Rabu, 24 Agustus 2022

Materi Ajar Kamis 25 Agustus 2022 " Tema 1 Hidup Rukun Subtema (4 ) Hidup Rukun Di Lingkungan PB. 6 "

 


Hari / Tanggal             : Kamis 25  Agustus 2022

Tema     ( 1 )                  : Hidup Rukun 

Subtema   (4 )               : Hidup Rukun Di  Lingkungan 

Pembelajaran               : 6

Alokasi Waktu             :  1 x Pertemuan 


KD (kompetensi Dasar Pembelajaran )

·         (B. Indonesia ) 3.1 Merinci kalimat ajakan, perintah yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun.

·         (PKN) 2.1

Bersikap bekerjasama, disipin, dan peduli sesuai –sila Pancasila dalam lamabang negara “ Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari. 

·         ( Matematika )  4.3 Menyelesaikan masalah dan penguragan bilangan yang melibatkan bilangan 999 dalam kehidupan  sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.  

 

Tujuan Pembelajaran 

·         Peserta didik mampu menyebutkan manfaat kalimat perintah dalam teks dalam bentuk kalimat sedrhana dengan bahasa yang santun

·         Peserta didik mampu menunuukan contoh prilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila keempat Pancasila dengan benar. 

·         Peserta didik mampu melakukkan penjumlahan dan pengurangan dua bilangan dengan teknik penyimpanan dengan cara panajang dan pendek.

 

· 

Assalamualaikum wr.wb

Bismillahirahmanirahim ...

Semoga di pagi yang sangat cerah ini kalian sudah siap menerima materi pembelajaran yang akan ibu guru vina berikan yaa .. 

Sebelum kita memulai pembelajaran, sebaiknya ananda sholeh sholehah semua sudah melaksanakan sholat dhuha setelah melakukan m uroja'ah surat-surat pendek ya nak ...

Baik ananda sholeh sholehah 💗💕

Materi ajar Kamis 25  Agustus 202

" Tema      ( 1 )              : Hidup Rukun 

Subtema     (4)               Hidup Rukun Di  Lingkungan 

Pembelajaran                 : 6

Marilah kita simak materi pembelajaran berikut ini👇👇👇

Pembelajaran 6✊❤

        Anak-anak jadi pada kesempatan pertemuan kali ini kita akan belajar tentang Tema  1  " Hidup Rukun" Sub Tema 4 " Hidup Rukun Di Lingkungan"  Pembelajaran 5
# Ada yang tahu apa itu Hidup Rukun Di Lingkungan ?
    

Hidup rukun di lingkungan masyarakat

    Ikut kerja bakti di lingkungan sekitar tempat tinggal. Menyapa tetangga saat bertemu. Menghormati tetangga yang lebih tua. Mau bermain dengan teman-teman di sekitar rumah, tanpa membeda-bedakan.


Ananda Sholeh sholeha mari Kita simak Pembelajaran Hari ini ....     
    
    Sebelum Melaksanakan Tugas  hari ini kemarin kita sudah membahas tentang  pembelajaran ke 5 tentang :"Warga lingkungan rumah Udin akan berolahraga bersama. Mereka berkumpul di tempat terbuka. Udin dan Edo juga ikut. 

Perhatikan gerak yang dilakukkan Udin.

    Gerakan lokomotor sendiri merupakan gerakan berpindah tempat, di mana pada suatu bagian tubuh tertentu berpindah atau bergerak. Misalnya saja pada gerakan melompat, berjalan, berlari, dan memanjat.  .  hari ini kita akan masuk pada pembelajaran ke -6  mari  kita simak yukk...  

 SEBELUM MELAKSANAKAN TUGAS DARI BUGURU KALIAN WAJIB MENONTON VIDEO PEMBELAJARAN DIBAWAH INI YA NAK, AGAR KALIAN BISA MENGERJAKAN TUGAS DARI BUGURU... SELAMAT MENYAKSIKAN..
Pembelajaran ke 6

    .
 
    Mari kita simak yukkk ...

   Pada dasarnya, kalimat penolakan merupakan sebuah kalimat yang diungkapkan dengan tujuan untuk menolak sebuah ide, pendapat, maupun gagasan yang dilontarkan oleh orang lain. Tidak hanya membantah atau menolak saja, tetapi kamu juga perlu untuk menyampaikannya secara sopan dan baik.



Ketiak menolak permintaan orang lain, kita harus mengucapkana dengan  sopan . Kerukunan akan terjaga bila kita bertutur kata dengan   baik. Pernahkah kamu mendengarkan dongeng tentang menolak permintaan seseoarang ?

Berikut ini contoh kalimat Penolakan 
  1. Terima kasih sudah mengajak, tetapi sayangnya nanti saya memiliki beberapa pekerjaan yang perlu untuk segera diselesaikan.
  2. Maaf, tetapi akan lebih baik jika perginya ditunda saja dahulu.
  3. Terima kasih tawarannya, kebetulan saya sendiri sudah makan tadi.
Ayo Mengamati




                      Kisah Jeje Si Jerapah
Simaklah video berikut ini .. 


    Pada suatu hari kakek jerapah meminta tolong pada Jeje dan Jojo. Kakek jerapah minta tolong diambilkan daun segar.

    Namun, Jeje menolak, “ Tidak mau, Kek. Saya sedang repot.” Jojo dengan sekuat tenaga mengambil daun segar untuk kakek jerapah.

    Suatu hari, Jeje mendapat kesulitan. Jeje jatuh, kakinya terjepit bebatuan. Teman-teman hewan lain tidak tega melihat Jeje kesulitan. Mereka menolong Jeje.

Akhirnya, Jeje sadar bahwa saling menolong antar teman itu penting.


    Dalam dongeng terdapat sikap gotong royong. Selain itu, terdapat sikap adil dalam menolong orang lain. Sikap tersebut sesuai dengan pengalaman sila keempat dan kelima Pancasila. 

 Mari kit hubungkan gambar pengalaman sila Pancasila dengan sila Pancasila yang sesuai !



  Yukk kita selesaikann ...    
Contoh :

193 + 117 – 200

Kakak mempunyai 193 tangkai bunga mawar dan 117 tangkai bunga matahari. Karena ada perlombaan menghias, kakak menggunakan 200 tangkai bunga. Berapa sisa tangkai bunga yang dimiliki kakak?

Jawaban: 110 tangkai bunga



   Mari sama -sama berdiskusi bersama kelompokmu masing masing....Untuk menyelesaikan latihan soal pada halaman 179

Permainan Membuat Kelompok 
  Ayo berdiskusi.. 

Bersama Teman Kelompokmu ..
Yuk kita ciptaka hidup rukun di lingkungan  bersama  teman- teman .. 








Tetap Semangat Ananda Sholeh Sholeha😍


____selamat mengerjakan_____ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Jum'at 20 September 2024

       H ari / Tanggal                 : Jumat  20 September  2024 Kelas                                       :  1 A   Mapel               ...