Hari / Tanggal = Rabu 16 November 2022
Tema ( 4 ) :Hidup Bersih dan Sehat
Subtema (3) : Hidup Bersih dan Sehat di Tempat BermainPembelajaran : 1 dan 2
KD (kompetensi Dasar Pembelajaran
· (Bahasa Indonesia 3.4) Mengenal kosakata dan konsep
tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta
cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah
melalui teks tulis,
lisan, dan visual.
· (Matematika 4.9) Mengidentifikasi ruas garis dengan menggunakan bangun datar dan bangun ruan
· (*SBDP 3.1)
Memahami karya imajinatif dua dan tiga dimensi..
· Pembelajaran 4
· (Bahasa Indonesia 4.4)
Menyajikan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual..
· (Matematika 4.9)
Mengidentifikasi ruas garis dengan menggunakan bangun datar dan bangun ruang.
· ( Sbdp 4.1)
Membuat karya gambar imajinatif dua dan tiga dimensi.Tujuan Pembelajaran :
Pembelajaran 3
· Melalui mengamati gambar dan model patung, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya patung imajinatif menggunakan bahan alami dengan tepat.
· Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
· Bertanya jawab tentang bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan dari tanah liat.
Pembelajaran 4
· Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca dengan benar.
· Dengan mengamati karya membentuk imajinatif, siswa dapat mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya patung imajinatif menggunakan bahan alami dengan tepat.
·
Dengan
mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat mengelompokan benda
di sekitar yang termasuk bangun ruang dengan benar.
·
· 1. Sapaan
Assalamualaikum wr.wb
Bismillahirahmanirahim ...
Tabik pu ..
How are you today ? semoga selalu diberikan kesehatan dan kesempatan belajar sehingga ilmunya barokah.
2. Apersepsi
Ananda sholeh sholeha, masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas pada hari selsa kemarin ,
kita sudah membahas materi tema 4 subtema 2 pb 1 dan 2 diantaranya tentang Hidup bersih dan sehat tidak hanya di rumah. Kita juga harus hidup bersih dan sehat di sekolah.
Kebersihan sekolah menjadi tanggung jawab semua warga sekolah.
3. Materi ajar & Ringkasan Materi Pemebelajaran
Yukk kita simak penjelasan materi tema 4 subtema 3 pb 3 dan 4
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
3
Dayu dan teman-teman membuat kerajinan.
Mereka membuat karya membentuk dari tanah liat.
Banyak benda yang dapat dibuat dari tanah liat.
Kerajinan dari tanah liat merupakan suatu barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan seseorang. Dan pada dasarnya tanah liat biasa juga digunakan sebagai jenis bahan baku yang berasal dari tanah tertentu serta memiliki sifat yang lengket dan mudah dibentuk untuk dijadikan suatu barang kerajinan.
Karya seni tiga dimensi
karya seni yang menggunakan keterampilan tangan dan memperhatikan segi
kebutuhan fisik dan segi keindahan disebut karya seni tiga dimensi.
Salah satu seni rupa 3 dimensi yang paling terkenal adalah patung.
Keramik. Arsitektur.
Dayu dan teman-teman telah selesai
membuat kerajinan dari tanah liat!
Coba amati gambar di samping!
Kerajinan Dayu berupa vas bunga.
Vas bunga Dayu berbentuk prisma.
Prisma merupakan contoh bangun ruang
Kalau begitu, mana saja yang merupakan ruas-ruas
garis pada prisma?
Pada prisma segitiga di atas terdapat ruas-ruas garis
AB, BC, AC, DE, EF, DF, AD, BE, dan CF.
Balok adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh tiga pasang persegi atau persegi panjang, dengan paling tidak satu pasang di antaranya berukuran berbeda. Balok memiliki 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut. Balok yang dibentuk oleh enam persegi sama dan sebangun disebut sebagai kubus.Matematika
Memiliki 12 rusuk yaitu, rusuk AB, BC, CD, DA, EA, FB, CG, DH, EH, EF, FG, GH.
Memiliki 6 sisi yaitu ABCD, BCFG, EFAB, ADEH, CDHG, EFGH.
Memiliki 8 titik sudut yaitu A,B,C,D,E,F,G,H
Tunjukkanlah ruas-ruas garis pada bangunbangun
ruang berikut!
lingkungan menjadi kotor.
Setelah membuat kerajinan, lingkungan harus segera
dibersihkan.
Pembelajaran
4
di pinggir jalan raya.
Mereka mengamati setiap kendaraan bermotor yang
lewat.
Kendaraan bermotor mengeluarkan asap.
Asap kendaraan bermotor menyebabkan polusi
udara.
Harus Dibersihkan
Tempat yang kumuh dan becek harus dibersihkan.
Tempat kumuh membuat lingkungan bau. Bau tidak
enak akan membuat tempat tidak nyaman. Udara di
sekitar menjadi tercemar. Pencemaran lingkungan bisa
menimbulkan penyakit.
Tempat yang becek juga dapat membahayakan diri.
Tempat yang becek mengandung air. Jika tidak berhatihati,
saat berjalan dapat terpeleset dan jatuh. Kepala
bisa terbentur ke lantai. Oleh sebab itu, kita harus
menjaga keselamatan diri. Caranya dengan menjaga
kebersihan lingkungan agar tidak kumuh dan becek.
Berdasarkan tempat terjadinya. Pencemaran lingkungan dibedakan menjadi pencemaran udara, air, dan tanah. Penyebab pencemaran udara misalnya asap kendaraan dan asap pabrik. Penyebab pencemaran air misalnya limbah pabrik yang di buang ke sungai. Pencemaran tanah misalnya sampah yang menumpuk.
dan intonasi yang tepat!
Ayo Mengamati
Model kendaraan bermotor dapat dibuat menjadi
kerajinan.
Amati gambar di bawah ini!
menggunakan bahan lunak.
Bahan lunak misalnya plastisin.
Amati gambar di bawah ini!
kamu pilih!
Bagian model lokomotif kereta api berbentuk kubus.
Plastisin berbentuk balok.
Kubus dan balok merupakan contoh bangun ruang.
Diskusikan dengan temanmu benda-benda di
sekitarmu yang berbentuk kubus dan balok!
Tahukah kamu rusuk, sisi, dan titik sudut pada kubus
dan balok?
5. Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu dan jangan lupa bersodaqoh., Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari Kamis 17 November 2022 kita yaitu Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 5 dan 5.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar