Hari / Tanggal : Jum 'at 06 Oktober 2022
Tema ( 3 ) :Tugasku Sehari Hari
Subtema (1) : Tugasku Sehari Hari di Rumah
Pembelajaran : 5 dan 6
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
KD (kompetensi Dasar Pembelajaran
· Pembelajaran 5
· (PPKN 2.1 )
Bersikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai dengan silasila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
· (Bahasa Indonesia 4.3 )
Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
· (PJOK 4.3 )
Mempraktikkan variasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional.
- Pembelajaran 6
· (Matematika 4.5)
Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang.
· (B. Indonesia 3.3) Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
(SBDP 3.2) Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
Tujuan Pembelajaran :
· Pemeblajaran 5:
· PPKN: Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru. Peserta didik mampu menyebutkan perilaku yang sesuai sila kedua Pancasila di rumah.
· Bahasa Indonesia : Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, Peserta didik mampu menemukan makna kosakata berkaitan dengan permainan kucing-kucingan
·
PJOK: Dengan mencermati gambar permainan kucing-kucingan dan isi teks
serta penjelasan guru. Dengan Peserta
didik mampu dapat melakukan gerakan menendang dan menggiring bola.
PePembelajaran 6:
Matematika:: Dengan mengamati gambar kegiatan berkumpul bersama keluarga dan
teks yang disajikan, siswa dapat menentukan nilai pecahan uang yang
sesuai dengan daftar. Peserta
didik mampu menentukan nilai pecahan uang yang sesuai dengan daftar harga.
· Bahasa Indonesia:
Dengan mengamati gambar kegiatan berkumpul bersama keluarga
yang disajikan,. Preserta
didik mampu menemukan makna kosakata berkaitan dengan lingkungan geografis di
rumah.
· SBDP: Dengan mengamati teks dan kegiatan berkumpul bersama keluarga yang
disajikan. Peserta didik mampu
memahami panjang dan pendek bunyi
Assalamualaikum wr.wb
Bismillahirahmanirahim ...
Tabik pu ..
How are you today ? semoga selalu diberikan kesehatan dan kesempatan belajar sehingga ilmunya barokah.
2. Apersepsi
Ananda sholeh sholeha, masi ingatkah kalian Kemarin, kita sudah menyelesaikan materi tema 3 subtema 1 pb 4 diantaranya tentang"
3. Materi ajar & Ringkasan Materi Pemebelajaran
Yukk kita simak penjelasan materi tema 3 subtema 1 pb 5 dan 6
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
5
Mereka bermain kucing-kucingan.
Permainan kucing-kucingan dilakukan oleh
beberapa anak.
Permainan kucing-kucingan menggunakan bola sepak.
Ditentukan satu anak berperan sebagai kucing.
Sementara, anak-anak yang lain mengoper bola.
Anak yang berperan sebagai kucing
berusaha merebut bola.
Anak-anak lain menggiring bola menghindari si kucing.
Menggiring bola sambil mengoper bola ke teman
yang lain.
Subtema 1: Tugasku Sehari-hari di Rumah 31
Jika ada anak yang menyentuh bola itu, ia yang
berganti peran sebagai kucing.
Mereka bermain kucing-kucingan.
Permainan kucing-kucingan memerlukan kerja sama.
Mereka saling membantu antarteman.
Mereka tidak pernah bertengkar.
Ali, Adi, Bayu, dan Kaka bermain kucing-kucingan. Mereka semua laki-laki. Siti, Ayu, Eca, dan Wati bermain bola bekel. Mereka semua perempuan.
Perhatikan gambar di atas! Tulislah nama-nama anak berdasarkan jenis kelaminnya!
Anak Laki-Laki | Anak Perempuan |
Ali | Siti |
Adi | Ayu |
Bayu | Eca |
Kaka | Wati |
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
6
Berkumpul Bersama Keluarga
Ayah dan ibu bercerita tentang masa kecilnya.
Ayah menceritakan masa kecilnya.
Waktu kecil, ayah tinggal di desa bersama kakek
dan nenek. Desa ayah terletak di lereng gunung.
Di sekitar rumah kakek terdapat sawah yang luas.
Kakek memiliki sawah yang luas.
Ayah sering membantu kakek pergi ke sawah.
Menanam sayur, jagung, dan padi.
Sawah kakek sangat subur.
Buatlah kalimat sederhana dari kata di bawah ini!
1. Desa : Di desa saya terdapat banyak tanaman padi
2. Petani : Petani padi di desa saya banyak yang menggunakan pupuk organik
3. Padi : Padi tumbuh subur di lingkungan sekitar rumahku
4. Menanam : Setiap musim hujan, ayam saya menanam tanaman sayuran di pekarangan rumah.
5. Sawah : Di sekitar rumah saya banyak sawah
Hasil pertanian dari desa bermacam-macam. Sayur-sayuran berasal dari desa. Buah-buahan juga berasal dari desa. Kita dapat membeli sayur dan buah dengan berbagai pecahan uang.
Uang dalam ilmu ekonomi tradisional didefinisikan sebagai alat
tukar yang dapat diterima secara umum. Objek tukar dapat berupa benda
atau jasa yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam
proses pertukaran barang dan jasa
1 kg tomat Rp2.000,00
1 sisir pisang Rp5.000,00
1 ikat bayam Rp1.000,00
Sayur-sayuran berasal dari desa.
Buah-buahan juga berasal dari desa.
Kita dapat membeli sayur dan buah
dengan berbagai pecahan uang.
Ayah juga menceritakan tentang suasana desa. Di desa udaranya sejuk dan pemandangannya sangat indah.
Menyanyikan lagu “Desaku” dapat diiringi dengan musik buatan.
Kerja Sama dengan Orang Tua : Nyanyikan lagu “Desaku” bersama keluargamu! Buatlah musik berbirama tiga untuk mengiringinya!
5. Penutup
. Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu dan jangan lupa bersodaqoh., Jangan lupa untum pembelajaraan di hari senin kita yaitu Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2 .Goog=d job Ananda Sholeh Sholeha .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar