Rabu, 19 Februari 2025

Materi Ajar, Kamis 20 Februari 2025

        

  Terjual Dompet KW SUPER | LEVIS - DUNHILL - HERMES - IMPERIAL HORSE | KASKUS

Hari / Tanggal             : Kamis  20  Februari 2025 

Kelas                            :  1 A

 Mapel                        :  P5 dan Pendidikan Pancasila 

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan

Metode Pembelajaran  : Cooperative Learning

Metode Mengajar : Diskusi Kelompok 

Media PB p5: - Palu kayu - tas kain/ baju - tawas -daun segar -bungga segar - plastik 

media p.pancasila: : lkpd - vidio pb - buku cetak- 

   💥  Capaian Penbelajaran Pendidikan Pancasila

💥  Capaian Penbelajaran Pendidikan Pancasila

💥Peserta didik mampu mengenal karakteristik lingkungan tempat tinggal dan sekolah, sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

💥Peserta didik mampu  mempraktikkan sikap dan perilaku menjaga lingkungan tempat tinggal dan sekolah; menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.

 💥Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila

    💫1.1Peserta didik dapat menyebutkan denah lingkungan sekitar.

💥 Tema P5             :   Gaya Hidup Berkelanjutan 

 💥  Capaian Penbelajaran P5 

  •   Peserta didik mampu Meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya hidup berkelanjutan
  •   Peserta didik mampu Menciptakan keseimbangan antara kebutuhan manusia dan pelestarian lingkungan
  •   Peserta didik mampu Mendorong siswa untuk mengadopsi gaya hidup ramah lingkungan

 💥Tujuan Pembelajaran

    💫1.1  Peserta didik  dapat  bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, kreativitas dan kemandirian murid. Selain itu, juga menambah pengetahuan dan pengalaman membuat totebag ecoprint dengan memanfaatkan daun yang ada disekitar lingkungan sekolah / rumah sebagai bahan pewarna alami.

2. . Apersepsi

 Masi ingatkah kalian tentang materi yang  sudah kita bahas  kemarin  yaitu Pendidikan Pancasila " " bagian bagian rumah" "  dan seni budaya ( sbdp)  .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai Pembelajaran P5 Tema : Gaya  Hidup  Berkelanjutan, Topik : Alam Mendidik Kita KreatifJudul : Pemanfaatan Daun untuk Ecoprint dan Pendidikan Pancasila " " bagian bagian rumah " 

3. Materi ajar 

         " bagian bagian rumah"


💫Pendidikan Pncasila 
    💥Bagian-bagian rumah umumnya terdiri dari beberapa area utama, yaitu:

1. Bagian Luar Rumah

  • Halaman (Taman/Carport/Garasi) → Area depan atau belakang rumah untuk parkir kendaraan atau taman.
  • Pagar → Pembatas rumah yang memberikan keamanan dan privasi.
  • Teras → Area depan rumah yang bisa digunakan untuk bersantai atau menerima tamu.
  • Atap → Penutup rumah yang melindungi dari hujan dan panas.

2. Bagian Dalam Rumah

  • Ruang Tamu → Tempat untuk menerima tamu dan berkumpul bersama keluarga.
  • Ruang Keluarga → Area untuk bersantai dan berkumpul dengan anggota keluarga.
  • Ruang Makan → Tempat khusus untuk makan bersama keluarga.
  • Dapur → Tempat memasak dan menyiapkan makanan.
  • Kamar Tidur → Ruangan pribadi untuk istirahat.
  • Kamar Mandi → Ruang untuk mandi dan kebutuhan sanitasi.

3. Bagian Tambahan (Opsional)

  • Gudang → Tempat penyimpanan barang.
  • Ruang Kerja → Ruangan khusus untuk bekerja atau belajar.
  • Ruang Cuci dan Jemur → Area untuk mencuci dan menjemur pakaian.
  • Kolam Renang → Fasilitas tambahan untuk berenang dan bersantai.
  • Balkon → Area di lantai atas untuk menikmati udara segar.                                                 


    Arah mata angin adalah arah yang digunakan sebagai panduan dalam navigasi dan penentuan lokasi berdasarkan kompas atau posisi relatif terhadap bumi. Arah mata angin utama terdiri dari:



  1. Utara (N - North)
  2. Timur (E - East)
  3. Selatan (S - South)
  4. Barat (W - West)

Selain arah utama, ada juga arah mata angin antara:

  1. Timur Laut (NE - Northeast)
  2. Tenggara (SE - Southeast)
  3. Barat Daya (SW - Southwest)
  4. Barat Laut (NW - Northwest)

 

💫P5
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
 
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). P5 adalah upaya untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. 

