Hari / Tanggal : Kamis 06 Februari 2025
Kelas : 1 A
Mapel : P5 dan Pendidikan Pancasila
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
Metode Pembelajaran : Cooperative Learning
Metode Mengajar : Diskusi Kelompok
Media PB p5: - Palu kayu - tas kain/ baju - tawas -daun segar -bungga segar - plastik
media p.pancasila: : lkpd - vidio pb - buku cetak-
💥 Capaian Penbelajaran Pendidikan Pancasila
💥Peserta didik mampu mengenal karakteristik lingkungan tempat tinggal dan sekolah, sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia
💥Peserta didik mampu mempraktikkan sikap dan perilaku menjaga lingkungan tempat tinggal dan sekolah; menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.
💥Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila
💫1.1 Peserta didik dapat mengidentifikasi denah lingkungan sekitar.
💥 Tema P5 : Gaya Hidup Berkelanjutan
💥 Capaian Penbelajaran P5
- Peserta didik mampu Meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya hidup berkelanjutan
- Peserta didik mampu Menciptakan keseimbangan antara kebutuhan manusia dan pelestarian lingkungan
- Peserta didik mampu Mendorong siswa untuk mengadopsi gaya hidup ramah lingkungan
💥Tujuan Pembelajaran
💫1.1 Peserta didik dapat bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, kreativitas dan kemandirian murid. Selain itu, juga menambah pengetahuan dan pengalaman membuat totebag ecoprint dengan memanfaatkan daun yang ada disekitar lingkungan sekolah / rumah sebagai bahan pewarna alami.
2. . Apersepsi
Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas kemarin yaitu Pendidikan Pancasila " " bagian bagian rumah" " dan seni budaya ( sbdp) .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai Pembelajaran P5 Tema : Gaya Hidup Berkelanjutan, Topik : Alam Mendidik Kita Kreatif, Judul : Pemanfaatan Daun untuk Ecoprint dan Pendidikan Pancasila " " bagian bagian rumah "
3. Materi ajar
" bagian bagian rumah" 💫Pendidikan Pncasila 💥Bagian-bagian rumah umumnya terdiri dari beberapa area utama, yaitu: 1. Bagian Luar Rumah
2. Bagian Dalam Rumah
3. Bagian Tambahan (Opsional)
|
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
P5 menjadi salah satu sarana pencapaian profil Pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan belajar dari lingkungan sekitar. Untuk program P5 SD Al Azhar 3 yaitu
- Meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya hidup berkelanjutan
- Menciptakan keseimbangan antara kebutuhan manusia dan pelestarian lingkungan
- Mendorong siswa untuk mengadopsi gaya hidup ramah lingkungan
💫Pendidikan Pancasila
- Kain yang terbuat dari serat alami, seperti katun, linen, sutra, atau mori
- Daun, bunga, atau batang tanaman yang mengandung pigmen warna
- Bahan pengikat, seperti tawas, cuka, atau ferrous sulfate
- Air
6. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini pembelajaran Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah tentang Bagian-bagian rumah Bagian Luar Rumah, dalam rumah dan bagian tambahan ruangan . P5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas.
7. Kesimpulan pembelajara
Amdulillah pada kegiatan Refleksi pembelajaran di Semester 1 ananda sholeh sholeha merasa sangat sennang dan sangat gembira karna pemeblajaran sambil bermain, harapan di semster 2 ananada sholeh sholeha dapat giat belajar membaca dan menulis.
💥untuk kesimpulan pembelajaran hari inisebagian besar sudah ketercapian pembelajaran hari ini sudah mencapai target capaian sebagian besar peserta didik sudah memahami materi sbdp ada 3 peserta didik yang masih belum memahami terkait pembelajaran Materi " bagian bagian rumah " .Guru memberikan bimbingan kembali terhadap ke3 peserta didiik tersebut agar tujuan pembelajaran dapat tercapai oleh peserta didik
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jan9gan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 07 Februari 2025 kita yaitu mapel p5. .
Wassalamuaalikum ...
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar