Hari / Tanggal = Senin 28 April 2025
Kelas : 1 A
Mapel : Bahasa Indonesia , Matematika
Alokasi Waktu : 1 x PertemuanMetode Pembelajaran : Cooperative Learning
Metode Mengajar : Diskusi Kelompok
Media Pb Matematika : Lkpd, Pensil warna (media berhitung ), Video pb " PH"
Media Pb B. indonesia : Vidio pb, lkpd,
1. Capaian Penbelajaran Matematika :
v Peserta didik dapat menurutkan benda berdasarkan panjangdan berat
v Peserta didik dapat membandinkan panjang dan berat benda secara kualitatif
💥 Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika :
💫 Peserta didik mampu menukur dan membandingkan panajng dua buah benda mengunakan satuan tidak baku denan membilan banyak benda
💥Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia
💫Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana.
Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Idonesia
💫 Peserta didik mampu menuliskan dan memahami kata -kata sederhana tentan arah dan letak arah dsn pekerjaan di sekitar kalian
2. . Apersepsi
Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas kemari di hari jumat yaitu P5 "ecoprint " untuk pb hari ini kitaakan membahasa materi Bahasa Indonesia matematika . .
3. Materi ajar
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Bahaasa Indonesia
Dalam komunikasi, menyimak berarti mendengar dengan penuh perhatian, sementara bercerita adalah menyampaikan suatu kisah atau informasi secara lisan. Jika digabungkan, "menyimak bercerita" bisa berarti:
- Mendengarkan cerita dengan aktif – Memperhatikan detail, menangkap emosi, dan memahami pesan yang disampaikan oleh pembicara.
- Belajar dari cerita orang lain – Menggunakan cerita sebagai sumber pembelajaran, inspirasi, atau refleksi.
- Berinteraksi dengan cerita – Bisa berupa memberikan tanggapan, bertanya, atau menyampaikan pendapat setelah menyimak cerita.
💫Matematika
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Matematika
Alat ukur tidak baku adalah alat ukur yang tidak memiliki satuan tetap dan belum distandarisasi secara internasional. Alat ini biasanya digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama oleh anak-anak atau dalam situasi informal, dan hasil pengukurannya bisa berbeda-beda tergantung pada siapa yang mengukur atau bagaimana alat itu digunakan.
Contoh Alat Ukur Tidak Baku:
Jengkal tangan – digunakan untuk mengukur panjang atau lebar.
Kaki (langkah) – untuk mengukur jarak.
Depa (rentangan tangan) – mengukur panjang, seperti lebar kain.
Genggaman tangan – untuk mengukur volume benda kecil, seperti beras.
Botol atau gelas – digunakan untuk mengukur cairan (misalnya, "1 gelas air").
Batang lidi – bisa digunakan untuk mengukur kedalaman atau panjang.
Sendok – untuk mengukur bahan makanan.
Ciri-ciri Alat Ukur Tidak Baku:
Tidak konsisten hasil pengukurannya.
Berbeda-beda antar individu.
Tidak bisa digunakan untuk pengukuran ilmiah atau teknis.
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/g
Soal PH matematika
Nama :
Kelas :
A.
Pilihan Ganda
Nama:
A. Pilihan Ganda
- Alat ukur tidak baku untuk
mengukur panjang adalah...
a. jengkal
b. meteran
c. timbangan
- Untuk mengukur berat buah secara
tidak baku, kita bisa menggunakan...
a. batu
b. penggaris
c. jam
- Langkah kaki digunakan untuk
mengukur...
a. waktu
b. panjang atau jarak
c. berat
- Contoh alat ukur tidak baku
untuk mengukur berat adalah...
a. timbangan
b. ember berisi air
c. batu kecil
- Yang merupakan alat ukur tidak
baku adalah...
a. penghapus
b. penggaris
c. mistar
B. Isian Singkat
Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang tepat!
- Mengukur meja dengan jengkal
tangan termasuk alat ukur __________.
- Langkah kaki dapat digunakan
untuk mengukur __________ lapangan.
- Batu kecil bisa digunakan untuk
mengukur __________ benda.
- Contoh alat ukur tidak baku
untuk panjang adalah __________.
- Mengukur berat benda kecil bisa
menggunakan __________.
C. Essay Pendek
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
- Apa yang dimaksud dengan alat
ukur tidak baku?
- Sebutkan 2 contoh alat ukur
tidak baku!
- Mengapa alat ukur tidak baku
hasilnya bisa berbeda-beda?
- Sebutkan kegiatan sehari-hari
yang menggunakan alat ukur tidak baku!
- Bagaimana cara mengukur panjang papan tulis dengan jengkal tangan?
- Alat ukur tidak baku untuk
mengukur panjang adalah...
A.
Pilihan Ganda
Pilih
jawaban yang paling benar!
- Di bawah ini yang termasuk kata
sederhana adalah...
a. berjalan-jalan
b. rumah
c. memperkenalkan
- Kata sederhana dari
"berlari-lari" adalah...
a. berlari
b. lari
c. jalan
- "Ibu memasak di
dapur."
Kata sederhana dari kalimat di atas adalah...
a. memasak
b. dapur
c. ibu
- "Adik tidur siang."
Kata sederhana dalam kalimat tersebut adalah...
a. tidur
b. siang
c. adik
- Mana yang bukan kata sederhana?
a. makan
b. bermain
c. mempermainkan
B. Isian
Singkat
Isilah
titik-titik berikut dengan jawaban yang tepat!
- Kata sederhana adalah kata yang
terdiri dari __________ suku kata.
- Kata sederhana dari
"bermain-main" adalah __________.
- Ibu __________ nasi di dapur.
(lengkapi dengan kata sederhana)
- Ayah pergi ke __________.
(lengkapi dengan kata sederhana tempat)
- Kata dasar dari
"membaca" adalah __________.
C. Essay
Pendek
Jawablah
dengan jelas!
- Apa itu kata sederhana?
- Sebutkan 3 contoh kata
sederhana!
- Ubah kata
"bernyanyi-nyanyi" menjadi kata sederhana!
- Buatlah satu kalimat menggunakan
kata "buku"!
- Buatlah satu kalimat menggunakan kata "sekolah"!
6. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah tentang matematika. dan untuk kesimpulan mapel Alat ukur tidak baku adalah alat ukur yang tidak memiliki satuan tetap dan belum distandarisasi secara internasional. Alat ini biasanya digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama oleh anak-anak atau dalam situasi informal, dan hasil pengukurannya bisa berbeda-beda tergantung pada siapa yang mengukur atau bagaimana alat itu digunakan. bahasa indonesia ialah Membaca dan menulis adalah keterampilan dasar yang saling berkaitan dan penting untuk perkembangan intelektual dan kehidupan sehari-hari .
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy.Demikian pembelajaran hari 29 Oktober 2024 kita yaitu mapel Bahasa Indonesia dan Matematika
Kesimpulan pembelajara
Amdulillah pada kegiatan Refleksi pembelajaran di Semester 1 ananda sholeh sholeha merasa sangat sennang dan sangat gembira karna pemeblajaran sambil bermain, harapan di semster 2 ananada sholeh sholeha dapat giat belajar membaca dan menulis.
mahami materi suku ada 2 peserta didik yang masih belum memahami terkait pembelajaran matematika deng Materi " alat ukur tidak baku" .Guru memberikan bimbingan kembali terhadap ke2 peserta didiik tersebut agar tujuan pembelajaran dapat tercapai oleh peserta didik
Demikian pembelajaran hari 29 April 2025 kita yaitu mapel Bahasa Indonesia dan Matematika .
Wassalamuaaliakum ... | |
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy.Demikian pembelajaran hari 29 Oktober 2024 kita yaitu mapel Bahasa Indonesia dan Matematika
Tidak ada komentar:
Posting Komentar