Hari / Tanggal = Selasa 06 Mei 2025
Kelas : 1 A
Mapel : Bahasa Indonesia , Matematika
Alokasi Waktu : 1 x PertemuanMetode Pembelajaran : Cooperative Learning
Metode Mengajar : Diskusi Kelompok
Media Pb Matematika : Lkpd, latihan soal
Media Pb B. indonesia : Vidio pb, lkpd,
1. Capaian Penbelajaran Matematika :
💥 , peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data dari banyak benda dengan menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori. ( Penjelasan 4 Kategori dapat dibuat permisalan: dalam satu kelas kesukaan jenis makanan (manis, pedas, asin, asam)
💥 Learning Objectives /Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika :
1.5.1 Peserta didik dapat mengelompokkan data
1.5.2 Peserta didik dapat membuat tabel
1.5.3
Peserta didik dapat
membuat diagram gambar
💥Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia
Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana.
Learning Objectives/Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Idonesia
💫 Peserta didik mampu menuliskan dan memahami kata -kata sederhana tentan arah dan letak arah dsn pekerjaan di sekitar kalian
2. . Apersepsi
good morning atau good afternoon , how are you?who is absent today? Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas kemari di hari jumat yaitu P5 "ecoprint " untuk today we will learn about pb hari ini kitaakan membahasa materi Bahasa Indonesia matematika . .
3. Materi ajar
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Bahaasa Indonesia
Dalam komunikasi, menyimak berarti mendengar dengan penuh perhatian, sementara bercerita adalah menyampaikan suatu kisah atau informasi secara lisan. Jika digabungkan, "menyimak bercerita" bisa berarti:
- Mendengarkan cerita dengan aktif – Memperhatikan detail, menangkap emosi, dan memahami pesan yang disampaikan oleh pembicara.
- Belajar dari cerita orang lain – Menggunakan cerita sebagai sumber pembelajaran, inspirasi, atau refleksi.
- Berinteraksi dengan cerita – Bisa berupa memberikan tanggapan, bertanya, atau menyampaikan pendapat setelah menyimak cerita.
💫Matematika
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Matematika
Peluang berarti kemungkinan.
Analisis data peluang berarti melihat data dari suatu percobaan, lalu menjawab pertanyaan seperti:
Apa yang sering terjadi?
Apa yang bisa terjadi?
Apa yang tidak mungkin terjadi?
📊 Contoh Sederhana:
Percobaan: Melempar koin 5 kali
Hasil:
Gambar: 3 kali
Angka: 2 kali
Analisisnya:
Gambar mungkin terjadi.
Angka juga mungkin terjadi.
Mendapat angka 5 kali berturut-turut itu tidak terjadi, jadi tidak pasti.
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/g
Soal 1
Di kelas 1, anak-anak memilih warna kesukaan. Hasilnya:
-
Merah: 5 anak
-
Biru: 3 anak
-
Kuning: 2 anak
Pertanyaan:
Jelaskan warna apa yang paling banyak dipilih dan warna apa yang paling sedikit dipilih oleh anak-anak!
Jawaban:
Soal 2
Ibu guru mencatat jumlah pensil yang dibawa oleh beberapa siswa:
-
Siti membawa 3 pensil
-
Budi membawa 4 pensil
-
Rina membawa 2 pensil
Pertanyaan:
Tuliskan siapa yang membawa pensil paling banyak dan siapa yang membawa paling sedikit! Berapa jumlah seluruh pensil?
Jawaban:
Soal 3
Di perpustakaan sekolah ada buku bergambar:
-
Buku cerita: 6 buah
-
Buku sains: 3 buah
-
Buku puisi: 1 buah
Pertanyaan:
Menurutmu, jenis buku apa yang paling disukai anak-anak? Mengapa?
Jawaban:
Soal 4
Dalam satu minggu, Andi mencatat jumlah hujan:
-
Senin: tidak hujan
-
Selasa: hujan
-
Rabu: hujan
-
Kamis: tidak hujan
-
Jumat: hujan
Pertanyaan:
Berapa hari terjadi hujan? Jelaskan hari-hari apa saja yang hujan!
Jawaban:
Soal 5
Siswa memilih hewan kesukaan:
-
Kucing: 6 siswa
-
Kelinci: 3 siswa
-
Ikan: 5 siswa
Pertanyaan:
Urutkan hewan kesukaan dari yang paling sedikit sampai yang paling banyak!
Jawaban:
💥Evalusi 2 bahasa indonesia
Latihan soal di tulis di buku tulis Bahasa Indonesia
Isilah pertanyaan di bawah ini dengan benar
1. Hari Minggu adalah hari untuk __________.
Jawaban:
2 . Saat libur, kita bisa pergi ke __________ bersama keluarga.
Jawaban:
3. Meskipun libur, kita harus tetap __________ kepada orang tua.
Jawaban:
4. Saat bermain, kita harus bersikap __________.
Jawaban:
5. Menjaga kebersihan saat liburan adalah sikap yang __________.
Jawaban:
6. Apa yang kamu lakukan saat hari libur?
Jawaban Contoh:
7. Mengapa kita harus menjaga sikap saat liburan di tempat umum?
Jawaban Contoh:
6. Penutup
so today we have learned about...... Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah tentang matematika. dan untuk kesimpulan mapel matematika
Peluang berarti kemungkinan.
Analisis data peluang berarti melihat data dari suatu percobaan, lalu menjawab pertanyaan seperti:
Apa yang sering terjadi?
Apa yang bisa terjadi?
Apa yang tidak mungkin terjadi?
bahasa indonesia ialah Membaca dan menulis adalah keterampilan dasar yang saling berkaitan dan penting untuk perkembangan intelektual dan kehidupan sehari-hari .
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy.Demikian pembelajaran hari 29 Oktober 2024 kita yaitu mapel Bahasa Indonesia dan Matematika
- any question atau is there any question?
Wassalamuaaliakum ... | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar