Hari / Tanggal : Senin 17 Oktober 2022
Tema ( 3 ) :Tugasku Sehari Hari
Subtema (2) : Tugasku Sehari Hari di Sekolah
Pembelajaran :1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
KD (kompetensi Dasar Pembelajaran
· Pembelajaran 1
· (SBDP 3.3)
Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari.
· (Matematika 4.5)
Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang. tradisional.
· (Bahasa Indonesia3.3)
Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
-
Tujuan Pembelajaran :
·SBDP : Dengan mencermati isi teks yang disajikan, siswa mampu memahami gerak tari.
· Matematika: Melalui teks “Uang Saku” pada pembelajaran 1 yang disajikan, siswa mampu menghitung nilai sekelompok pecahan uang.
· Bahasa Indonesia :Dengan mengamati gambar denah sekolah yang disajikan, siswa mampu menemukan makna kosakata berkaitan lingkungan geografis sekolah.Assalamualaikum wr.wb
Bismillahirahmanirahim ...
Tabik pu ..
How are you today ? semoga selalu diberikan kesehatan dan kesempatan belajar sehingga ilmunya barokah.
2. Apersepsi
Ananda sholeh sholeha, masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas minggu lalu Kemarin, kita sudah menyelesaikan Penilaian Tengfah Semester dan sekarang kita akan melanjutkan tenteng pembelajaran yang minggu lalu PTS materi tema 3 subtema 1 pb 6 diantaranya tentang" Kerjasama "Kerja sama adalah suatu usaha bersama antara individu atau kelompok sosial untuk mencapai tujuan bersama. Kerja sama dilakukan sejak manusia berinteraksi dengan sesamanya. Kebiasaan dan sikap mau bekerja sama dimulai sejak kanak-kanak, mulai dalam kehidupan keluarga lalu meningkat dalam kelompok sosial yang lebih luas. Kerja sama berawal dari kesamaan orientasi
3. Materi ajar & Ringkasan Materi Pemebelajaran
Yukk kita simak penjelasan materi tema 3 subtema 1 pb 5 dan 6
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
1
Hari ini adalah hari Senin.
Edo dan teman-temannya tiba di sekolah lebih awal.
Mereka suka ria memasuki sekolah.
Sekolah mereka terletak di lingkungan yang bersih
dan nyaman.
Di sebelah kanan dan kiri sekolah terdapat sawah.
Sekolah Edo beralamat di Jalan Nusantara nomor 10.
Setiap hari senin, di sekolah diadakan upacara
bendera.
Edo dan teman-temannya mengikuti upacara
dengan tertib.
Upacara berlangsung dengan tenang.
Pembina upacara menyampaikan pengarahan.
Pengarahan berisi tentang pesan-pesan mengenal
lingkungan sekolah.
Jika kita mengenal lingkungan sekolah, kita akan
dapat menjaganya.
Semua siswa bertugas menjaga dan merawat
sekolah.
Denah lokasi adalah Denah
yang menunjukkan suatu lokasi atau letak suatu tempat atau daerah,
medan, bangunan, dll yang biasanya dilengkapan dengan arah mata angin
dan gambar-gambar / simbol tertentu..
SD Nusantara 01 terletak di Jalan Nusantara Nomor 10. Sebelah kanan dan kiri sekolah terdapat sawah. Di depan sekolah terdapat rumah warga, toko, dan tempat fotokopi. Jarak tempuh dari kota ke sekolah sekitar lima kilometer.
Beberapa siswa berangkat ke sekolah diantar orang tuanya. Beberapa siswa berjalan kaki. Ada juga siswa yang berangkat naik angkutan umum. Jalan Nusantara dilalui angkutan umum.
Ayo Berlatih!
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah! Jawablah dengan denah dan teks bacaan tersebut!
1. SDN Nusantara 01 terletak di jalan … (Nusantara Nomor 10)
2. Di samping kanan dan kiri SDN Nusantara 01 terdapat … (sawah)
3. Di seberang SDN Nusantara 01 terdapat … (rumah warga, toko, dan tempat fotokopi)
4. Tempat yang terletak di antara rumah warga dan Puskesmas adalah … (toko)
5. Tempat yang terletak di antara rumah warga dan Balai Kelurahan adalah … (fotokopi)
6. Jarak antara SDN Nusantara 01 dengan kota adalah … (lima kilometer)
7. Siswa berangkat ke sekolah dengan … (Beberapa siswa berjalan kaki dan ada yang naik angkutan umum)
8. Sebutkan tempat antara fotokopi dan Puskesmas! (Toko dan Rumah Warga)
9. Sebutkan nama tempat antara Balai Kelurahan dan Puskesmas! (Toko, Rumah Warga dan Fotokopi)
10. Sebutkan nama tempat dua bangunan sebelah kanan Puskesmas! (Toko dan Rumah Warga)
Setelah kita mengetahui denah lokasi adalah Denah yang menunjukkan suatu lokasi atau letak suatu tempat atau daerah, medan, bangunan, dll yang biasanya dilengkapan dengan arah mata angin dan gambar-gambar / simbol tertentu..
Amatilah lingkungan sekolahmu dengan cermat
secara berkelompok! Gambarlah dan jelaskan letak
sekolahmu!
Peta Sekolahku
Siti dan teman-teman membeli minuman di kantin sekolah. Uang saku setiap siswa berbeda. Siti, Dayu, dan Beni memperoleh uang logam dengan pecahan berbeda.
Uang Saku
uang saku. uang yang dibawa untuk keperluan sewaktu-waktu; uang jajan.
Setiap hari, Siti mendapat uang saku. Uang saku dapat digunakan untuk membeli makanan atau minuman di sekolah. Jika membawa bekal, uang saku Siti ditabung. Setelah kegiatan upacara, Siti merasa kehausan.
Siti dan teman-teman membeli minuman di kantin sekolah. Uang saku setiap siswa berbeda. Siti, Dayu, dan Beni memperoleh uang logam dengan pecahan berbeda.
Mata uang adalah satuan nilai alat pembayaran berupa uang yang diterima dan berlaku sebagai alat pembayaran yang sah dan melakukan transaksi ekonomi di suatu negara. Masing-masing negara mempunyai satuan nilai mata uang yang berbeda.
Setelah kita mengetahui uang saku siti dan teman-temannya marilah kita mencoba untuk mengerjakan latihan soal berikut ini bersama -sama !
Ayo Berlatih!
Pasangkan kelompok uang logam berikut yang bernilai sama! Pada latihan soal halaman 50 Yukk kitta coba ...
Mari kita lanjut yukkk
Di sekolah Siti terdapat kebun.
Kebun itu ditanami berbagai sayuran.
Di sana terlihat tukang kebun sedang mencangkul.
5. Penutup
. Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu dan jangan lupa bersodaqoh., Jangan lupa untum pembelajaraan di hari Selasa kita yaitu Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 2 .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar