Hari / Tanggal = Selasa 13 Mei 2025
Kelas : 1 A
Mapel : Bahasa Indonesia , Matematika
Alokasi Waktu : 1 x PertemuanMetode Pembelajaran : Penugasan
Metode Mengajar : Penugasan
Media Pb Matematika : Lkpd, latihan soal
Media Pb B. indonesia : Vidio pb, lkpd,
1. Capaian Penbelajaran Matematika :
💥 , peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data dari banyak benda dengan menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori. ( Penjelasan 4 Kategori dapat dibuat permisalan: dalam satu kelas kesukaan jenis makanan (manis, pedas, asin, asam)
💥 Learning Objectives /Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika :
1.5.1 Peserta didik dapat mengelompokkan data
1.5.2 Peserta didik dapat membuat tabel
1.5.3 Peserta didik dapat membuat diagram gambar
💥Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia
Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana.
Learning Objectives/Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Idonesia
💫 Peserta didik mampu menuliskan dan memahami kata -kata sederhana tentan arah dan letak arah dsn pekerjaan di sekitar kalian
2. . Apersepsi
good morning atau good afternoon , how are you?who is absent today? Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas kemari di hari jumat yaitu P5 "ecoprint " untuk today we will learn about pb hari ini kitaakan membahasa materi Bahasa Indonesia dan matematika . .
3. Materi ajar
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Bahaasa Indonesia
Dalam komunikasi, menyimak berarti mendengar dengan penuh perhatian, sementara bercerita adalah menyampaikan suatu kisah atau informasi secara lisan. Jika digabungkan, "menyimak bercerita" bisa berarti:
- Mendengarkan cerita dengan aktif – Memperhatikan detail, menangkap emosi, dan memahami pesan yang disampaikan oleh pembicara.
- Belajar dari cerita orang lain – Menggunakan cerita sebagai sumber pembelajaran, inspirasi, atau refleksi.
- Berinteraksi dengan cerita – Bisa berupa memberikan tanggapan, bertanya, atau menyampaikan pendapat setelah menyimak cerita.
💫Matematika
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Matematika
Peluang berarti kemungkinan.
Analisis data peluang berarti melihat data dari suatu percobaan, lalu menjawab pertanyaan seperti:
Apa yang sering terjadi?
Apa yang bisa terjadi?
Apa yang tidak mungkin terjadi?
📊 Contoh Sederhana:
Percobaan: Melempar koin 5 kali
Hasil:
Gambar: 3 kali
Angka: 2 kali
Analisisnya:
Gambar mungkin terjadi.
Angka juga mungkin terjadi.
Mendapat angka 5 kali berturut-turut itu tidak terjadi, jadi tidak pasti.
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/g
📘 Latihan Soal Peluang – Kelas 1 SD
Soal 1:
Di dalam kotak ada:
-
2 bola merah
-
3 bola biru
Jika kamu mengambil 1 bola secara acak, apakah kamu lebih mungkin mendapatkan bola biru atau merah?
✅ Jawaban: Lebih mungkin mendapatkan bola biru, karena jumlahnya lebih banyak.
Soal 2:
Ibu punya 5 permen:
🍬🍬🍬🍭🍭
-
3 permen rasa stroberi (🍬)
-
2 permen rasa jeruk (🍭)
Kalau kamu mengambil satu permen tanpa melihat, rasa apa yang lebih besar kemungkinannya untuk kamu dapatkan?
✅ Jawaban: Permen rasa stroberi, karena jumlahnya lebih banyak.
Soal 3:
Di dalam kantong ada:
-
4 pensil
-
1 penghapus
Kalau kamu ambil 1 benda tanpa melihat, apakah kamu mungkin mendapat penghapus?
✅ Jawaban: Ya, mungkin, tapi tidak lebih mungkin dibandingkan pensil.
Soal 4:
Di dalam kotak ada:
-
5 kelereng merah
-
5 kelereng biru
Kalau kamu ambil satu kelereng, mana yang lebih besar kemungkinannya?
✅ Jawaban: Kemungkinannya sama besar, karena jumlahnya sama.
💥Evalusi 2 bahasa indonesia
Latihan soal di tulis di buku tulis Bahasa Indonesia
Latihan Soal Kalimat Sederhana – Kelas 1 SD
✏️ Soal 1: Lengkapi kalimat berikut
-
Ibu sedang _____ di dapur.
-
Ayah pergi ke _____.
-
Siska makan _____ di meja.
✅ Petunjuk jawaban: memasak, pasar, nasi
✏️ Soal 2: Susun kata-kata berikut menjadi kalimat yang benar
-
buku – membaca – adik
-
makan – kucing – ikan
-
bola – bermain – mereka
✅ Jawaban yang benar:
-
Adik membaca buku.
-
Kucing makan ikan.
-
Mereka bermain bola.
✏️ Soal 3: Pilih kalimat yang benar
a) Budi minum susu.
b) Susu minum Budi.
✅ Jawaban: a) Budi minum susu.
a) Saya ke sekolah naik sepeda.
b) Sekolah sepeda ke naik saya.
✅ Jawaban: a) Saya ke sekolah naik sepeda.
💫 Ananda Sholeh sholeha menulis Buku Tulis Lalisba
( 2 Halaman )
6. Penutup
so today we have learned about...... Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah tentang matematika. dan untuk kesimpulan mapel matematika
Peluang berarti kemungkinan.
Analisis data peluang berarti melihat data dari suatu percobaan, lalu menjawab pertanyaan seperti:
Apa yang sering terjadi?
Apa yang bisa terjadi?
Apa yang tidak mungkin terjadi?
bahasa indonesia ialah Membaca dan menulis adalah keterampilan dasar yang saling berkaitan dan penting untuk perkembangan intelektual dan kehidupan sehari-hari .
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy.Demikian pembelajaran hari 29 Oktober 2024 kita yaitu mapel Bahasa Indonesia dan Matematika
- any question atau is there any question?
Wassalamuaaliakum ... | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar