap orang?
Udin : 8 : 2 = 8 – 2 – 2 – 2 – 2 = 0 sama artinya 8 : 2 = 4
Udin : Ada 18 bola bekel yang akan dibagikan kepada 6 orang. Setiap orang mendapatkan sama banyak. Berapa banyak bola bekel yang didapat setiap orang?
Beni : 18 : 6 = 18 – 6 – 6 – 6 = 0 sama artinya 18 : 6 = 3
Beni : Dari 21 siswa kelas II akan dibentuk beberapa kelompok. Jumlah anggota kelompok sama banyak. Berapa banyak siswa di setiap kelompok jika terdapat 3 kelompok?
Dayu : 21 : 3 = 21 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 = 0 sama artinya 21 : 3 = 7
Dayu : Sebanyak 24 karet gelang akan dimasukkan ke dalam 4 kotak. Jika setiap kotak memuat karet gelang sama banyak, berapa banyak karet gelang dalam tiap kotak?
Budi : 24 : 4 = 24 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 = 0 sama artinya 24 : 4 = 6 

 Perhatikan soal nomor 1!
Isilah titik-titik berikut dengan bilangan yang tepat! 
 Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 2 SD MI Halaman 145 146 Ayo Berlatih, Isilah  Titik-Titik dengan Bilangan yang Tepat - Ringtimes Banyuwangi
 
Setelah itu kita membahas tentang pembagian pada tabel di atas kita akan lanjutkan membuat gambar imajinatif . Dengarkan intruksi dari ibu guru ananda sholeh sholeha 
Berikut ini contoh gambar imajinatif  

 13 Contoh Gambar Imajinatif Mudah dan Simple - BROONET8 Contoh Gambar Imajinatif yang Mudah dan Menarik. Simpel ...13 Contoh Gambar Imajinatif Mudah dan Simple - BROONET

 
 Contoh Gambar Imajinatif Gedung Sekolah Untuk Anak SD Kelas ...


Demikian pembahasan tentang pemeblajaran ke 6 hari ini bahwasanya :Pembagian adalah salah satu dari empat operasi dasar aritmetika, cara bilangan digabungkan untuk membuat bilangan baru. Operasi lainnya adalah penambahan, pengurangan, dan perkalian.

5. Penutup 

.    Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu dan jangan lupa bersodaqoh .






Tetap Semangat Ananda Sholeh Sholeha😍


____selamat mengerjakan_____

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Jum'at 20 September 2024

       H ari / Tanggal                 : Jumat  20 September  2024 Kelas                                       :  1 A   Mapel               ...