
Hari / Tanggal : Kamis 27 November 2025
Kelas : 1 A
Mapel : P. Pancasila, B. indonesia dan sbdp
· kartu bergambar benda –benda yang dimiliki suku kata
· alat tulis dan alat warna, buku-buku bacaan fiksi dan nonfiksi yang bertemsa pancaindra.
Media Digital
· Video Pembelajaran
· Video pendek tentang mengenal huruf
💥Cp Pendidikan Pancasila
💫Murid mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga; menceritakan contoh sikap mematuhi aturan di lingkungan keluarga; dan menunjukkan perilaku mematuhi aturan dilingkungan keluarga..
💥Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila
💫Murid mampu menejelaskan arti aturan
💫Murid Mengidentifikasi aturan di rumah dan di sekolah
💥 Capaian Penbelajaran Sbdp
menilai karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata sehari-hari.
💥Tujuan Pembelajaran sbdp
💥Murid Menilai karya (gambar, lukisan, kolase) dan penciptaan karya seni rupa (gambar, lukisan, kolase) dengan menggunakan kosa kata sehari-hari.
· 💥Murid mengamati karya seni rupa sederhana (gambar, lukisan, kolase).
💫1
💥 Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia
murid mampu memperkenalkan keluarga inti (ayah, ibu, anak) dan keluarga besar, serta memahami kosakata terkait hubungan keluarga
💥Tujuan Pembelajaran ( TP) B.Indonesia
💫1.1 · Murid dapat memperkenalkan anggota keluarga inti ( ayah, ibu, anak) dan keluarga besar, serta mamehami kosakata hubungan keluarga seperti kakek, kakek, nenek, paman,bibi, dan sepupu.
2. Materi ajar
Let's Check This Video
sbdp
🎨 Pengertian Warna:
Warna ada yang utama dan ada yang campuran.
Warna Primer (Utama)
👉 Warna yang tidak bisa dibuat dari campuran warna lain.
Contohnya:
Merah
Kuning
Biru
Warna Sekunder (Campuran Dua Warna Primer)
👉 Warna yang dibuat dengan mencampur dua warna primer.
Contohnya:
Merah + Kuning = Oranye
Kuning + Biru = Hijau
Biru + Merah = Ungu
Warna Tersier (Campuran Warna Primer dan Sekunder)
👉 Warna yang dibuat dari campuran satu warna primer dengan satu warna sekunder di sebelahnya.
Contohnya:
Merah + Oranye = Merah-oranye
Kuning + Hijau = Kuning-hijau
Biru + Ungu = Biru-ungu
✨ Jadi, warna primer adalah warna dasar, sekunder hasil campuran dua warna dasar, dan tersier hasil campuran warna primer dengan sekunder.
🎨 Warna Panas dan Warna Dingin
1. Warna Panas (Hangat)
👉 Warna yang memberi kesan panas, semangat, dan berenergi.
Contohnya:
Merah ❤️
Oranye 🟠
Kuning 💛
✨ Warna ini sering dihubungkan dengan api dan matahari.
2. Warna Dingin
👉 Warna yang memberi kesan sejuk, tenang, dan damai.
Contohnya:
Biru 💙
Hijau 💚
Ungu 💜
✨ Warna ini sering dihubungkan dengan air, langit, dan pepohonan.
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Pendidikan Pancasila
👉 Aturan adalah kesepakatan yang harus kita ikuti supaya kegiatan berjalan dengan baik dan semua merasa nyaman.
Contoh aturan di kelas 1:
Masuk kelas tepat waktu.
Mengangkat tangan sebelum berbicara.
Membuang sampah pada tempatnya.
Saling menghormati teman dan guru.
🌟 Pengertian Aturan
Aturan adalah kesepakatan yang harus dipatuhi agar kehidupan menjadi tertib, aman, dan menyenangkan.
🏠 Contoh Aturan di Rumah
Bangun tidur tepat waktu.
Makan sambil duduk dengan rapi.
Merapikan mainan setelah digunakan.
Menghormati orang tua.
🏫 Contoh Aturan di Sekolah
Masuk kelas tepat waktu.
Mengangkat tangan sebelum berbicara.
Mendengarkan guru dengan baik.
Saling menghargai teman.
🌳 Contoh Aturan di Lingkungan
Tidak membuang sampah sembarangan.
Menjaga kebersihan halaman dan jalan.
Tidak merusak tanaman atau fasilitas umum.
Saling tolong-menolong dengan tetangga.
💫Bahasa Indonesia Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/ Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/ Let’s check this video Let’s check this video
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Pengertian Menyebut Anggota Keluarga dan Panggilannya
menyebut anggota keluarga adalah
kegiatan menyebut siapa saja orang yang ada di dalam keluarga kita.
misalnya:
ayah
ibu
kakak
adik
panggilan adalah
cara kita menyapa atau memanggil anggota keluarga tersebut.
contoh:
ayah dipanggil Ayah / Papa
ibu dipanggil Ibu / Mama
kakak laki-laki dipanggil Mas / Abang
kakak perempuan dipanggil Mbak / Teteh
adik dipanggil Adik
menyebut anggota keluarga adalah
kegiatan menyebut siapa saja orang yang ada di dalam keluarga kita.
misalnya:
ayah
ibu
kakak
adik
panggilan adalah
cara kita menyapa atau memanggil anggota keluarga tersebut.
contoh:
ayah dipanggil Ayah / Papa
ibu dipanggil Ibu / Mama
kakak laki-laki dipanggil Mas / Abang
kakak perempuan dipanggil Mbak / Teteh
adik dipanggil Adik
Jadi kesimpulannya:
Menyebut anggota keluarga berarti mengatakan siapa anggota keluarga kita.
Panggilan berarti cara kita memanggil mereka.
Menyebut anggota keluarga berarti mengatakan siapa anggota keluarga kita.
Panggilan berarti cara kita memanggil mereka.
3. Contoh Soal
1. Kita memanggil ayah dengan sebutan ________.
Jawaban: ayah / papa
2. Kita memanggil kakak perempuan dengan sebutan ________.
Jawaban: kakak / kakak perempuan
3. Ibu memasak di ________.
Jawaban: dapur
4. Keluarga yang tinggal serumah disebut keluarga ________.
Jawaban: inti
5. Kita harus ________ kepada orang tua.
Jawaban: hormat / sayang
C. Soal Cerita Singkat
Bacalah cerita berikut!
Ini adalah keluarga Beni. Ayah bekerja sebagai petani. Ibu memasak dan merawat rumah. Beni mempunyai seorang adik bernama Dika.
Jawablah!
-
Siapakah yang bekerja sebagai petani?
Jawaban: ayah -
Siapa nama adik Beni?
Jawaban: Dika -
Apa kegiatan ibu di rumah?
Jawaban: memasak dan merawat rumah
5. Kesimpulan
6. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini pembelajaran seni rupa adalah karya seni yang bisa dilihat dan diraba. Dalam membuat gambar atau karya seni lainnya dan kesimpulan pembelajaran pendididkan pancasila ancasila berasal dari bahasa sansekerta yaitu panca dan sila. kata panca berarti lima dan sila berarti sendi/dasar atau peraturan tingkah laku yang penting dan baik. Pancasila merupakan lima dasar yang berisi pedoman atau aturan tentang tingkah laku yang penting dan baik , Aturan adalah kesepakatan yang harus kita ikuti supaya kegiatan berjalan dengan baik dan semua merasa nyaman..Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok hari jumat 28 November 2025 kita yaitu p.pancasila, Matematika .
| Wassalamuaaliakum ... |
.jpg)


Tidak ada komentar:
Posting Komentar