Hari / Tanggal : Kamis 23 Januari 2025
Kelas : 1 A
Mapel : P5 dan Pendidikan Pancasila
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
💥 Capaian Penbelajaran Pendidikan Pancasila
1. Menyebutkann identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin , ciri- ciri fisik dan hobinya
2. Menyebutkan identitas diri ( fisik dan non fisik ) keluarga dan teman –temannya di lingkungan rumah dan di sekolah .
3. Meceritakan dan menghargai perbedaan baik fisik maupun non fisik keluarga dan teman teman- temanya di lingkungan rumah dan sekolah .
💥Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila
💫1.1 Peserta didik dapat menyebutkan identitas diri sesuai dengan jenis kelamin, minat, dan perilak
💫1.2Pesrta didik dapat Menyebutkan identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin , ciri- ciri fisik dan hobiya
💫1.3peserta didik dapat Menyebutkan identitas diri ( fisik dan non fisik) keluarga dan teman –temannya lingkungan rumah dan disekolah
💫1.4Menceritakan dan menghargai perbedaan baik fisik non fisik kelurga dan tean – temannya di lingkungan rumah
💥 Tema P5 : Gaya Hidup Berkelanjutan
💥 Capaian Penbelajaran P5
- Peserta didik mampu Meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya hidup berkelanjutan
- Peserta didik mampu Menciptakan keseimbangan antara kebutuhan manusia dan pelestarian lingkungan
- Peserta didik mampu Mendorong siswa untuk mengadopsi gaya hidup ramah lingkungan
💥Tujuan Pembelajaran
💫1.1 Peserta didik dapat bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, kreativitas dan kemandirian murid. Selain itu, juga menambah pengetahuan dan pengalaman membuat totebag ecoprint dengan memanfaatkan daun yang ada disekitar lingkungan sekolah / rumah sebagai bahan pewarna alami.
2. . Apersepsi
Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas kemarin yaitu Pendidikan Pancasila " " Identitas diri sendiri dan orang lain" " dan seni budaya ( sbdp) .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai Pembelajaran P5 Tema : Gaya Hidup Berkelanjutan, Topik : Alam Mendidik Kita Kreatif, Judul : Pemanfaatan Daun untuk Ecoprint dan Pendidikan Pancasila " " Identitas diri sendiri dan orang lain"
3. Materi ajar
" Identitas diri sendiri dan orang lain" 💫Pendidikan Pncasila 💥Identitas diri adalah ciri-ciri atau keadaan seseorang yang berbeda dengan orang lain. Identitas diri dapat terbentuk di lingkungan keluarga maupun masyarakat. Identitas diri seseorang dapat ditentukan dari beberapa hal, seperti:
Beberapa contoh identitas diri, yaitu:
|
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
P5 menjadi salah satu sarana pencapaian profil Pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan belajar dari lingkungan sekitar. Untuk program P5 SD Al Azhar 3 yaitu
- Meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya hidup berkelanjutan
- Menciptakan keseimbangan antara kebutuhan manusia dan pelestarian lingkungan
- Mendorong siswa untuk mengadopsi gaya hidup ramah lingkungan
💫Pendidikan Pancasila
- Kain yang terbuat dari serat alami, seperti katun, linen, sutra, atau mori
- Daun, bunga, atau batang tanaman yang mengandung pigmen warna
- Bahan pengikat, seperti tawas, cuka, atau ferrous sulfate
- Air
6. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini pembelajaran pendidikan pancasila Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah tentang peraturan ialah pedoman atau panduan yang mengatur perilaku siswa agar lebih baik. Aturan ini penting untuk menciptakan ketertiban dan keteraturan di kelas.tidak hanya peraturan di kelas yang wajib di patuhi ananda sholeh sholeha tetap peraturan juga ada di mana mana yang wajib kita patuhi P5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas.
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jan9gan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 24 Januari 2024 kita yaitu mapel p5. .
Wassalamuaalikum ...
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar