Senin, 10 Februari 2025

Materi Ajar, Selasa 11 Februari 2025

          Terjual Dompet KW SUPER | LEVIS - DUNHILL - HERMES - IMPERIAL HORSE | KASKUS 

Hari / Tanggal              = Selasa 11 Februari  2025

Kelas                            :  1 A

 Mapel                        :   Bahasa Indonesia ,  Matematika 

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan

Metode Pembelajaran  : Cooperative Learning

Metode Mengajar : Diskusi Kelompok 

Media Pb Matematika : Lkpd, Pensil warna (media berhitung ), Video pb 

Media Pb B. indonesia : Vidio pb, lkpd, 


1.   Capaian Penbelajaran Matematika  :

    💫·     Peserta didik dapat Menyadari bahwa soal yang dikerjakan merupakan soal penjumlahan, dan memikirkan jawabannya

💥  Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika :

  • Peserta didik mampu memahami dan menguasai keterampilan menjumlahkan bilangan 1 digit yang hasilnya di atas angka 11.
  • Peserta didik mampu memformulasikan situasi penjumlahan ke dalam operasi hitung dan bisa membaca operasi hitung.

💥Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia

    Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.Peserta didik mampu memaknai kosakata baru Capaian Pembelajaran.dan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.

Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Idonesia 

 💫 Peserta didik dapat menceritakan kembali cerita yang di dengar 

2. . Apersepsi

 Masi ingatkah kalian tentang materi yang  sudah kita bahas kemari di hari jumat yaitu matematika dan bahasa indonesia "  untuk pb hari ini kitaakan membahasa materi Bahasa Indonesia bab 6 " Membaca dan Menuis "  dan pembelajara matematika  bab " 8" mengeskplorasi banyak benda "  . 

3. Materi ajar

Let’s check this video

VIDEO PEMBELAJARAN  

Bahaasa Indonesia 

BaB 6

Menyimak dan Berbicara "


💫Bahasa Indonesia 
💥Membaca dan menulis adalah keterampilan dasar yang saling berkaitan dan penting untuk perkembangan intelektual dan kehidupan sehari-hari: 
  • Membaca
    Kemampuan memahami dan menafsirkan bahasa tertulis. Membaca merupakan proses perubahan lambang-tanda tulisan menjadi bunyi yang bermakna. 
  • Menulis
    Kemampuan menyampaikan pikiran, gagasan, dan informasi melalui bahasa tulis. Menulis adalah kegiatan menuangkan ide si penulis ke dalam bentuk tulisan
    
   Menyimak bercerita dapat diartikan sebagai aktivitas mendengarkan dengan saksama ketika seseorang sedang bercerita. Ini melibatkan pemahaman yang mendalam terhadap isi cerita, menangkap makna, dan merespons dengan tepat.

Dalam komunikasi, menyimak berarti mendengar dengan penuh perhatian, sementara bercerita adalah menyampaikan suatu kisah atau informasi secara lisan. Jika digabungkan, "menyimak bercerita" bisa berarti:

  1. Mendengarkan cerita dengan aktif – Memperhatikan detail, menangkap emosi, dan memahami pesan yang disampaikan oleh pembicara.
  2. Belajar dari cerita orang lain – Menggunakan cerita sebagai sumber pembelajaran, inspirasi, atau refleksi.
  3. Berinteraksi dengan cerita – Bisa berupa memberikan tanggapan, bertanya, atau menyampaikan pendapat setelah menyimak cerita. 

💫Matematika 

Let’s check this video

VIDEO PEMBELAJARAN  

Matematika 





  💥 Membaca Operasi Hitung berarti memahami simbol dan proses dalam perhitungan matematika. Ada beberapa jenis operasi hitung dasar dalam matematika, yaitu:
  1. Penjumlahan (+)

    • Contoh: 5 + 3 = 8
    • Dibaca: "Lima ditambah tiga sama dengan delapan."
  2. Pengurangan (-)

    • Contoh: 10 - 4 = 6
    • Dibaca: "Sepuluh dikurangi empat sama dengan enam."

4, Contoh Soal
 yukk kita kerjaan latihan soal beriku berikut ini 

Soal Penjumlahan
  1. Ibu membeli 3 apel, lalu membeli lagi 2 apel. Berapa jumlah apel yang dibeli ibu?
    A. 4
    B. 5
    C. 6

  2. Didi mempunyai 6 kelereng, lalu adiknya memberi 4 kelereng lagi. Berapa jumlah kelereng Didi sekarang?
    A. 9
    B. 10
    C. 11

Soal Pengurangan

  1. Santi memiliki 8 permen, lalu ia memakan 3 permen. Berapa permen yang tersisa?
    A. 4
    B. 5
    C. 6

  2. Rudi memiliki 10 pensil, lalu dipinjam temannya sebanyak 2 pensil. Berapa pensil yang masih dimiliki Rudi?
    A. 6
    B. 7
    C. 8

Soal Cerita Campuran

  1. Di kebun ada 7 ekor burung. Kemudian datang lagi 3 ekor burung, tetapi 2 burung terbang pergi. Berapa burung yang tersisa di kebun?
    A. 6
    B. 8
    C. 10

  2. Dina memiliki 5 balon, lalu ia membeli 4 balon lagi. Tetapi, 3 balon Dina meletus. Berapa balon yang masih dimiliki Dina?
    A. 4
    B. 5
    C. 6


Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/g
5.  Evaluasi   

Menyimak Cerita 

 " Monyet dan Kura kura "

    

latihan soal matematika

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

Nama :

Kelas : 

yuk kita tuliskan pesan moral dari cerita monyet dan kura kura bersama teman sekelompok mu yaa ... 
                                


6. Penutup

Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah tentang Membaca Operasi Hitung berarti memahami simbol dan proses dalam perhitungan matematika... dan untuk kesimpulan mapel bahasa indonesia ialah Membaca dan menulis adalah keterampilan dasar yang saling berkaitan dan penting untuk perkembangan intelektual dan kehidupan sehari-hari .


Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy
.Demikian pembelajaran hari 29 Oktober 2024 kita yaitu mapel  Bahasa Indonesia dan Matematika 

Kesimpulan pembelajara

    Amdulillah pada kegiatan Refleksi pembelajaran di Semester 1 ananda sholeh sholeha merasa sangat sennang dan sangat gembira karna pemeblajaran sambil bermain, harapan di semster 2 ananada sholeh sholeha dapat giat belajar membaca dan menulis.

Demikian pembelajaran hari 12 Februari 2025  kita yaitu mapel Pendidikan Pancasila dan Sbdp 




Wassalamuaaliakum ...    






Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy
.Demikian pembelajaran hari 29 Oktober 2024 kita yaitu mapel  Bahasa Indonesia dan Matematika 
 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar, Senin 10 Maret 2025

              H ari / Tanggal                   =  Senin 10 Maret  2025 Kelas                                       :  1 A   Mapel          ...