Hari / Tanggal : Jum'at 19 Agustus 2022
Tema ( 1 ) : Hidup Rukun
Subtema (4 ) : Hidup Rukun Di Lingkungan
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
KD (kompetensi Dasar Pembelajaran )
· (PKN ) 3.1 Mengidentifikasi hubungan anatara simbol dan sisla-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila .
· (B. Indonesia ) 3.3 Merinci kalimat ajakan, perintah yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun.
·
( PJOK) 4.1
Tujuan Pembelajaran
· · Peserta didik mampu menunjukan prilaku di sekolah yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila dengan benar.
· Peserta didik mampu menyebutkan manfaat kalimat perintah dalam teks dalam bentuk kalimat sedrhana dengan bahasa yang santun.
· Peserta didik mampu mempraktikan gerak
berlari keberbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, riang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagao bentuk permainan sederhana.
Assalamualaikum wr.wb
Bismillahirahmanirahim ...
Semoga di pagi yang sangat cerah ini kalian sudah siap menerima materi pembelajaran yang akan ibu guru vina berikan yaa ..
Sebelum kita memulai pembelajaran, sebaiknya ananda sholeh sholehah semua sudah melaksanakan sholat dhuha setelah melakukan muroja'ah surat-surat pendek ya nak ...
Baik ananda sholeh sholehah 💗💕
Materi ajar Kamis 18 Agustus 202
" Tema ( 1 ) : Hidup Rukun
Subtema (4) : Hidup Rukun Di Lingkungan
Pembelajaran : 2
Marilah kita simak materi pembelajaran berikut ini👇👇👇
Pembelajaran 2✊❤
Manfaat Gotong Royong
Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan apabila kita menerapkan sikap tersebut ke dalam kehidupan bermasyarakat.
1. Supaya lingkungan disekitar kita bisa terlihat lebih bersih, nyaman, serta indah
2. Bisa terjalin rasa solidaritas di dalam lingkungan masyarakat
3. Agar hidup kita di masyarakat menjadi lebih baik dengan adanya gotong royong
4. Kegiatan atau aktivitas umum jadi lebih cepat selesai tanpa perlu mengeluarkan banyak dana dan kas RT/RW. Apabila berupa pembangunan fisik, tentu dengan adanya gotong royong akan sangat menghemat anggaran. Sebab, biaya yang tadinya untuk tenaga kerja akan berkurang karena kegiatan tersebut dilakukan secara gotong royong.
5. Dengan adanya gotong royong, persaudaraan dan kebersamaan antar warga akan semakin erat. Semua tetangga jadi mengenal tetangga yang lain, pejabat kenal dengan buruh, pedagang kenal dengan supir, yang kaya kenal dengan tetangga yang kurang mampu, dan lainnya.
6. Keamanan lingkungan sekitar rumah menjadi lebih aman, sebab semua warga sudah saling mengenal. Jadi jika nantinya ada orang yang mencurigakan masuk ke wilayah perumahan, maka para warga akan lebih mudah mendeteksi.
7. Kedamaian serta ketentraman hidup bermasyarakat akan lebih terasa, sebab semua warga sudah mengenal satu sama lain.
8. Sikap gotong royong tidak mengenal perbedaan. Sehingga saat akan dilakukan, semuanya terasa sama
Warga bersama-smaa bergotong royong membersihkan got. Sampah yang terangkut diletakan di pinggir jalan. Anak-anak ikut membantu memunggut sampah yang tercecer. Warga merasa senang lingkungan kembali bersih.
Perhatikan gambar berikut ini !
Jawaban: Berbuat baik kepada tetangga, tidak memusuhi tetangga. Saling bekerja sama untuk membersihkan lingkungan.
Tuliskan pada tabel berikut!
Jawaban:
Ketuhanan Yang Maha Esa
– Saling menghargai dan menghormati agama masing-masing.
– Tidak mengganggu orang lain saat beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing
Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
– Berbuat baik kepada tetangga, tidak memusuhi tetangga.
– Saling bekerja sama untuk membersihkan lingkungan.
Ayo Berlatih...
Lingkungan rumah Udin sudah bersih kembali. Anak-anak pun dapat bermain dengan nyaman. Lakukan gerakan-gerakan di bawah ini dengan percaya diri! Lakukan gerakan itu di bawah bimbingan gurumu!
>>> Halaman 155
Yukk sama- sama kita mengerjakan bersama kelompokmu..
Siswa berdiskusi teman kelompoknya mengenai kegiatan gotong royong di sekitar rumah. Ibu guru membuka cerita dengan mengemukakan pentingnya hidup bermasyarakat.
Permainan Membuat Kelompok Ayo berdiskusi..
Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan apabila kita menerapkan sikap tersebut ke dalam kehidupan bermasyarakat.
1. Supaya lingkungan disekitar kita bisa terlihat lebih bersih, nyaman, serta indah
2. Bisa terjalin rasa solidaritas di dalam lingkungan masyarakat
3. Agar hidup kita di masyarakat menjadi lebih baik dengan adanya gotong royong
4. Kegiatan atau aktivitas umum jadi lebih cepat selesai tanpa perlu mengeluarkan banyak dana dan kas RT/RW. Apabila berupa pembangunan fisik, tentu dengan adanya gotong royong akan sangat menghemat anggaran. Sebab, biaya yang tadinya untuk tenaga kerja akan berkurang karena kegiatan tersebut dilakukan secara gotong royong.
5. Dengan adanya gotong royong, persaudaraan dan kebersamaan antar warga akan semakin erat. Semua tetangga jadi mengenal tetangga yang lain, pejabat kenal dengan buruh, pedagang kenal dengan supir, yang kaya kenal dengan tetangga yang kurang mampu, dan lainnya.
6. Keamanan lingkungan sekitar rumah menjadi lebih aman, sebab semua warga sudah saling mengenal. Jadi jika nantinya ada orang yang mencurigakan masuk ke wilayah perumahan, maka para warga akan lebih mudah mendeteksi.
7. Kedamaian serta ketentraman hidup bermasyarakat akan lebih terasa, sebab semua warga sudah mengenal satu sama lain.
8. Sikap gotong royong tidak mengenal perbedaan. Sehingga saat akan dilakukan, semuanya terasa sama
Warga bersama-smaa bergotong royong membersihkan got. Sampah yang terangkut diletakan di pinggir jalan. Anak-anak ikut membantu memunggut sampah yang tercecer. Warga merasa senang lingkungan kembali bersih.
Perhatikan gambar berikut ini !
Jawaban: Berbuat baik kepada tetangga, tidak memusuhi tetangga. Saling bekerja sama untuk membersihkan lingkungan.
Tuliskan pada tabel berikut!
Jawaban:
Ketuhanan Yang Maha Esa
– Saling menghargai dan menghormati agama masing-masing.
– Tidak mengganggu orang lain saat beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing
Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
– Berbuat baik kepada tetangga, tidak memusuhi tetangga.
– Saling bekerja sama untuk membersihkan lingkungan.
Ayo Berlatih...
Lingkungan rumah Udin sudah bersih kembali. Anak-anak pun dapat bermain dengan nyaman. Lakukan gerakan-gerakan di bawah ini dengan percaya diri! Lakukan gerakan itu di bawah bimbingan gurumu!
>>> Halaman 155
Yukk sama- sama kita mengerjakan bersama kelompokmu..
Siswa berdiskusi teman kelompoknya mengenai kegiatan gotong royong di sekitar rumah. Ibu guru membuka cerita dengan mengemukakan pentingnya hidup bermasyarakat.
Tetap Semangat Ananda Sholeh Sholeha😍
👉👉👉👉 Selalu melaksanakan sholat 5 waktu
👉👉👉 sholat dhuha dan murojaah
👉👉👉 Selalu menjaga kesehatan
👉👉👉👉 Selalu melaksanakan sholat 5 waktu
👉👉👉 sholat dhuha dan murojaah
👉👉👉 Selalu menjaga kesehatan
____selamat mengerjakan_____
____selamat mengerjakan_____
Tidak ada komentar:
Posting Komentar