
Hari / Tanggal : Selasa 11 November 2025
Kelas : 1 A
Mapel : Matematika dan B.indonesia
💥 Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia
Murid mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu mengungkapkan perasaan dan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/ataulingkungan.
💥Tujuan Pembelajaran ( TP) B.Indonesia
💫3.1 Murid mampu menggunagkapkan perasaan dan gagasan secara lisan ( gambar /ilistrasi)
3.2 Mjrid menceritakan kembali isi informasi
💥 Capaian Penbelajaran Matematika
murid mampu mengenal berbagai bangun datar (segitiga, segiempat, segibanyak, lingkaran) dan bangun ruang (balok, kubus, kerucut, dan bola). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) suatu bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak). Peserta didik juga dapat menentukan posisi benda terhadap benda lain (kanan, kiri, depan belakang).💥Tujuan Pembelajaran Matematika
💫· mengenal berbagai bangun datar (segitiga, segiempat, segibanyak, lingkaran) dan bangun ruang (balok, kubus, kerucut, dan bola).
· 💫·melakukan komposisi (penyusunan) dan dekomposisi (penguraian) suatu bangun datar (segitiga, segiempat, dan segi banyak)
2. Materi ajar
Let's Check This Video
Matematika
Mengenal bentuk adalah kegiatan belajar untuk memahami dan membedakan berbagai macam bentuk bangun datar sederhana yang ada di sekitar kita.
Anak belajar menyebutkan nama bentuk, mengamati ciri-cirinya, dan menghubungkan dengan benda nyata dalam kehidupan sehari-hari.
🧩 Bentuk-bentuk yang Dikenal di Kelas 1
Lingkaran – tidak memiliki sisi dan sudut.
Contoh: jam, piring, tutup botol.Persegi – memiliki 4 sisi sama panjang dan 4 sudut siku-siku.
Contoh: ubin, papan catur.Persegi panjang – memiliki 2 pasang sisi yang sama panjang.
Contoh: buku, pintu.Segitiga – memiliki 3 sisi dan 3 sudut.
Contoh: rambu lalu lintas, potongan pizza.
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Pengertian Menyebut Anggota Keluarga dan Panggilannya
menyebut anggota keluarga adalah
kegiatan menyebut siapa saja orang yang ada di dalam keluarga kita.
misalnya:
-
ayah
-
ibu
-
kakak
-
adik
panggilan adalah
cara kita menyapa atau memanggil anggota keluarga tersebut.
contoh:
-
ayah dipanggil Ayah / Papa
-
ibu dipanggil Ibu / Mama
-
kakak laki-laki dipanggil Mas / Abang
-
kakak perempuan dipanggil Mbak / Teteh
-
adik dipanggil Adik
Jadi kesimpulannya:
Menyebut anggota keluarga berarti mengatakan siapa anggota keluarga kita.
Panggilan berarti cara kita memanggil mereka.
💫B.Indonesia
B.Indonesia
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Bentuk yang memiliki 4 sisi sama panjang disebut ….
Bentuk yang bulat seperti bola disebut ….
Segitiga memiliki berapa sisi?
Gambar jam dinding biasanya berbentuk ….
Bentuk persegi panjang memiliki berapa sudut?
Bentuk pintu rumah biasanya berbentuk ….
Bentuk yang punya 3 sudut adalah ….
Roda sepeda berbentuk ….
Buku tulis kebanyakan berbentuk ….
Mata uang logam berbentuk ….
7. Penutup

Tidak ada komentar:
Posting Komentar