Hari / Tanggal = Selasa 15 November 2022
Tema ( 4 ) :Hidup Bersih dan Sehat
Subtema (3) : Hidup Bersih dan Sehat di Tempat BermainPembelajaran : 1 dan 2
KD (kompetensi Dasar Pembelajaran
Pembelajarann 1
· (Bahasa Indonesia 4.4) Menyajikan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual..
· ( SBDP 4.1 )
Membuat karya gambar imajinatif dua dan tiga dimensi.
·
(Matematika
4.9) Mengidentifikasi ruas garis
dengan menggunakan bangun
datar dan bangun ruang.
Pembelajaran 2
· (Bahasa Indonesia 4.4)
Menyajikan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
· (PPKN 1.4)
Menerima sikap sesuai dengan makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah..
· (PJOK 3.4)
Memahami prosedur bergerak secara seimbang, lentur, dan kuat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
Tujuan Pembelajaran :
Pe,mbelajaran 1
· · Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar
·
Melalui
tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah menggambar imajinatif dengan bena
· · Dengan mengamati berbagai bentuk bangun ruang, siswa dapat menentukan ruas garis yang membatasi model bangun ruang dengan benar.
Pembellajaran 2
· · Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
· · Dengan mengamati contoh yang diperagakan guru, siswa dapat menjelaskan prosedur gerak kelenturan tubuh dominan bagian atas dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainann sederhana dan atau tradisional dengan benar.
·Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman di tempat bermain sekitar rumah dengan tepat.
· 1. Sapaan
Assalamualaikum wr.wb
Bismillahirahmanirahim ...
Tabik pu ..
How are you today ? semoga selalu diberikan kesehatan dan kesempatan belajar sehingga ilmunya barokah.
2. Apersepsi
Ananda sholeh sholeha, masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas pada hari selsa kemarin ,
kita sudah membahas materi tema 4 subtema 2 pb 5 dan 6 diantaranya tentang Hidup bersih dan sehat tidak hanya di rumah. Kita juga harus hidup bersih dan sehat di sekolah.
Kebersihan sekolah menjadi tanggung jawab semua warga sekolah.
3. Materi ajar & Ringkasan Materi Pemebelajaran
Yukk kita simak penjelasan materi tema 4 subtema 3 pb 1 dan 2
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
1
Dayu dan teman-teman mendapat tugas sekolah.
Mereka ditugaskan menggambar lingkungan dan
benda-benda di sekitar.
Dayu dan teman-teman sepakat mengerjakan
bersama.
Mereka menggambar di taman sekitar kompleks.
Taman tidak jauh dari rumah Dayu.
Tempat bermain merupakan salah satu
tempat yang kita butuhkan. Di sana kita bisa
bermain dengan teman-teman. Tempat bermain
juga bisa dijadikan tempat belajar dan rekreasi.
Oleh sebab itu, kebersihannya harus kita jaga
dengan baik.
Tempat bermain yang bersih bebas
dari sampah. Jika tempat bermain bersih,
pengunjung akan sehat. Kebersihan adalah
pangkal kesehatan. Oleh sebab itu, jika ingin
sehat, kita harus menciptakan lingkungan yang
bersih.
Amtilah gambar di samping. Pada gambar disamping telihat taman yang bersih. Pohon yang rindang. Anak-anak senang bermain ditaman. Ino dan teman teman nyaman berrmain, mereka terlhat riang gembira.
Tamna termasuk tempat umum.kebersihan tempat umun menjadi tanggung jawab kita bersama. Jika tempat umum bersih, kitamenjadi nyaman bermain. Jika tempat umum itu kotor, tumpukan sampah akan menjadi sarang kuman penyakit, dan bau tak sedap.
Latihan soal
Siapakah yang bertanggung jawab menjaga kebesihan tempat umum…..
Apa yang kamu lakukan jika ada anak yang mengotori taman….
Mereka membuat karya dua dimensi.
Contoh karya dua dimensi adalah gambar atau
lukisan
membuat gambar atau lukisan?
Perhatikan gambar di bawah dengan teliti!
Alat dan Bahan
sekitarmu.
Perhatikan contoh gambar Dayu di bawah!