  Let’s check this video

                                  


 
    P5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas. Ini yang terkadang terjadi miskonsepsi dalam penerapan P5 di satuan pendidikan yang hanya berfokus pada hasil ataupun produk akhir dari setiap kegiatan P5 padahal proses setiap peserta didik dalam kegiatan P5 ini yang menjadi sangat penting. Alur dan proses yang dijalani setiap peserta didik dalam menyelesaikan masalah pada projek adalah hal utamanya.

    P5 menjadi salah satu sarana pencapaian profil Pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan belajar dari lingkungan sekitar. Untuk program P5 SD Al Azhar 3 yaitu
 " Meronce   " 
    
    P5 merupakan program yang berperan dalam meningkatkan kesadaran siswa dan siswi tentangKewirausahaan Melalui tema Gaya Hidup Berkelanjutan, para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan pola hidup yang sehat dan berkelanjutan dengan 
Tema : Ecoprint 
    Ecoprint termasuk kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema gaya hidup berkelanjutan. 
Ecoprint adalah teknik pewarnaan kain yang menggunakan bahan alami seperti daun, bunga, batang, dan akarTeknik ini ramah lingkungan karena tidak menghasilkan limbah berbahaya. 
Berikut adalah beberapa contoh kegiatan P5 gaya hidup berkelanjutan dengan tema ecoprint: Membuat tote bag ecoprint, Membuat batik ecoprint, Membuat busana ecoprint. 
Kegiatan P5 gaya hidup berkelanjutan bertujuan untuk: 
  • Meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya hidup berkelanjutan
  • Menciptakan keseimbangan antara kebutuhan manusia dan pelestarian lingkungan
  • Mendorong siswa untuk mengadopsi gaya hidup ramah lingkungan





5.  Evaluasi   

Soal Pilihan Ganda

  1. Matahari terbit dari arah …
    a. Barat
    b. Timur ✅
    c. Selatan

  2. Lawan dari arah barat adalah …
    a. Selatan
    b. Timur ✅
    c. Utara

  3. Jika kita menghadap ke timur, maka di sebelah kiri kita adalah arah …
    a. Utara ✅
    b. Selatan
    c. Barat

  4. Alat yang digunakan untuk menunjukkan arah mata angin adalah …
    a. Penggaris
    b. Kompas ✅
    c. Jam

  5. Arah di antara utara dan timur disebut …
    a. Tenggara
    b. Timur Laut ✅
    c. Barat Laut


Soal Isian

  1. Matahari tenggelam di arah barat. ✅
  2. Arah sebaliknya dari selatan adalah utara. ✅
  3. Jika kita menghadap ke barat, maka di sebelah kanan kita adalah arah utara. ✅
  4. Alat yang digunakan untuk menunjukkan arah mata angin adalah kompas. ✅
  5. Jika ingin pergi ke tempat yang berlawanan dengan timur laut, maka kita harus menuju ke arah barat daya. ✅

6. Penutup

    Kesimpulan pembelajaran hari ini pembelajaran  Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah tentang Arah mata angin adalah arah yang digunakan sebagai panduan dalam navigasi dan penentuan lokasi berdasarkan kompas atau posisi relatif terhadap bumi.ada kesimpulan materi sbdp ialah Dalam seni rupa, pengamatan atau obserP5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas.

7.  Kesimpulan pembelajara

    Amdulillah pada kegiatan Refleksi pembelajaran di Semester 1 ananda sholeh sholeha merasa sangat sennang dan sangat gembira karna pemeblajaran sambil bermain, harapan di semster 2 ananada sholeh sholeha dapat giat belajar membaca dan menulis.

Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami  Jan9gan lupa untuk pembelajaraan di hari esok  21 Februari 2025  kita yaitu mapel  p5. .

Wassalamuaalikum ...




1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar, Senin 10 Maret 2025

              H ari / Tanggal                   =  Senin 10 Maret  2025 Kelas                                       :  1 A   Mapel          ...