
Hari / Tanggal : Jumat 07 November 2025
Kelas : 1 A
Mapel : P. Pancasila, & Matematika
💥 Capaian Penbelajaran Matematika
murid mampu mengenal berbagai bangun datar (segitiga, segiempat, segibanyak, lingkaran) dan bangun ruang (balok, kubus, kerucut, dan bola). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) suatu bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak). Peserta didik juga dapat menentukan posisi benda terhadap benda lain (kanan, kiri, depan belakang).💥Tujuan Pembelajaran Matematika
💫· mengenal berbagai bangun datar (segitiga, segiempat, segibanyak, lingkaran) dan bangun ruang (balok, kubus, kerucut, dan bola).
· 💫·melakukan komposisi (penyusunan) dan dekomposisi (penguraian) suatu bangun datar (segitiga, segiempat, dan segi banyak)
💥Cp Pendidikan Pancasila
💫Murid mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga; menceritakan contoh sikap mematuhi aturan di lingkungan keluarga; dan menunjukkan perilaku mematuhi aturan dilingkungan keluarga..
💥Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila
💫Murid mampu menejelaskan arti aturan
💫Murid Mengidentifikasi aturan di rumah dan di sekolah
2. Materi ajar
Let's Check This Video
Matematika
Mengenal bentuk adalah kegiatan belajar untuk memahami dan membedakan berbagai macam bentuk bangun datar sederhana yang ada di sekitar kita.
Anak belajar menyebutkan nama bentuk, mengamati ciri-cirinya, dan menghubungkan dengan benda nyata dalam kehidupan sehari-hari.
🧩 Bentuk-bentuk yang Dikenal di Kelas 1
Lingkaran – tidak memiliki sisi dan sudut.
Contoh: jam, piring, tutup botol.Persegi – memiliki 4 sisi sama panjang dan 4 sudut siku-siku.
Contoh: ubin, papan catur.Persegi panjang – memiliki 2 pasang sisi yang sama panjang.
Contoh: buku, pintu.Segitiga – memiliki 3 sisi dan 3 sudut.
Contoh: rambu lalu lintas, potongan pizza.
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Pendidikan Pancasila
👉 Aturan adalah kesepakatan yang harus kita ikuti supaya kegiatan berjalan dengan baik dan semua merasa nyaman.
Contoh aturan di kelas 1:
Masuk kelas tepat waktu.
Mengangkat tangan sebelum berbicara.
Membuang sampah pada tempatnya.
Saling menghormati teman dan guru.
🌟 Pengertian Aturan
Aturan adalah kesepakatan yang harus dipatuhi agar kehidupan menjadi tertib, aman, dan menyenangkan.
🏠 Contoh Aturan di Rumah
Bangun tidur tepat waktu.
Makan sambil duduk dengan rapi.
Merapikan mainan setelah digunakan.
Menghormati orang tua.
🏫 Contoh Aturan di Sekolah
Masuk kelas tepat waktu.
Mengangkat tangan sebelum berbicara.
Mendengarkan guru dengan baik.
Saling menghargai teman.
🌳 Contoh Aturan di Lingkungan
Tidak membuang sampah sembarangan.
Menjaga kebersihan halaman dan jalan.
Tidak merusak tanaman atau fasilitas umum.
Saling tolong-menolong dengan tetangga.
Peraturan dibuat agar kegiatan berjalan dengan …
Jawab: tertib
Contoh peraturan di rumah adalah harus … sebelum tidur.
Jawab: sikat gigi
Peraturan di sekolah harus kita ….
Jawab: patuhi / taati
Jika tidak mematuhi peraturan maka akan terjadi ….
Jawab: kekacauan
Peraturan di kelas dibuat agar semua murid … belajar.
Jawab: nyaman
Contoh peraturan saat belajar adalah tidak boleh … di kelas.
Jawab: berteriak / gaduh
Contoh peraturan di jalan adalah menyeberang di ….
Jawab: zebra cross
Peraturan membantu kita agar hidup menjadi lebih ….
Jawab: aman
Di sekolah kita tidak boleh … teman.
Jawab: memukul / menyakiti
Jika ada peraturan, kita harus … sebelum melakukan sesuatu.
Jawab: mentaati / mematuhi
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
6. Kesimpulan
7 . Penutup



Tidak ada komentar:
Posting Komentar