Selasa, 01 Oktober 2024

Materi Ajar Rabu 02 Oktober 2024

     Terjual Dompet KW SUPER | LEVIS - DUNHILL - HERMES - IMPERIAL HORSE | KASKUS 

Hari / Tanggal              : Rabu 02 Oktober 2024

Kelas                            :  1 A

 Mapel                        :   Pendidikan Pancasila dan Sbdp 

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan
         

1.   Capaian Penbelajaran Sbdp

    💫Peserta didik mampu  berdiskusi mengenai aneka karya seni dan alasan mereka menciptakan karya seni

💥  Tujuan Pembelajaran (TP) Sbdp

    💫 1.1  Peserta dididik dapat  mengasosiasikan definisi“indah” atau “artistik” daribenda-benda di sekitarnya.

💫1.2  Peserta dididik dapat mampumendokumentasikan hasilpengamatannya.

💫1.3.  Peserta dididik dapat percaya diri dalammemilih alat dalam prosesdalam berkreasi

💥  Capaian Penbelajaran Pendidikan Pancasila

    💫  Peserta didik mampu  mengidentifikasi aturan yang ada di rumah dan di sekolah serta melaksanakannya dengan bimbingan orang tua dan guru.

    💫   Peserta didik mampu  menceritakan contoh sikap mematuhi dan yang tidak mematuhi aturan yang berlaku di rumah dan di sekolah.


    💫   Peserta didik mampu menyampaikan pendapatnya di kelas sesuai dengan tingkat berfikir dan konteksnya.


                💫Peserta didik mampu mendengarkan ketika temannya berbicara, dan membuat kesepakatan sederhana di
 kelas dengan bimbingan sesuai dengan tingkat berpikir dan konteksnya dengan bimbingan guru.


💥Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila

    💫1.1  Peserta didik dapat menjadi pribadi yang patuh terhadap aturan

2. . Apersepsi

 Masi ingatkah kalian tentang materi yang  sudah kita bahas  kemarin  yaitu peringatan maulid nabi muhammad SAW" .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai  Pendidikan Pancasila "   dan  Sbdp " "  

3. Materi ajar


                                   Let’s check this video

                                        VIDEO PEMBELAJARAN  

                                    Bahaasa Indonesia 

                                        BaB 1 Aku Cinta Pancasila


 


💫Pendidikan Pncasila 
    💥Peraturan untuk anak kelas 1 SD adalah pedoman atau panduan yang mengatur perilaku siswa agar lebih baik. Aturan ini penting untuk menciptakan ketertiban dan keteraturan di kelas. 
Berikut adalah beberapa contoh peraturan kelas 1 SD:
1. Datang ke sekolah sebelum pembelajaran dimulai 
2. Berbaris dengan rapi di depan kelas sebelum masuk 
3. Berdoa sebelum dan setelah pelajaran
4. Bertanggung jawab atas kebersihan kelas
5. Siswa piket melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik 
6. Berperilaku senyum, salam, sapa, sopan, dan santun 
7. Mendengarkan ketika guru berbicara 
8. Menghargai diri sendiri dan orang lain
9. Mengikuti petunjuk dengan cepat 
💢Aturan bisa berupa petunjuk, perintah, ketentuan, dan patokan yang ditujukan untuk mengatur kehidupan. Aturan bisa berupa aturan tertulis dan aturan tidak tertulis. Aturan tertulis dibuat oleh lembaga atau pejabat yang berwenang dan disahkan dalam bentuk undang-undang atau peraturan
💢Peraturan kelas adalah alat untuk mengatur perilaku siswa di kelas agar menjadi lebih baik. Aturan kelas penting untuk menciptakan ketertiban dan keteraturan di kelas. 
Berikut adalah beberapa contoh peraturan kelas: 
  • Membuang sampah pada tempatnya 
  • Menjaga kebersihan kelas 
  • Mengenakan seragam sesuai ketentuan sekolah 
  • Tidak membawa senjata tajam (gunting/pisau) kecuali dibutuhkan dalam pembelajaran 
  • Tidak memainkan HP saat proses belajar mengajar 
  • Hadir di kelas tepat waktu 
  • Mengikuti pelajaran dengan penuh perhatian 
  • Membawa buku, alat tulis, dan perlengkapan belajar lainnya yang sesuai dengan mata pelajaran 
  • Menghormati guru dan teman sekelas 
Aturan bisa berupa aturan tertulis dan aturan tidak tertulis. Aturan tertulis memiliki sanksi yang tegas dan mengikat, sedangkan aturan tidak tertulis memiliki sanksi yang tidak setegas aturan tertulis. 

 💫Sbdp

Let’s check this video

VIDEO PEMBELAJARAN  

Bahaasa Indonesia 

BaB 1 Seni Rupa 

💫Sbdp 
 
     Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetik

Berdasarkan fungsinya, seni rupa dibedakan menjadi dua, yaitu:

  • Seni rupa murni, yaitu seni rupa yang mengutamakan cipta, rasa, dan karsa manusia pada sesuatu yang indah untuk mengekspresikan diri. Contoh: lukisan abstrak, patung nonfiguratif, instalasi konseptual, dll.
  • Seni rupa terapan (seni kriya), yaitu seni rupa yang menciptakan karya yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh: batik, anyaman, ukiran kayu, perhiasan emas, dll.

Contoh-Contoh Seni Rupa

Berikut adalah beberapa contoh karya seni rupa dari berbagai jenis dan periode:

  • Seni rupa dua dimensi: Monalisa karya Leonardo da Vinci (seni lukis Renaisans), Guernica karya Pablo Picasso (seni lukis Kubisme), Marilyn Monroe karya Andy Warhol (seni lukis Pop Art), dll.
  • Seni rupa tiga dimensi: Patung Venus dari Milo (seni patung Yunani kuno), Patung David karya Michelangelo (seni patung Renaisans), Patung Liberty karya Frederic Auguste Bartholdi (seni patung Neoklasik), dll.
  • Seni rupa murni: The Starry Night karya Vincent van Gogh (seni lukis Pasca-Impresionisme), The Persistence of Memory karya Salvador Dali (seni lukis Surrealisme), Black Square karya Kazimir Malevich (seni lukis Abstrak), dll.
  • Seni rupa terapan: Batik Megamendung dari Cirebon (seni kriya tekstil Indonesia), Keramik Celadon dari Korea (seni kriya keramik Asia), Tiffany Lamp dari Amerika (seni kriya kaca Barat), dll.



1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/g
 4, Contoh Soal
 
 Yukk perhatikan unsur seni berikut ini ..
 
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
UNSUR SENI | hikmat78
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS

 
💥Latihan soal seni rupa 

1.     


Bingkai foto merupakan contoh benda berbentuk…...

2.      Bahan lilin atau plastisin biasanya memiliki sifat ....

3.      Aidan menggambar pohon mangga. Objek gambar Aidan adalah ….

4.      Kulit pisang halus jika diraba. Tekstur tersebut termasuk ….

5.      Ilham ingin membuat model kota. Ilham menempel model bangunan pada model

5.  Evaluasi   
💫 Kerjakan latihan soal berikut dengan benar!  
Pendidikan Pancasila 

Nama :

Kelas :

Petunjuk!

1. Peserta didik memperhatikan gambar aturan di rumah dan di sekolah.

2. Gambar-gambar tersebut akan menunjukan perbedaan mana aturan di sekolah dan aturan di rumah.

3. Peserta didik memberi tanda ceklist ( √ ) pada gambar yang sesuai dengan kegiatan mematuhi aturan di rumah atau di sekolah.



6. Penutup

    Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah tentang peraturan ialah pedoman atau panduan yang mengatur perilaku siswa agar lebih baik. Aturan ini penting untuk menciptakan ketertiban dan keteraturan di kelas.tidak hanya peraturan di kelas yang wajib di patuhi ananda sholeh sholeha tetap peraturan juga ada di mana mana yang wajib kita patuhi .  Selanjutnya kesimpulan dari materi  Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetik. 

7. Kesimpulan pembelajara

Amdulillah sebagian besar peserta didik sudah memahami materi yang berkaitan dengan unsur unsur sebi rupa, namun pada pembelajaran sbdp ada 3 peserta didik yang masih belum memahami unsur usur seni rupa. Guru memberikan bimbingan kembali terhadap ke3 peserta didiik tersebut agar tujuan pembelajaran dapat tercapai oleh peserta didik .

 Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami  Jan9gan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 03 Oktober 2024 kita yaitu mapel  pendidikan Pancasila dan P5  . .










Wassalamuaaliakum ...    

 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Kamis 14 November 2024

     H ari / Tanggal                 : Kamis 14 November 2024  Kelas                                       :  1 A   Mapel                   ...