Hari / Tanggal = Jum'at 11 November 2022
Tema ( 4 ) :Hidup Bersih dan Sehat
Subtema (2) : Hidup Bersih dan Sehat di SekolahPembelajaran : 3 dan 4
KD (kompetensi Dasar Pembelajaran
Pembelajaran 3
· (Bahasa Indonesia 4.4)
Menyajikan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
· (Matematika 3.10)
Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.
· (SBDP 3.3)
Memahami gerak keseharian dalam tari.
· Pembelajaran 4
· ( Bahasa Indonesia 4.4)
Menyajikan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual
· (Matematika 3.11)
Menjelaskan pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan model konkret..
( SBDP3.3)
Memahami gerak keseharian dalam tari.Tujauan Pembelajaran
Pembelajaran 3
·
·
Melalui
tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan
berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan
(dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman) secara tepat.
·
Dengan
mengamati contoh gerakan, siswa dapat mengidentifikasi
koordinasi gerak dengan benar.
·
Melalui
tanya jawab, siswa dapat mengelompokan bangun datar
berdasar banyak sisi, sudut, dan titik sudut dengan benar.
Pembelajaran 4
·
Melalui
mengamati gambar dan lingkngan sekitar, siswa dapat
menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat
menggunakan ejaan yang tepat
Melalui tanya jawab, siswa dapat mengelompokan bangun datar berdasar banyak sisi, sudut, dan titik sudut dengan benar.
d Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan koordinasi
gerak kepala, tangan, dan kaki dengan pola lantai dan iringan secara
benar.
Pembelajaran 4
·
Assalamualaikum wr.wb
Bismillahirahmanirahim ...
Tabik pu ..
How are you today ? semoga selalu diberikan kesehatan dan kesempatan belajar sehingga ilmunya barokah.
2. Apersepsi
Ananda sholeh sholeha, masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas pada hari selsa kemarin ,
kita sudah membahas materi tema 4 subtema 2 pb 1 dan 2 diantaranya tentang Hidup bersih dan sehat tidak hanya di rumah. Kita juga harus hidup bersih dan sehat di sekolah.
Kebersihan sekolah menjadi tanggung jawab semua warga sekolah.
3. Materi ajar & Ringkasan Materi Pemebelajaran
Yukk kita simak penjelasan materi tema 4 subtema 2 pb 3 dan 4
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
3
Dayu dan teman-teman belajar tentang ruang kelas
yang tidak bersih.
Ayo Berlatih!
Jawablah pertanyaan berikut dari teks percakapan!
1. Apa isi percakapan guru, Dayu, dan temanteman?
2. Bagaimana ciri-ciri kelas yang tidak bersih?
3. Bagaimana pendapatmu tentang isi percakapan guru, Dayu, dan teman-teman?
4. Apa yang harus kamu lakukan jika melihat kelas kotor?
5. Bagaimana sikapmu jika melihat teman membuang sampah di ruang kelas?
Jawaban:
1. Isi percakapan diatas membicarakan tentang Kelas yang tidak bersih.
2. Ciri-cirinya terdapat banyak sampah yang berserakan.
3. Setuju, untuk membersihkan kelas yag kotor.
4. Saya akan Membersihkannya.
5. Saya akan menegurnya agar ia menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.
Ayo Berdiskusi!
Isilah teka-teki silang berikut dengan benar!
Mendatar:
1. Binatang amat kecil yang menyebabkan penyakit.
Menurun:
1. Tidak mengandung air.
2. Mengandung air.
Ayo Membaca! Bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Kelas yang Tidak Bersih
Menjadi Sarang Penyakit
Informasi apa yang kamu peroleh dari teks di atas?
Ayo Mengamati!
Kelas yang tidak bersih harus dibersihkan. Kelas harus disapu agar tidak ada debu yang menempel. Gerakan menyapu dapat membentuk gerakan tari. Masih ingatkah kamu gerakan menyapu lantai dalam bentuk tari?
Ayo Mencoba!
Sebelumnya kamu sudah melakukan gerakan menyapu lantai dalam bentuk tari diiringi alat musik.
Sekarang, lakukan gerakan menyapu lantai dalam bentuk tari dengan hitungan. Misalnya saja 2 x delapan selang-seling dengan arah yang berbeda.
Jika sudah bisa, iringi kembali dengan alat musik. Misalnya saja gendang, rebana, tamborin, atau tifa. Jika alat musik di atas tidak ada, dapat digunakan benda-benda di sekitar kelasmu. Misalnya saja botol plastik bekas.
Ayo Mengamati!
Coba amati kembali gambar alat musik tifa. Permukaan dinding tifa membentuk pola bangun datar berbentuk segitiga dan segi empat.
Segitiga dan segi empat merupakan contoh bangun datar. Tahukah kamu contoh bangun datar yang lain? Amati gambar di bawah dengan teliti!
Berapa banyak sisi, sudut, dan titik sudut bangun datar di atas?
Pembelajaran 2
sekolah yang tidak bersih.
Sampah-sampah yang berserakan harus disapu.
Masih ingatkah kamu dengan tari gerakan menyapu
lantai?
Dua atau lebih bangun datar dapat disusun susunan
membentuk pola tertentu.
Kebersihan sekolah bukan tugas penjaga sekolah saja. Kerbersihan sekolah merupakan tanggung jawab seluruh warga sekolah. Jika ada yang membuang sampah sembarangan. Lingkungan sekolah menjadi kotor dan tidak rapi. Keindahan sekolahpun kurang terjaga. Harusnya kita malu jika pekarangan sekolah kotor. Oleh sebab itu, mulai sekarang mari kita menjaga kebersihan sekolah dengan baik. Halaman sekolah yang ditanami bunga-bunga membuat lingkungan menjadi indah. Gerak pertumbuhan bunga juga dapat dijadikan ide menari. Lakukanlah gerak tari pertumbuhan bunga dengan iringan lagu daerah Bungong Jeumpa dari Aceh atau Kambanglah Bungo dari Sumatera Barat. Dua atau lebih bangun datar dapat disusun susunan
membentuk pola tertentu.
5. Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu dan jangan lupa bersodaqoh., Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari Senin 13 November 2022 kita yaitu Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 5 dan 6.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar