Hari / Tanggal : Jumat 21 Februari 2025
Kelas : 1 A
Mapel : P5
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
Metode Pembelajaran : Cooperative Learning
Metode Mengajar : Diskusi Kelompok
Media: Plastik, Tas berbahan kain/kaos/jilbab ,Palu kayu, tawas, bunga /daun asli segar
💥 Tema P5 : Gaya Hidup Berkelanjutan
💥 Capaian Penbelajaran P5
- Peserta didik mampu Meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya hidup berkelanjutan
- Peserta didik mampu Menciptakan keseimbangan antara kebutuhan manusia dan pelestarian lingkungan
- Peserta didik mampu Mendorong siswa untuk mengadopsi gaya hidup ramah lingkungan
💥Tujuan Pembelajaran
💫1.1 Peserta didik dapat bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, kreativitas dan kemandirian murid. Selain itu, juga menambah pengetahuan dan pengalaman membuat totebag ecoprint dengan memanfaatkan daun yang ada disekitar lingkungan sekolah / rumah sebagai bahan pewarna alami.
2. . Apersepsi
Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas kemarin yaitu Pendidikan Pancasila " " bagian bagian rumah " " dan seni budaya ( sbdp) .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai Pembelajaran P5 Tema : Gaya Hidup Berkelanjutan, Topik : Alam Mendidik Kita Kreatif, Judul : Pemanfaatan Daun untuk Ecoprint.
3. Materi ajar
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
P5 menjadi salah satu sarana pencapaian profil Pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan belajar dari lingkungan sekitar. Untuk program P5 SD Al Azhar 3 yaitu
- Meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya hidup berkelanjutan
- Menciptakan keseimbangan antara kebutuhan manusia dan pelestarian lingkungan
- Mendorong siswa untuk mengadopsi gaya hidup ramah lingkungan
- Kain yang terbuat dari serat alami, seperti katun, linen, sutra, atau mori
- Daun, bunga, atau batang tanaman yang mengandung pigmen warna
- Bahan pengikat, seperti tawas, cuka, atau ferrous sulfate
- Air
5. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini pembelajaran P5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas.
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 24 Februari 2024 kita yaitu mapel Bahasa Indonesia dan Matematika . .
Wassalamuaalikum ...
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar