Hari / Tanggal + Rabu 02 November 2022
Tema ( 3 ) :Tugasku Sehari Hari
Pembelajaran :1 dan 2
KD (kompetensi Dasar Pembelajaran
· Pembelajaran 1
· (PPKN 2.1)
Bersikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai dengan silasila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
· (B. Indonesia 3.3)
Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
· ( SBDP 4.4)
Membuat hiasan dari bahan alam dan buatan.
· Pembelajaran 2
· (PPKN 3.3)
Mengidentifikasi jenis jeniskeberagaman karakteristik individu di sekolah..
· (Bahasa Indonesia 3.3)
Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan
· ( PJOK 3.3)
Memahami variasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha,
dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
Tujuan Pembelajaran :
pb 1
· Dengan mengamati cerita yang disajikan, siswa mampu memahami isi teks berkaitan kehidupan sosial.
· Dengan teks yang disajikan, siswa mampu menaksir harga barang dengan sekelompok pecahan uang yang setara.
Dengan teks yang disajikan, siswa mampu membuat prakarya dari bahan alam. PB 2
· Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat mengelompokkan perbedaan individu berdasarkan jenis kelamin di sekolah.
· Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat memahami isi teks tentang kehidupan sosial.
· Dengan mencermati gambar anak-anak bermain bola dan isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat memahami gerakan menendang, melempar, dan menangkap bola
·
Assalamualaikum wr.wb
Bismillahirahmanirahim ...
Tabik pu ..
How are you today ? semoga selalu diberikan kesehatan dan kesempatan belajar sehingga ilmunya barokah.
2. Apersepsi
Ananda sholeh sholeha, masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas pada hari selsa kemarin , kita sudah membahas materi tema 3 subtema 3 pb 6 diantaranya tentang
Kegiatan saling tolong menolong tidak memandang atau membedakan adanya ras, suku, bangsa, agama, keturunan, status sosial, dan pendidikan manusia. Semakin banyak orang yang berbuat baik dengan saling menolong sesama, akan rukun dan bermanfaat pula dalam kehidupannya serta kehidupan orang lain. Tolong menolong pada hakikatnya merupakan hak dan kewajiban setiap manusia kepada manusia lain .Seperti contoh kita menjenguk teman kita yang sedang sakit .
3. Materi ajar & Ringkasan Materi Pemebelajaran
Yukk kita simak penjelasan materi tema 3 subtema 4 pb 1 dan 2
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
1
Siswa kelas 2 rajin belajar.
Mereka sering belajar kelompok.
Ibu guru membimbing siswa dalam kerja kelompok.
Semua siswa menghormati guru. Semua guru
menyayangi siswa.
Selama kerja kelompok, antarsiswa saling bekerja
sama.
Menghormati guru dan menyayangi teman adalah
tugas siswa.
Bacalah percakapan di atas dengan beberapa temanmu. Bagilah tugas untuk berperan sebagai Si Anak, Si Ulat, dan Si Semut serta seorang siswa sebagai narator!
Ayo Mengamati! Bacalah teks drama berikut dengan saksama!
Si Ulat & Si Semut
Oleh: Agung Hastomo
(Suatu ketika, Si Ulat menemukan buah apel manisdi ranting pohon yang tidak begitu tinggi)
Si Ulat : Waaah…apel! hmm nyam-nyam pasti rasanya manis, coba aaahh … (Si Ulat bersiap menyantap apel itu…)
Si
Semut : Hei… Ulat! Apa kamu tidak melihat, ada aku di sini? Apel ini
milikku, aku yang lebih dulu menemukannya. Jadi, aku yang berhak
memilikinya! Pergi kamu dari sini! Sebelum kupanggilkan teman-temanku
untuk mengusirmu!
Si Ulat : Hei… Semut! Jangan begitu dong! Apel ini kan besar dan bulat, jadi cukup untuk kita makan berdua.
Si
Semut : Tidak bisa! Apel ini milikku! Aku yang pertama kali
menemukannya. Jangan coba-coba kamu memakannya! Pergi sana! Cari apel
yang lain!
Si Ulat : Apa kamu bilang? Sini kalau berani!
Si Semut : Siapa takut!
Si Ulat : Rasakan gatalnya bulu-buluku nanti. (Si Semut dan Si Ulat yang hendak berkelahi saling gigit, tiba-tiba mereka kaget.)
Si Anak : Wah … ada apel besar, lumayan siang-siang begini. (Si Semut dan
Si Ulat berhenti berkelahi, mereka saling memandang.)
Si Semut : Ada juga yang mau makan apel ini.
