Hari / Tanggal : Senin 01 September 2025
Kelas : 1 A
Mapel : P. Pancasila dan B.indonesia
💥 Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia
Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
💥Tujuan Pembelajaran ( TP) B.Indonesia
💫1.1 Murid dapat Menyimpulkan informasi dalam teks cerita gambar
💥Cp Pendidikan Pancasila
💫Murid mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga; menceritakan contoh sikap mematuhi aturan di lingkungan keluarga; dan menunjukkan perilaku mematuhi aturan dilingkungan keluarga..
💥Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila
💫Murid mampu menejelaskan arti aturan
💫Murid Mengidentifikasi aturan di rumah dan di sekolah
💥. Materi ajar
Let's Check This Video
Pendidikan Pancasila
👉 Aturan adalah kesepakatan yang harus kita ikuti supaya kegiatan berjalan dengan baik dan semua merasa nyaman.
Contoh aturan di kelas 1:
-
Masuk kelas tepat waktu.
-
Mengangkat tangan sebelum berbicara.
-
Membuang sampah pada tempatnya.
-
Saling menghormati teman dan guru.
🌟 Pengertian Aturan
Aturan adalah kesepakatan yang harus dipatuhi agar kehidupan menjadi tertib, aman, dan menyenangkan.
🏠 Contoh Aturan di Rumah
-
Bangun tidur tepat waktu.
-
Makan sambil duduk dengan rapi.
-
Merapikan mainan setelah digunakan.
-
Menghormati orang tua.
🏫 Contoh Aturan di Sekolah
-
Masuk kelas tepat waktu.
-
Mengangkat tangan sebelum berbicara.
-
Mendengarkan guru dengan baik.
-
Saling menghargai teman.
🌳 Contoh Aturan di Lingkungan
-
Tidak membuang sampah sembarangan.
-
Menjaga kebersihan halaman dan jalan.
-
Tidak merusak tanaman atau fasilitas umum.
-
Saling tolong-menolong dengan tetangga.
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
🌟 Latihan Soal Esai Singkat dan Jawaban
-
Apa yang dimaksud dengan aturan?
👉 Aturan adalah kesepakatan yang harus dipatuhi supaya tertib dan nyaman. -
Sebutkan satu contoh aturan di rumah!
👉 Merapikan mainan setelah digunakan. -
Sebutkan satu contoh aturan di sekolah!
👉 Mengangkat tangan sebelum berbicara. -
Mengapa kita harus menaati aturan?
👉 Supaya hidup tertib, aman, dan menyenangkan. -
Apa yang terjadi jika kita tidak mengikuti aturan?
👉 Akan terjadi kekacauan dan bisa merugikan orang lain.
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
6. Kesimpulan
Kesimpulan pembelajaran hari ini pembelajaran pendidikan pancasila ialah Aturan adalah kesepakatan yang harus kita ikuti supaya kegiatan berjalan dengan baik dan semua merasa nyaman. dan kesimpulan pembelajaran b.indonesia Membaca permulaan merupakan tahap awal dalam belajar membaca yang difokuskan kepada mengenal simbol- simbol atau tanda-tanda yang berkaitan dengan hurf-huruf sehingga menjadi pondasi agar anak dapat melanjutkan ketahap membaca permulaan.
7. Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 02 September 2025 kita yaitu matematika dan b. indonesia
Wassalamuaaliakum ... |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar