Senin, 22 Agustus 2022

Materi Ajar Senin 15 Agustus 2022 " Tema 1 Hidup Rukun Subtema (4 ) Hidup Rukun Di Lingkungan PB.4 "

  


Hari / Tanggal             : Selasa 23  Agustus 2022

Tema     ( 1 )                  : Hidup Rukun 

Subtema   (4 )               : Hidup Rukun Di  Lingkungan 

Pembelajaran               : 4

Alokasi Waktu             :  1 x Pertemuan 


KD (kompetensi Dasar Pembelajaran )

           ·           (Matematika  ) 4.3

Menyelesaikan masalah penjumlahan yang melibatkan bilangan bilangan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta melibatkan penjumlahan dan penguranga

·       (B. Indonesia )

3.1 Merinci kalimat ajakan, perintah yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun.

         ·        ( SBDP) 3.4

        Mengenal pengolahan bahan alam dan bahan buatan dalam alam dan buatan.   

Tujuan Pembelajaran 

·         ·  Peserta didik mampu menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari –hari berkaitan penjumalahan dengan benar.    

·    ·   Peserta didik mampu menyebutkan manfaat kalimat perintah dalam teks dalam bentuk kalimat sedrhana dengan bahasa yang santun .

       ·Peserta didik mampu mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan benar. .   

Assalamualaikum wr.wb

Bismillahirahmanirahim ...

Semoga di pagi yang sangat cerah ini kalian sudah siap menerima materi pembelajaran yang akan ibu guru vina berikan yaa .. 

Sebelum kita memulai pembelajaran, sebaiknya ananda sholeh sholehah semua sudah melaksanakan sholat dhuha setelah melakukan muroja'ah surat-surat pendek ya nak ...

Baik ananda sholeh sholehah 💗💕

Materi ajar  Selasa 23  Agustus 202

" Tema      ( 1 )              : Hidup Rukun 

Subtema     (4)               Hidup Rukun Di  Lingkungan 

Pembelajaran                 : 4

Marilah kita simak materi pembelajaran berikut ini👇👇👇

Pembelajaran 4✊❤

        Anak-anak jadi pada kesempatan pertemuan kali ini kita akan belajar tentang Tema  1  " Hidup Rukun" Sub Tema 4 " Hidup Rukun Di Lingkungan"  Pembelajaran 4 
# Ada yang tahu apa itu Hidup Rukun Di Lingkungan ?

Ananda Sholeh sholeha mari Kita simak Pembelajaran Hari ini ....     
    
    Sebelum Melaksanakan Tugas  hari ini kemarin kita sudah membahas tentang  pembelajaran ke 3 tentang :Warga di lingkungsn rumah Udin sedanb bergptong royong. Ibu-ibu menyiapkan makanan dan minuman. Anak -anak ikut membantu. Ada anak yang membantu membersihkan sampah. Ada juga anak yang membantu menyajikan makanan. Semua tampak rukun dan gembira. 



" Kegiatan gotong foyong apa yang pernah kamu lakukan di lingkungan rumahmu?
Coba ceritakan kepada temanmu secarra bergantian". hari ini kita akan masuk pada pembelajaran ke -4  mari kita simak yukk...

Manfaat Gotong Royong

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan apabila kita menerapkan sikap tersebut ke dalam kehidupan bermasyarakat.

1. Supaya lingkungan disekitar kita bisa terlihat lebih bersih, nyaman, serta indah

2. Bisa terjalin rasa solidaritas di dalam lingkungan masyarakat

3. Agar hidup kita di masyarakat menjadi lebih baik dengan adanya gotong royong

4. Kegiatan atau aktivitas umum jadi lebih cepat selesai tanpa perlu mengeluarkan banyak dana dan kas RT/RW. Apabila berupa pembangunan fisik, tentu dengan adanya gotong royong akan sangat menghemat anggaran. Sebab, biaya yang tadinya untuk tenaga kerja akan berkurang karena kegiatan tersebut dilakukan secara gotong royong.

5. Dengan adanya gotong royong, persaudaraan dan kebersamaan antar warga akan semakin erat. Semua tetangga jadi mengenal tetangga yang lain, pejabat kenal dengan buruh, pedagang kenal dengan supir, yang kaya kenal dengan tetangga yang kurang mampu, dan lainnya.

6. Keamanan lingkungan sekitar rumah menjadi lebih aman, sebab semua warga sudah saling mengenal. Jadi jika nantinya ada orang yang mencurigakan masuk ke wilayah perumahan, maka para warga akan lebih mudah mendeteksi.

7. Kedamaian serta ketentraman hidup bermasyarakat akan lebih terasa, sebab semua warga sudah mengenal satu sama lain.

8. Sikap gotong royong tidak mengenal perbedaan. Sehingga saat akan dilakukan, semuanya terasa sama   

    SEBELUM MELAKSANAKAN TUGAS DARI BUGURU KALIAN WAJIB MENONTON VIDEO PEMBELAJARAN DIBAWAH INI YA NAK, AGAR KALIAN BISA MENGERJAKAN TUGAS DARI BUGURU... SELAMAT MENYAKSIKAN..
Pembelajaran ke 4


    
    Percakapan adalah komunikasi interaktif antara dua orang atau lebih..
"Gamabar mana yang menunjukan sikap hidup rukun di masyarakat?"
" Gambar manakah yang menunjukan penolakan ?"
Pernahkah kamu menolak pemberian oranglain?".

    Pada dasarnya, kalimat penolakan merupakan sebuah kalimat yang diungkapkan dengan tujuan untuk menolak sebuah ide, pendapat, maupun gagasan yang dilontarkan oleh orang lain. Tidak hanya membantah atau menolak saja, tetapi kamu juga perlu untuk menyampaikannya secara sopan dan baik.

     Udin dan teman-temannnya juga menikmati kue yang disediakan pada kegiatan gotong royong. Bentuk kue itu bermacam -macam . Ada kue bentuk bunga. Ada kue berbentuk hewan,. Apakah kah kamu bisa membuat bentuk-bentuk tersebut????
    pada pembelajaran yang lalu, kita sudah membuat prakrya dari daun kering dan daun hijau pemanfaatan bahan di lingkungan sekolah
      A yo Berlatih ..
Pada Halaman 166 Berikut Ini ...

Selesaikanlah soal cerita berikut ini!


1. Ibu membuat 115 kue lemper, 85 kue lapis, dan 75 kue donat. Berapa jumlah kue seluruhnya?
Jawaban:
115 kue lemper + 85 kue lapis + 75 kue donat
= 115 + 85 + 75
= 200 +75
= 275
Jadi, jumlah kue seluruhnya ada 275 potong.




Yukk Berlatih..
Pada Halaman 166, Mari sama -sama berdiskusi bersama kelompokmu masing masing....

Permainan Membuat Kelompok 
  Ayo berdiskusi.. 

Bersama Teman Kelompokmu ..
Yuk kita ciptaka hidup rukun di lingkungan  bersama  teman- teman .. 





Tetap Semangat Ananda Sholeh Sholeha😍


____selamat mengerjakan_____ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Jum'at 20 September 2024

       H ari / Tanggal                 : Jumat  20 September  2024 Kelas                                       :  1 A   Mapel               ...