Kamis, 18 Agustus 2022

Materi Ajar Senin 15 Agustus 2022 " Tema 1 Hidup Rukun Subtema (4 ) Hidup Rukun Di Lingkungan PB.2 "

  


Hari / Tanggal             : Jum'at 19 Agustus 2022

Tema     ( 1 )                  : Hidup Rukun 

Subtema   (4 )               : Hidup Rukun Di  Lingkungan 

Pembelajaran               : 2

Alokasi Waktu             :  1 x Pertemuan 


KD (kompetensi Dasar Pembelajaran )

   ·         (PKN ) 3.1 Mengidentifikasi hubungan anatara simbol dan sisla-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila .

·         (B. Indonesia ) 3.3 Merinci kalimat ajakan, perintah yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun.

·         ( PJOK) 4.1

Mempraktikan variasi gerak dasar lokomotor sesuai degan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sedrhana atau tradisional

Tujuan Pembelajaran 

·    ·   Peserta didik mampu menunjukan prilaku di sekolah yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila dengan benar. 

·    Peserta didik mampu menyebutkan manfaat kalimat perintah dalam teks dalam bentuk kalimat sedrhana dengan bahasa yang santun.

·   Peserta didik mampu mempraktikan gerak berlari keberbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, riang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagao bentuk permainan sederhana.  

Assalamualaikum wr.wb

Bismillahirahmanirahim ...

Semoga di pagi yang sangat cerah ini kalian sudah siap menerima materi pembelajaran yang akan ibu guru vina berikan yaa .. 

Sebelum kita memulai pembelajaran, sebaiknya ananda sholeh sholehah semua sudah melaksanakan sholat dhuha setelah melakukan muroja'ah surat-surat pendek ya nak ...

Baik ananda sholeh sholehah 💗💕

Materi ajar  Kamis  18  Agustus 202

" Tema      ( 1 )              : Hidup Rukun 

Subtema     (4)               Hidup Rukun Di  Lingkungan 

Pembelajaran                 : 2

Marilah kita simak materi pembelajaran berikut ini👇👇👇

Pembelajaran 2✊❤

SEBELUM MELAKSANAKAN TUGAS DARI BUGURU KALIAN WAJIB MENONTON VIDEO PEMBELAJARAN DIBAWAH INI YA NAK, AGAR KALIAN BISA MENGERJAKAN TUGAS DARI BUGURU... SELAMAT MENYAKSIKAN..

PEMBELAJARAN 2
    
    Percakapan adalah komunikasi interaktif antara dua orang atau lebih..
Berikut  ini adalah percakapan antara Edo, Udin, dan Badu. Mari kita simak yukk...

    Dalam teks percakapan tersebut ada beberapa manfaat dari gotong royong .
Mari kita simak yukk ....

Manfaat Gotong Royong

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan apabila kita menerapkan sikap tersebut ke dalam kehidupan bermasyarakat.

1. Supaya lingkungan disekitar kita bisa terlihat lebih bersih, nyaman, serta indah

2. Bisa terjalin rasa solidaritas di dalam lingkungan masyarakat

3. Agar hidup kita di masyarakat menjadi lebih baik dengan adanya gotong royong

4. Kegiatan atau aktivitas umum jadi lebih cepat selesai tanpa perlu mengeluarkan banyak dana dan kas RT/RW. Apabila berupa pembangunan fisik, tentu dengan adanya gotong royong akan sangat menghemat anggaran. Sebab, biaya yang tadinya untuk tenaga kerja akan berkurang karena kegiatan tersebut dilakukan secara gotong royong.

5. Dengan adanya gotong royong, persaudaraan dan kebersamaan antar warga akan semakin erat. Semua tetangga jadi mengenal tetangga yang lain, pejabat kenal dengan buruh, pedagang kenal dengan supir, yang kaya kenal dengan tetangga yang kurang mampu, dan lainnya.

6. Keamanan lingkungan sekitar rumah menjadi lebih aman, sebab semua warga sudah saling mengenal. Jadi jika nantinya ada orang yang mencurigakan masuk ke wilayah perumahan, maka para warga akan lebih mudah mendeteksi.

7. Kedamaian serta ketentraman hidup bermasyarakat akan lebih terasa, sebab semua warga sudah mengenal satu sama lain.

8. Sikap gotong royong tidak mengenal perbedaan. Sehingga saat akan dilakukan, semuanya terasa sama

        Warga bersama-smaa bergotong royong membersihkan got. Sampah yang terangkut diletakan di pinggir jalan. Anak-anak ikut membantu memunggut sampah yang tercecer. Warga merasa senang lingkungan kembali bersih. 

Perhatikan gambar berikut ini !


Jawaban: Berbuat baik kepada tetangga, tidak memusuhi tetangga. Saling bekerja sama untuk membersihkan lingkungan.

Tuliskan pada tabel berikut!

Jawaban:
Ketuhanan Yang Maha Esa
– Saling menghargai dan menghormati agama masing-masing.
– Tidak mengganggu orang lain saat beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing

Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
– Berbuat baik kepada tetangga, tidak memusuhi tetangga.
– Saling bekerja sama untuk membersihkan lingkungan.

Ayo Berlatih...

Lingkungan rumah Udin sudah bersih kembali. Anak-anak pun dapat bermain dengan nyaman. Lakukan gerakan-gerakan di bawah ini dengan percaya diri! Lakukan gerakan itu di bawah bimbingan gurumu!

Lakukan gerakan-gerakan di bawah ini dengan percaya diri
Lakukan gerakan-gerakan di bawah ini dengan percaya diri  .Setelah melakukan gerakan-gerakan di atas, mari melakukan permainan berikut.

>>> Halaman 155

Kamu dapat melanjutkan kegiatan dengan permainan tapak gunung.

Yukk sama- sama kita mengerjakan bersama kelompokmu..

    Siswa berdiskusi teman kelompoknya  mengenai kegiatan gotong royong di sekitar rumah. Ibu guru membuka cerita dengan mengemukakan pentingnya hidup bermasyarakat.

Permainan Membuat Kelompok 
  Ayo berdiskusi.. 

Bersama Teman Kelompokmu ..
Yuk kita ciptaka hidup rukun di lingkungan  bersama  teman- teman .. 





Tetap Semangat Ananda Sholeh Sholeha😍


____selamat mengerjakan_____ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Jum'at 20 September 2024

       H ari / Tanggal                 : Jumat  20 September  2024 Kelas                                       :  1 A   Mapel               ...