Si Ulat : Bagaimana kalau dia yang makan, kita tidak dapat apa-apa, dong!
Si Semut dan Si Ulat : (diam … berpikir).
Si Semut : Aku ada ide! Kita takut-takuti saja dia. Bagaimana?
Si
Ulat : Baiklah, aku setuju ide itu! (Begitu Si Anak hendak memakan apel
itu, Si Semut dan Si Ulat segera beraksi. Semut berdiri di atas kepala
Si Ulat, menjadi hewan baru yang mengerikan.)
Si Anak : Toloong… ada hewan aneh! Toloong! (lari terbirit-birit)
Si Semut dan Si Ulat : Ha … ha … . Ini gunanya berteman! Yuk, kita makan apel ini bersamasama.
Ibu guru mengingatkan Siti dan teman-teman untuk selalu bekerja sama. Kita tidak dapat hidup sendiri. Semua orang membutuhkan orang lain. Manusia adalah makhluk sosial. Hari ini, ibu guru memberi tugas secara kelompok. Setiap kelompok harus bekerja sama.
Tugasnya adalah membuat prakarya dengan bahan alami. Sebelum membuat prakarya, setiap kelompok menyiapkan bahan. Bahan-bahan yang digunakan adalah biji-bijian. Berikut bahan-bahan yang dibeli siswa :
Siti dan kelompoknya membeli biji jagung, kacang tanah, kacang hijau, dan kacang kedelai.
Selain membeli biji-bijian, Siti dan kelompoknya
membeli alat dan bahan lainnya.
Berikut bahan-bahan lainnya!
Ayo Berlatih!
Taksirlah harga barang lain yang dibeli kelompok Siti! Kemudian, hitunglah harga barang lain yang kamu taksir!
Hasil Taksiran Harga :
- Harga taksiran Kertas Rp500
- Harga taksiran Lem Rp1000
- Harga taksiran Pena Rp1000
- Harga taksiran Gunting Rp1000
- Harga taksiran Penggaris Rp500
- Sekarang, coba kamu hitung jumlah keseluruhan harga belanja Siti di bawah ini!
Ayo, membuat bingkai foto dari biji-bijian!
Bahan:
1. Karton 5. Kacang hijau
2. Lem 6. Kacang kedelai
3. Kacang tanah 7. Foto
4. Biji jagung
Kegiatan saling tolong menolong tidak memandang atau membedakan adanya ras, suku, bangsa, agama, keturunan, status sosial, dan pendidikan manusia. Semakin banyak orang yang berbuat baik dengan saling menolong sesama, akan rukun dan bermanfaat pula dalam kehidupannya serta kehidupan orang lain. Tolong menolong pada hakikatnya merupakan hak dan kewajiban setiap manusia kepada manusia lain.
Yukk kita simak penjelasan materi tema 3 subtema 4 pb 2
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
2
Hari ini, semua anak bergembira.
Mereka diajak pak guru bermain bola.
Pak guru membagi siswa menjadi dua kelompok.
Kelompok putra dan kelompok putri.
Setiap kelompok memiliki jumlah anggota sama.
Masing-masing kelompok berlomba bermain
menendang, menangkap, dan melempar bola.
Mereka harus bekerja sama dalam kelompoknya.
Kelompok yang paling cepat adalah pemenangnya.
Sebelum bermain, semua siswa melakukan
pemanasan. Gerakan pemanasan dilakukan dari
kepala sampai kaki.
Pilihlah kata berikut yang memiliki arti sama! Berilah tanda centang pada jawaban yang tepa
Ayo Berdiskusi!
Diskusikan tentang isi teks dan pengamatan gambar pada awal pembelajaran! Apa penyebab suatu kelompok dapat menang?
Tuliskan hasil diskusi kalian!
Dalam permainan itu pak guru membagi siswa
menjadi kelompok. Beberapa kelompok putra dan
kelompok putri.
Ayo Berlatih! Tulislah nama anggota kelompok putra dan putri!
Kelompok Putri
Berdasarkan pembagian kelompok di atas, tuliskan teman kamu yang termasuk laki-laki dan perempuan! Jawaban :
Teman laki-laki : Andi, budi, edo, ilham, jarwo, hanif, wayan, akbar, candra, didit, edwin, saputra, sulaiman dan witan.
Teman perempuan : Siti, ani, dewi, dian, chintiya, indah, fitri, ayu, dyah, pratiwi, rahma, anita, novi dan yunita.
5. Penutup
. Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu dan jangan lupa bersodaqoh., Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari Senin kita yaitu Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 5 .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar