Hari / Tanggal : Rabu 05 Februari 2025
Kelas : 1 A
Mapel : Pendidikan Pancasila dan Sbdp
Alokasi Waktu : 1 x PertemuanMetode Pembelajaran : Cooperative Learning
Metode Mengajar : Diskusi Kelompok
Media Pb sbdp : Lkpd, kertas origami ), Video pb
Media Pb p.pancasila : Vidio pb, lkpd,
1. Capaian Penbelajaran Sbdp
💫 Peserta didik mampu mampu mengenali bentuk-bentuk dasar yang terdapat dalam fitur yang membedakan wajah seseorang dengan yang lainnya. Misalnya hidung merupakan gabungan segitiga dan lingkaran
💥 Tujuan Pembelajaran (TP) Sbdp
- Peserta didik dapat mengenal dan dapat menggunakan kosakata: Wajah, Muka, Rupa, Ekspresi, Karakteristik, Ciri-Ciri.
- Peserta didik dapat mengenali persamaan dan perbedaan karakteristik wajahnya dan teman-teman sekelasnya.
- peserta didik dapat mengenali bentuk dasar geometris/non geometris dan menggunakan garis untuk menggambar atau membuat kolase untuk membuat potret wajah sendiri atau orang lain.
💥 Capaian Penbelajaran Pendidikan Pancasila
💥Peserta didik mampu mengenal karakteristik lingkungan tempat tinggal dan sekolah, sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia
💥Peserta didik mampu mempraktikkan sikap dan perilaku menjaga lingkungan tempat tinggal dan sekolah; menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.
💥Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila
💫1.1 Peserta didik dapat mengidentifikasi denah lingkungan sekitar.
2. . Apersepsi
Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas kemarin yaitu pembelajaran bahasa indonesia menyimak isi cerita dan matematika mengeksplorasi banyak benda . untuk pertemuan kali ini mengenai sbdp " Tekstur dan Pola" dan pendidikan pancasila "
3. Materi ajar
" bagian bagian rumah"
1. Bagian Luar Rumah
- Halaman (Taman/Carport/Garasi) → Area depan atau belakang rumah untuk parkir kendaraan atau taman.
- Pagar → Pembatas rumah yang memberikan keamanan dan privasi.
- Teras → Area depan rumah yang bisa digunakan untuk bersantai atau menerima tamu.
- Atap → Penutup rumah yang melindungi dari hujan dan panas.
2. Bagian Dalam Rumah
- Ruang Tamu → Tempat untuk menerima tamu dan berkumpul bersama keluarga.
- Ruang Keluarga → Area untuk bersantai dan berkumpul dengan anggota keluarga.
- Ruang Makan → Tempat khusus untuk makan bersama keluarga.
- Dapur → Tempat memasak dan menyiapkan makanan.
- Kamar Tidur → Ruangan pribadi untuk istirahat.
- Kamar Mandi → Ruang untuk mandi dan kebutuhan sanitasi.
3. Bagian Tambahan (Opsional)
- Gudang → Tempat penyimpanan barang.
- Ruang Kerja → Ruangan khusus untuk bekerja atau belajar.
- Ruang Cuci dan Jemur → Area untuk mencuci dan menjemur pakaian.
- Kolam Renang → Fasilitas tambahan untuk berenang dan bersantai.
- Balkon → Area di lantai atas untuk menikmati udara segar.
💫Sbdp
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
""bentuk pada wajah "
1. Mengenal Bentuk Dasar pada Wajah
- Lingkaran → Bentuk kepala atau wajah secara keseluruhan
- Oval → Alternatif bentuk wajah
- Segitiga → Hidung
- Lingkaran kecil → Mata
- Garis melengkung → Mulut dan alis
2. Mengenali Bagian-Bagian Wajah
- Mata: Biasanya berbentuk lingkaran atau oval
- Hidung: Bisa digambar dengan segitiga atau garis sederhana
- Mulut: Digambar dengan garis melengkung (tersenyum, datar, atau cemberut)
- Telinga: Bentuknya oval dan terletak di samping wajah
3. Menggambar Wajah Sederhana
- Mengajak anak-anak menggambar wajah menggunakan bentuk-bentuk dasar
- Mempraktikkan menggambar berbagai ekspresi (senang, sedih, marah)
- Bisa menggunakan cermin agar anak mengenali wajah mereka sendiri
4. Aktivitas Kreatif
- Menggambar dan mewarnai wajah
- Kolase wajah dengan kertas warna atau majalah bekas
- Membuat topeng wajah dari kertas
6. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah tentang Bagian-bagian rumah Bagian Luar Rumah, dalam rumah dan bagian tambahan ruangan , pada kesimpulan materi sbdp ialah Mengenal Bentuk Dasar pada Wajah,bagian bagian wajah,mengambar wajah sederhana,aktivitas kreatif
7. Kesimpulan pembelajara
Amdulillah pada kegiatan Refleksi pembelajaran di Semester 1 ananda sholeh sholeha merasa sangat sennang dan sangat gembira karna pemeblajaran sambil bermain, harapan di semster 2 ananada sholeh sholeha dapat giat belajar membaca dan menulis.
💥untuk kesimpulan pembelajaran hari inisebagian besar sudah ketercapian pembelajaran hari ini sudah mencapai target capaian sebagian besar peserta didik sudah memahami materi sbdp ada 3 peserta didik yang masih belum memahami terkait pembelajaran Materi " bagian bagian rumah " .Guru memberikan bimbingan kembali terhadap ke3 peserta didiik tersebut agar tujuan pembelajaran dapat tercapai oleh peserta didik
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jan9gan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 06 Februari 2024 kita yaitu mapel pendidikan Pancasila dan P5 . .
Wassalamuaaliakum ... |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar