Kamis, 22 Mei 2025

Materi Ajar, Jumat 23 Mei 2025

 Terjual Dompet KW SUPER | LEVIS - DUNHILL - HERMES - IMPERIAL HORSE | KASKUS

Hari / Tanggal             : Jumat 23 Mei  2025 

Kelas                            :  1 A

 Mapel                        :  P5 

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan

Metode Pembelajaran  : Cooperative Learning

Metode Mengajar : Penugasan 

Media: Plastik, Tas berbahan kain/kaos/jilbab ,Palu kayu, tawas, bunga /daun asli segar 

💥 Tema P5             :   Gaya Hidup Berkelanjutan 

 💥  Capaian Penbelajaran P5 

  •   Peserta didik mampu Meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya hidup berkelanjutan
  •   Peserta didik mampu Menciptakan keseimbangan antara kebutuhan manusia dan pelestarian lingkungan
  •   Peserta didik mampu Mendorong siswa untuk mengadopsi gaya hidup ramah lingkungan

 💥    (Learning Objectives)   Tujuan Pembelajaran

    💫1.1  Peserta didik  dapat  bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, kreativitas dan kemandirian murid. Selain itu, juga menambah pengetahuan dan pengalaman membuat totebag ecoprint dengan memanfaatkan daun yang ada disekitar lingkungan sekolah / rumah sebagai bahan pewarna alami.

2. . Apersepsi

 Masi ingatkah kalian tentang materi yang  sudah kita bahas  kemarin  yaitu Pendidikan Pancasila " bagian bagian rumah "  .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai Pembelajaran P5 Tema : Gaya Hidup Berkelanjutan,

Topik : Alam Mendidik Kita KreatifJudul : Pemanfaatan Daun untuk Ecoprint.

3. Materi ajar


💫P5
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
 
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). P5 adalah upaya untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. 

  Let’s check this video

                                  


 
    P5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis peroyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas. Ini yang terkadang terjadi miskonsepsi dalam penerapan P5 di satuan pendidikan yang hanya berfokus pada hasil ataupun produk akhir dari setiap kegiatan P5 padahal proses setiap peserta didik dalam kegiatan P5 ini yang menjadi sangat penting. Alur dan proses yang dijalani setiap peserta didik dalam menyelesaikan masalah pada projek adalah hal utamanya.

    P5 menjadi salah satu sarana pencapaian profil Pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan belajar dari lingkungan sekitar. Untuk program P5 SD Al Azhar 3 yaitu
 " Meronce   " 
    
    P5 merupakan program yang berperan dalam meningkatkan kesadaran siswa dan siswi tentangKewirausahaan Melalui tema Gaya Hidup Berkelanjutan, para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan pola hidup yang sehat dan berkelanjutan dengan 
Tema : Ecoprint 


    Ecoprint termasuk kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema gaya hidup berkelanjutan. 
Ecoprint adalah teknik pewarnaan kain yang menggunakan bahan alami seperti daun, bunga, batang, dan akarTeknik ini ramah lingkungan karena tidak menghasilkan limbah berbahaya. 
Berikut adalah beberapa contoh kegiatan P5 gaya hidup berkelanjutan dengan tema ecoprint: Membuat tote bag ecoprint, Membuat batik ecoprint, Membuat busana ecoprint. 
Kegiatan P5 gaya hidup berkelanjutan bertujuan untuk: 
  • Meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya hidup berkelanjutan
  • Menciptakan keseimbangan antara kebutuhan manusia dan pelestarian lingkungan
  • Mendorong siswa untuk mengadopsi gaya hidup ramah lingkungan



4.  Evaluasi   

5. Evaluasi

A. Pilihan Ganda

  1. Ecoprint adalah teknik mencetak dengan menggunakan ...

    • a. Kertas bekas

    • b. Daun dan bunga

    • c. Cat air

    • d. Tanah liat
      Jawaban: b. Daun dan bunga

  2. Bahan alami yang digunakan untuk ecoprint adalah ...

    • a. Plastik

    • b. Logam

    • c. Daun

    • d. Karet
      Jawaban: c. Daun

  3. Tujuan membuat ecoprint adalah ...

    • a. Mengotori lingkungan

    • b. Bermain di luar rumah

    • c. Menjaga lingkungan dan membuat karya seni

    • d. Membuang daun kering
      Jawaban: c. Menjaga lingkungan dan membuat karya seni

  4. Saat mengambil daun untuk ecoprint, kita harus ...

    • a. Merusak tanaman

    • b. Membuang semua daun

    • c. Memetik secukupnya

    • d. Menebang pohon
      Jawaban: c. Memetik secukupnya

  5. Contoh sikap peduli lingkungan saat membuat ecoprint adalah ...

    • a. Membuang sampah sembarangan

    • b. Mengambil semua bunga

    • c. Menggunakan bahan alami dan tidak merusak tanaman

    • d. Menebang pohon besar
      Jawaban: c. Menggunakan bahan alami dan tidak merusak tanaman


B. Isian Singkat

  1. Ecoprint menggunakan bahan dari ...
    Jawaban: alam

  2. Contoh bahan yang bisa digunakan untuk ecoprint adalah ... dan ...
    Jawaban: daun dan bunga

  3. Ecoprint adalah salah satu cara mencintai ...
    Jawaban: lingkungan

  4. Daun ditempelkan di atas ... untuk membuat ecoprint.
    Jawaban: kain atau kertas

  5. Kita harus menjaga ... saat membuat ecoprint.
    Jawaban: alam/lingkungan


C. Uraian Singkat

  1. Apa itu ecoprint?
    Jawaban: Ecoprint adalah teknik mencetak pola daun atau bunga pada kain atau kertas dengan bahan alami.

  2. Mengapa kita tidak boleh mengambil semua daun untuk ecoprint?
    Jawaban: Karena bisa merusak tanaman dan tidak menjaga kelestarian lingkungan.

  3. Sebutkan 2 manfaat membuat ecoprint!
    Jawaban:

  • Menjaga lingkungan

  • Menghasilkan karya seni yang ramah lingkungan


5. Penutup

  Kesimpulan pembelajaran hari ini pembelajaran P5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas.

Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami  Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 26 Mei 2025 kita yaitu mapel Bahasa Indonesia dan Matematika . .

Wassalamuaalikum ...



1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS








 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sumatif Akhir Semester, Selasa 03 Juni 2025

    Hari / Tanggal                 :   Selasa  03 Juni  2025  Kelas :                            : 1 A Materi                          :  Su...