Hari / Tanggal : Kamis 20 Oktober 2022
Tema ( 3 ) :Tugasku Sehari Hari
Subtema (2) : Tugasku Sehari Hari di Sekolah
Pembelajaran :4
Alokasi Waktu : 1 x PertemuanKD (kompetensi Dasar Pembelajaran
· Pembelajaran4
· (PPKN 2.1 )
Bersikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai dengan silasila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
· (Bahasa Indonesia 3.3)
Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan
· (Matematika 4.5)
Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan
mata uang.
Tujuan Pembelajaran :
·
· Bahasa Indonesia : Peserta didik mampu memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan ekonomi di sekolah.
· PPKN: Peserta didik mampu memahami perbedaan individu di sekolah berdasarkan suku atau asal daerahnya.
· Matematika : Peserta didik dapat menyebutkan kesetaraan beberapa nilai pecahan uang.·
Assalamualaikum wr.wb
Bismillahirahmanirahim ...
Tabik pu ..
How are you today ? semoga selalu diberikan kesehatan dan kesempatan belajar sehingga ilmunya barokah.
2. Apersepsi
Ananda sholeh sholeha, masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas pada hari selsa kemarin ,
kita sudah membahas materi tema
3 subtema 2 pb 3 diantaranya tentang" cara membedakan pecahan uang kertas dan uang logam dan kegiatan siti disekolah tentang menabung
pada dasarnya adalah menyisihkan sebagian pendapatan untuk
mengantisipasi kebutuhan di masa depan, baik yang tak terduga maupun
yang terduga.
3. Materi ajar & Ringkasan Materi Pemebelajaran
Yukk kita simak penjelasan materi tema 3 subtema 2 pb4
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
4
Bermain Tebak-tebakan
Kerja sama adalah suatu usaha bersama antara individu atau kelompok sosial untuk mencapai tujuan bersama. Kerja sama dilakukan sejak manusia berinteraksi dengan sesamanya. Kebiasaan dan sikap mau bekerja sama dimulai sejak kanak-kanak, mulai dalam kehidupan keluarga lalu meningkat dalam kelompok sosial yang lebih luas.
Hari ini, ibu guru memberi tugas membuat kartu uang. Siswa membentuk kelompok secara berpasangan. Mereka melakukan tebak-tebakan. Edo mengangkat beberapa kartu. Beni menjawab, “dua ribu rupiah.” Semua siswa asyik belajar dengan bermain. Setiap kelompok bekerja sama menyelesaikan tugas. Semua saling membantu teman. Membantu teman merupakan tugas siswa.
suku diartikan sebagai golongan bangsa sebagai bagian dari bangsa yang besar.
Sementara suku bangsa adalah kesatuan sosial yang dapat dibedakan dari
kesatuan sosial lain berdasarkan kesadaran identitas perbedaan
kebudayaan, khususnya bahasa.
Ibu guru membentuk kelompok secara berpasangan. Setiap anggota memiliki suku atau asal daerah berbeda. Siti berpasangan dengan Dayu. Beni berpasangan dengan Edo.
Siti | Jawa |
Dayu | Bali |
Edo | Papua |
Beni | Sumatera (Tionghoa) |
Uang Saku
uang saku. uang yang dibawa untuk keperluan sewaktu-waktu; uang jajan.
Setiap hari, Siti mendapat uang saku. Uang saku dapat digunakan untuk membeli makanan atau minuman di sekolah. Jika membawa bekal, uang saku Siti ditabung. Setelah kegiatan upacara, Siti merasa kehausan.
Siti dan teman-teman membeli minuman di kantin sekolah. Uang saku setiap siswa berbeda. Siti, Dayu, dan Beni memperoleh uang logam dengan pecahan berbeda.
Ayo Berlatih! Pasangkan kelompok uang berikut yang bernilai sama!
5. Penutup
. Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu dan jangan lupa bersodaqoh., Jangan lupa untum pembelajaraan di hari Kamis kita yaitu Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 5 .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar