Hari / Tanggal : Rabu 12 Februari 2025
Kelas : 1 A
Mapel : Pendidikan Pancasila dan Sbdp
Alokasi Waktu : 1 x PertemuanMetode Pembelajaran : Cooperative Learning
Metode Mengajar : Diskusi Kelompok
Media Pb sbdp : Lkpd,, Video pb
Media Pb p.pancasila : Vidio pb, lkpd,
1. Capaian Penbelajaran Sbdp
💫 Peserta didik mampu mendiskusikan mengenai hewan kesayangan mereka. Apa ciri khas fisik hewan-hewan tersebut yang membuatnya berbeda dengan hewan lain?
💥 Tujuan Pembelajaran (TP) Sbdp
Peserta didik dapat mengamati dan mengenali karakteristik hewan tertentu
Peserta didik dapat menuangkan pengalaman, pengamatan atau hasil tiruan bentuk ke dalam karya.
Peserta didik dapat mengenali bentuk dasar geometris/non geometris dan menggunakan garis untuk membuat karya 2 atau 3 dimensi.
💥 Capaian Penbelajaran Pendidikan Pancasila
💥Peserta didik mampu mengenal karakteristik lingkungan tempat tinggal dan sekolah, sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia
💥Peserta didik mampu mempraktikkan sikap dan perilaku menjaga lingkungan tempat tinggal dan sekolah; menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.
💥Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila
💫1.1Peserta didik dapat menyebutkan denah lingkungan sekitar.
2. . Apersepsi
Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas kemarin yaitu pembelajaran bahasa indonesia menyimak isi cerita dan matematika mengeksplorasi banyak benda . untuk pertemuan kali ini mengenai sbdp " Tekstur dan Pola" dan pendidikan pancasila "
3. Materi ajar
" bagian bagian rumah"
1. Bagian Luar Rumah
- Halaman (Taman/Carport/Garasi) → Area depan atau belakang rumah untuk parkir kendaraan atau taman.
- Pagar → Pembatas rumah yang memberikan keamanan dan privasi.
- Teras → Area depan rumah yang bisa digunakan untuk bersantai atau menerima tamu.
- Atap → Penutup rumah yang melindungi dari hujan dan panas.
2. Bagian Dalam Rumah
- Ruang Tamu → Tempat untuk menerima tamu dan berkumpul bersama keluarga.
- Ruang Keluarga → Area untuk bersantai dan berkumpul dengan anggota keluarga.
- Ruang Makan → Tempat khusus untuk makan bersama keluarga.
- Dapur → Tempat memasak dan menyiapkan makanan.
- Kamar Tidur → Ruangan pribadi untuk istirahat.
- Kamar Mandi → Ruang untuk mandi dan kebutuhan sanitasi.
3. Bagian Tambahan (Opsional)
- Gudang → Tempat penyimpanan barang.
- Ruang Kerja → Ruangan khusus untuk bekerja atau belajar.
- Ruang Cuci dan Jemur → Area untuk mencuci dan menjemur pakaian.
- Kolam Renang → Fasilitas tambahan untuk berenang dan bersantai.
- Balkon → Area di lantai atas untuk menikmati udara segar.
Arah mata angin adalah arah yang digunakan sebagai panduan dalam navigasi dan penentuan lokasi berdasarkan kompas atau posisi relatif terhadap bumi. Arah mata angin utama terdiri dari:
- Utara (N - North)
- Timur (E - East)
- Selatan (S - South)
- Barat (W - West)
Selain arah utama, ada juga arah mata angin antara:
- Timur Laut (NE - Northeast)
- Tenggara (SE - Southeast)
- Barat Daya (SW - Southwest)
- Barat Laut (NW - Northwest)
💫Sbdp
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
""bentuk pada wajah "
Dalam seni rupa, pengamatan atau observasi hewan dan tanaman sering digunakan sebagai sumber inspirasi dalam berbagai bentuk karya seni. Berikut beberapa aspek penting dalam observasi ini:
1. Tujuan Observasi Hewan dan Tanaman dalam Seni Rupa
- Mengamati bentuk, tekstur, dan warna untuk menciptakan representasi yang lebih akurat.
- Mempelajari karakteristik dan anatomi guna menggambarkan hewan dan tanaman dengan lebih realistis.
- Mengembangkan kreativitas dengan menafsirkan bentuk hewan dan tanaman dalam gaya yang lebih ekspresif atau abstrak.
2. Teknik dalam Menggambar atau Melukis Hewan dan Tanaman
- Sketsa awal: Menggunakan garis sederhana untuk menangkap bentuk dasar.
- Detail anatomi: Mengamati bagian-bagian seperti daun, batang, sayap, atau bulu untuk detail yang lebih kompleks.
- Penggunaan warna dan tekstur: Teknik shading, gradasi, dan campuran warna untuk menciptakan efek realistis atau ekspresif.
3. Jenis Karya Seni yang Menggunakan Observasi Hewan dan Tanaman
- Lukisan Realistik: Menggambarkan hewan dan tumbuhan seperti aslinya.
- Seni Ilustrasi: Digunakan dalam buku, majalah, atau penelitian ilmiah.
- Seni Abstrak: Menggunakan bentuk hewan dan tumbuhan sebagai inspirasi dalam komposisi unik.
- Seni Dekoratif: Motif flora dan fauna sering digunakan dalam kain, keramik, atau ukiran.
4. Contoh dalam Sejarah Seni
- Seni Tradisional: Motif batik dengan pola tumbuhan dan hewan (seperti Batik Parang, Mega Mendung).
- Seni Renaisans: Seniman seperti Albrecht Dürer banyak menggambar hewan dengan detail tinggi.
- Seni Modern: Seniman seperti Henri Rousseau menggambarkan tumbuhan dan hewan dalam gaya surealis.
5. Manfaat Observasi dalam Seni Rupa
- Meningkatkan kepekaan terhadap keindahan alam.
- Mengasah keterampilan menggambar dan melukis.
- Membantu dalam penciptaan karya seni yang lebih hidup dan dinamis.
6. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah tentang Arah mata angin adalah arah yang digunakan sebagai panduan dalam navigasi dan penentuan lokasi berdasarkan kompas atau posisi relatif terhadap bumi.ada kesimpulan materi sbdp ialah Dalam seni rupa, pengamatan atau observasi hewan dan tanaman sering digunakan sebagai sumber inspirasi dalam berbagai bentuk karya seni.
7. Kesimpulan pembelajara
Amdulillah pada kegiatan Refleksi pembelajaran di Semester 1 ananda sholeh sholeha merasa sangat sennang dan sangat gembira karna pemeblajaran sambil bermain, harapan di semster 2 ananada sholeh sholeha dapat giat belajar membaca dan menulis.
💥untuk kesimpulan pembelajaran hari inisebagian besar sudah ketercapian pembelajaran hari ini sudah mencapai target capaian sebagian besar peserta didik sudah memahami materi sbdp ada 2 peserta didik yang masih belum memahami terkait pembelajaran Materi " bagian bagian rumah " .Guru memberikan bimbingan kembali terhadap ke2 peserta didiik tersebut agar tujuan pembelajaran dapat tercapai oleh peserta didik
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jan9gan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 13 Februari 2024 kita yaitu mapel pendidikan Pancasila dan P5 . .
Wassalamuaaliakum ... |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar