Hari / Tanggal + Kamis 03 November 2022
Tema ( 3 ) :Tugasku Sehari Hari
Pembelajaran : 3 dan 4
KD (kompetensi Dasar Pembelajaran
· Pembelajaran 3
· (PPKN 3.3) Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristiK individu di sekolah..
· (B. Indonesia 3.3) Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
· ( Matematika4.5)
Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang.
· Pembelajaran 4
(PPKN 2.1) Bersikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai dengan silasila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan Pembelajaran :
PB 3
· Dengan mengamati gambar dan mendengarkan dongeng Gagak Sang Pembohong, siswa dapat mengenal individu berdasarkan perbuatannya.
· Dengan mendengarkan dongeng, siswa mampu memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan sosial di sekolah
· Dengan mengamati gambar dan teks yang disajikan, siswa dapat menentukan pecahan uang sesuai harga barang.
PB4
· * Dengan mengamati gambar dan isi teks yang disajikan, siswa mampu
memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan sosial di sekolah.
*Dengan mengamati isi teks dan penugasan guru, siswa memahami
perbedaan individu di sekolah berdasarkan suku/asal daerahnya.
*Dengan mengamati isi teks yang disajikan dan penjelasan guru, siswa
dapat menyebutkan kesetaraan beberapa nilai pecahan uang.
·
Assalamualaikum wr.wb
Bismillahirahmanirahim ...
Tabik pu ..
How are you today ? semoga selalu diberikan kesehatan dan kesempatan belajar sehingga ilmunya barokah.
2. Apersepsi
Ananda sholeh sholeha, masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas pada hari selsa kemarin ,
kita sudah membahas materi tema
3 subtema 4 pb 1 dan 2 diantaranya tentangegiatan saling tolong menolong tidak memandang atau membedakan adanya
ras, suku, bangsa, agama, keturunan, status sosial, dan pendidikan
manusia. Semakin banyak orang yang berbuat baik dengan saling menolong
sesama, akan rukun dan bermanfaat pula dalam kehidupannya serta
kehidupan orang lain. Tolong menolong pada hakikatnya merupakan hak dan
kewajiban setiap manusia kepada manusia lain.
3. Materi ajar & Ringkasan Materi Pemebelajaran
Yukk kita simak penjelasan materi tema 3 subtema 4 pb 3 dan 4
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
3
Kemarin, Siti dan teman-teman bermain bersama. Mereka membentuk kelompok putra dan putri.
Ayo Berlatih!
Isilah petak-petak di bawah! Mendatar adalah siswa perempuan. Menurun adalah siswa laki-laki.
Ayo Berdiskusi!
Diskusikan dengan temanmu, bagaimana sebaiknya sikapmu kepada teman yang berbeda jenis kelamin! Sampaikan hasil diskusimu di depan kelas! Lakukan dengan percaya diri!
Sampaikan hasil diskusimu di depan kelas! Lakukan dengan percaya diri! Hari ini, ibu guru memberikan pengumuman.
Besok, sekolah Siti akan mengadakan upacara.
Upacara tersebut dalam rangka Hari Sumpah
Pemuda.
Upacara akan dihadiri oleh perangkat desa dan
masyarakat. Setelah upacara, akan diadakan bakti
sosial.
Bakti sosial tujuannya memberi bantuan untuk
masyarakat yang kurang mampu.
Siti dan teman-teman juga menyiapkan bingkisan.
Mereka membelikan buku, penghapus, pensil, dan
alat tulis lain.
Berikut barang-barang yang akan mereka
sumbangkan.
Ayo Berlatih!
Perhatikan harga barang-barang tersebut! Siti dan teman-teman ingin membeli barang di atas sesuai dengan uangnya!
1. Siti memiliki uang Rp5.000,. Kira-kira barang apa yang dapat ia beli? Jawaban :
Nama Barang | Banyak | Harga | Jumlah harga |
Pensil | 1 | Rp500 | Rp500 |
Penghapus | 1 | Rp500 | Rp500 |
Buku | 1 | Rp2.000 | Rp2.000 |
Tip-x | 1 | Rp2.000 | Rp2.000 |
Total | Rp5.000 |
2. Edo memiliki 2 keping uang lima ratusan dan 2 lembar uang seribuan. Barang apa yang dapat ia beli?
Nama Barang | Banyak | Harga | Jumlah harga |
Pensil | 1 | Rp500 | Rp500 |
Penghapus | 1 | Rp500 | Rp500 |
Buku | 1 | Rp2.000 | Rp2.000 |
Total | Rp3.000 |
3. Beni memiliki 1 lembar uang dua ribuan dan 2 keping uang seribuan. Barang apa yang dapat ia beli?
Nama Barang | Banyak | Harga | Jumlah harga |
Pensil | 1 | Rp500 | Rp500 |
Penghapus | 1 | Rp500 | Rp500 |
Penggaris | 1 | Rp1.000 | Rp1.000 |
Buku | 1 | Rp2.000 | Rp2.000 |
Total | Rp4.000 |
4. Leni memiliki 10 keping uang dua ratusan dan 1 lembar uang dua ribuan. Barang apa yang dapat ia beli?
Nama Barang | Banyak | Harga | Jumlah harga |
Pensil | 1 | Rp500 | Rp500 |
Penghapus | 1 | Rp500 | Rp500 |
Penggaris | 1 | Rp1.000 | Rp1.000 |
Buku | 1 | Rp2.000 | Rp2.000 |
Total | Rp4.000 |
Yukk kita simak penjelasan materi tema 3 subtema 4 pb 2
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
4
Ayo Mengamati!
Upacara Hari Sumpah Pemuda
Upacara berlangsung khidmat. Upacara diikuti seluruh siswa dan guru. Pembina upacara memberi pengarahan. Pembina upacara berpesan agar siswa terus rajin belajar. Seluruh siswa harus bersatu membangun bangsa. Kemudian ada petugas yang membacakan naskah Sumpah Pemuda.
Ayo Membaca! Ayo, membaca teks Sumpah Pemuda dengan percaya diri!
Ayo Berlatih!
Pilihlah kata berikut yang memiliki arti sama! Berilah tanda centang pada jawaban yang tepat!
Mengenal Perbedaan Suku
Indonesia dikenal kaya akan berbagai suku bangsa. Ada suku Jawa, Sunda, Batak, Dayak, dan Bali. Suku Jawa berasal dari Jawa. Suku Sunda berasal dari Jawa Barat. Suku Batak berasal dari Sumatra Utara. Suku Dayak berasal dari Kalimantan. Suku Bali berasal dari Bali. Masih banyak suku-suku lain yang terdapat di Indonesia.
Siti berasal dari Jawa. Beni berasal dari Sumatra Utara. Dayu berasal dari Bali. Leni berasal dari Kalimantan. Edo berasal dari Papua.
Pasangkan nama-nama siswa berikut sesuai dengan sukunya! Jawaban :
ekarang tuliskan suku atau daerah asal 10 temanmu! Contoh jawaban :
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ayo Berdiskusi! Diskusikan dengan temanmu, bagaimana sebaiknya sikapmu kepada teman yang berbeda suku atau daerah asal dalam kelompok! Sampaikan hasil diskusimu di depan kelas! Contoh hasil diskusi : Sikap kita harus saling menghargai dan tidak membeda-bedakan teman, karena walaupun berbeda suku tetap satu jua. Harus menghargai dan menghormatinya. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Setelah upacara selesai kegiatan dilanjutkan pemberian sumbangan. Selain barang, ternyata ada yang memberikan uang. Uang tersebut dalam berbagai pecahan. Ayo Berlatih! Tuliskan beberapa pecahan uang yang jika digabungkan akan memiliki jumlah yang sama dengan uang berikut! 1. Siti membeli pensil warna seharga Rp4.000,00. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kerja sama adalah suatu usaha bersama antara individu atau kelompok sosial untuk mencapai tujuan bersama. Kerja sama dilakukan sejak manusia berinteraksi saling tolong menolong tidak memandang atau membedakan adanya ras, suku, bangsa, agama, keturunan, status sosial, dan pendidikan manusia. Semakin banyak orang yang berbuat baik dengan saling menolong sesama, akan rukun dan bermanfaat pula dalam kehidupannya serta kehidupan orang lain. Tolong menolong pada hakikatnya merupakan hak dan kewajiban setiap manusia kepada manusia lain. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
5. Penutup
. Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu dan jangan lupa bersodaqoh., Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari jumat 03 NOVEMBER 2022 kita yaitu Tema 3 Subtema 4 Pembelajaran 5 DAN 6
Tidak ada komentar:
Posting Komentar