6
4
1 2 3
Karya dua dimensi
Karya seni dua dimensiadalah gambar yang menekankan pada unsur bentuk garis dan anpa mengunakan ekspresi. Contoh karya dua dimensi Adalah:
Gambar
Lukisan
Seni grafis
Seni fotografi
Seni kaligrafi
Poster.
Latihan soal
Buatlah karya dua dimensi pada buku gambar mu!
Kamu bisa menggambar sesuai dengan keinginanmu!
Perhatikan kembali gambar Dayu.
Dayu menggambar jenjang dari kubus yang tersusun.
Kubus merupakan contoh bangun ruang.
Rusuk pada bangun ruang
Bangun ruang banyak kita temukan dalam kehidupan sehari hari. Contohnya kemasan coklat berbentuk balok. Balo merupakan bentuk bangun ruang.
Balok di samping di betuk oleh beberapa ruas garis (sisi), yaitu ruas garis AB, BC, CD, AD, EF, FG, GH, HE, FB,GC,HD, AE.
Bangun Prisma segitiga memiliki 9 ruas garis (sisi), yaitu sisi AB, BC, CA, AD, EB, FC,FE,FD, DE.
Bangun limas segitiga ada 6 ruas garis (sisi) yaitu sisi, AB, BC, CA, DA, DC, DB.
Pembelajaran
2
Tempat yang Bersih,
Aman untuk Bermain
Tempat bermain harus bersih agar aman
untuk bermain. Sampah, genangan air,
dan kotoran harus dibuang karena dapat
mendatangkan penyakit. Genangan air akan
menjadi sarang nyamuk yang dapat menggigit
manusia. Gigitan nyamuk tertentu dapat
mengakibatkan penyakit demam berdarah.
Keselamatan bermain juga dipengaruhi
kebersihan lingkungan. Pecahan kaca dan
kerikil yang berserakan harus dibuang. Jika
terkena dapat mengakibatkan cidera. Oleh
sebab itu, jika ingin bermain aman, kebersihan
lingkungan harus diperhatikan. Tempat yang
bersih, membuat bermain menjadi aman dan
nyaman.
Contoh Kosakata tentang lingkungan
Anak – anak berkumpul dilapangan depan sekolah. Lapangan itu ditumbuhi
rumput yang subu. Lapangan itu terawat dengan baik. Rumput di siram dan
di rawat dengan baik. Jika tidak dirawat, rumput akan banyak yang mati
karena di injak anak anak saat bermain. Lintasan laridisiram dengan air
agar debu tidak beterbangan. Debu dapat mengganggu pernapasan.
Bermain sepak bola ada caranya.
Sebelum bermain harus melakukan pemanasan.
Salah satu bentuk pemanasan adalah dengan
melenturkan tubuh.
Melenturkan tubuh berguna untuk menghindari
cidera saat bermain.
Tentu kamu masih ingat bagaimana cara melenturkan
tubuh.
Gerakan melenturkan tubuh dapat dilakukan dalam
bentuk permainan.
Misalnya saja mengoper bola dari depan ke belakang
Cara melakukannya:
1. Bagilah temanmu menjadi beberapa kelompok!
2. Semua anggota kelompok baris berbanjar.
3. Berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu.
4. Anggota terdepan memegang bola dengan kedua
tangan.
5. Operkan bola lewat atas kepala dari depan
sampai ke belakang.
6. Lakukan perlombaan dengan kelompok lain.
7. Kelompok yang paling cepat mengoper bola
sampai ke belakang adalah pemenangnya.
Permainan mengoper bola dari depan ke belakang
membutuhkan kerja sama yang baik.
Sikap kerja sama yang baik pantas untuk ditiru.
Kerja sama merupakan perwujudan sikap persatuan
Bersatu dalam keberagaman
Kerjasama bisa dilakukan dalam hal apapun, saat bermain, saat
membersihkan lingkungan dan lainnya. Manfaat kerjasama antara lain:
Dapat mempererat persaudaraan
Pekerjaan menjadi ringan
Pekerjaan menjadi cepat selesaiaan menjadi ringan
Pekerjaan menjadi cepat selesai
5. Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu dan jangan lupa bersodaqoh., Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari Selasa 16 November 2022 kita yaitu Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 3 dan 4.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar