Hari / Tanggal = Selasa 15 April 2025
Kelas : 1 A
Mapel : Bahasa Indonesia , Matematika
Alokasi Waktu : 1 x PertemuanMetode Pembelajaran : Cooperative Learning
Metode Mengajar : Diskusi Kelompok
Media Pb Matematika : Lkpd, Pensil warna (media berhitung ), Video pb
Media Pb B. indonesia : Vidio pb, lkpd,
1. Capaian Penbelajaran Matematika :
💢 Peserta didik dapat menurutkan benda berdasarkan panjangdan berat
💢Peserta didik dapat membandinkan panjang dan berat benda secara kualitatif
💥 Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika :
💫 Peserta didik mampu menukur dan membandingkan panajng dua buah benda mengunakan satuan tidak baku denan membilan banyak benda
💥Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia
💫Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana.
Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Idonesia
💫 Peserta didik mampu menuliskan dan memahami kata -kata sederhana tentan arah dan letak arah dsn pekerjaan di sekitar kalian
2. . Apersepsi
Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas kemari di hari jumat yaitu bahasa indonesia dan matematika, untuk pb hari ini kitaakan membahasa materi Bahasa Indonesia matematika . .
3. Materi ajar
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
"Bahaasa Indonesia "
Dalam komunikasi, menyimak berarti mendengar dengan penuh perhatian, sementara bercerita adalah menyampaikan suatu kisah atau informasi secara lisan. Jika digabungkan, "menyimak bercerita" bisa berarti:
- Mendengarkan cerita dengan aktif – Memperhatikan detail, menangkap emosi, dan memahami pesan yang disampaikan oleh pembicara.
- Belajar dari cerita orang lain – Menggunakan cerita sebagai sumber pembelajaran, inspirasi, atau refleksi.
- Berinteraksi dengan cerita – Bisa berupa memberikan tanggapan, bertanya, atau menyampaikan pendapat setelah menyimak cerita.
💫Matematika
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Matematika
Alat ukur tidak baku adalah alat ukur yang tidak memiliki satuan tetap dan belum distandarisasi secara internasional. Alat ini biasanya digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama oleh anak-anak atau dalam situasi informal, dan hasil pengukurannya bisa berbeda-beda tergantung pada siapa yang mengukur atau bagaimana alat itu digunakan.
Contoh Alat Ukur Tidak Baku:
Jengkal tangan – digunakan untuk mengukur panjang atau lebar.
Kaki (langkah) – untuk mengukur jarak.
Depa (rentangan tangan) – mengukur panjang, seperti lebar kain.
Genggaman tangan – untuk mengukur volume benda kecil, seperti beras.
Botol atau gelas – digunakan untuk mengukur cairan (misalnya, "1 gelas air").
Batang lidi – bisa digunakan untuk mengukur kedalaman atau panjang.
Sendok – untuk mengukur bahan makanan.
Ciri-ciri Alat Ukur Tidak Baku:
Tidak konsisten hasil pengukurannya.
Berbeda-beda antar individu.
Tidak bisa digunakan untuk pengukuran ilmiah atau teknis.
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/g
latihan soal matematika
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Nama :
Kelas :
Rina ingin mengukur panjang meja dengan menggunakan jengkal tangannya. Setelah diukur, panjang meja adalah 6 jengkal. Jika temannya, Dinda, mengukur meja yang sama dengan tangannya sendiri, ternyata hasilnya 8 jengkal.
Pertanyaan: Mengapa hasil pengukuran Rina dan Dinda berbeda?
Jawaban:
Karena jengkal tangan adalah alat ukur tidak baku, ukurannya bisa berbeda untuk setiap orang. Jengkal Rina mungkin lebih besar dari jengkal Dinda, sehingga jumlah jengkal yang dibutuhkan untuk mengukur meja jadi berbeda.
🔹 Contoh Soal 2:
Ibu ingin mengisi air ke dalam panci dan menggunakan gelas sebagai alat ukurnya. Ia menuangkan 4 gelas air ke dalam panci.
Pertanyaan: Apakah jumlah air yang dituang akan sama jika orang lain menggunakan gelas yang berbeda?
Jawaban:
Belum tentu sama, karena gelas adalah alat ukur tidak baku. Ukuran gelas bisa berbeda-beda, jadi volume air yang dituang juga bisa berbeda.
🔹 Contoh Alat Ukur Tidak Baku yang Ada di Sekitar Kita:
Jengkal tangan
Langkah kaki
Depa
Genggaman tangan
Gelas
Sendok
Botol bekas
Lidi
Ember
Jengkal tangan
Langkah kaki
Depa
Genggaman tangan
Gelas
Sendok
Botol bekas
Lidi
Ember
6. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah tentang matematika. dan untuk kesimpulan mapel Alat ukur tidak baku adalah alat ukur yang tidak memiliki satuan tetap dan belum distandarisasi secara internasional. Alat ini biasanya digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama oleh anak-anak atau dalam situasi informal, dan hasil pengukurannya bisa berbeda-beda tergantung pada siapa yang mengukur atau bagaimana alat itu digunakan. bahasa indonesia ialah Membaca dan menulis adalah keterampilan dasar yang saling berkaitan dan penting untuk perkembangan intelektual dan kehidupan sehari-hari .
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy.Demikian pembelajaran hari 29 Oktober 2024 kita yaitu mapel Bahasa Indonesia dan Matematika
Wassalamuaaliakum ... | |
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy.Demikian pembelajaran hari 29 Oktober 2024 kita yaitu mapel Bahasa Indonesia dan Matematika
Tidak ada komentar:
Posting Komentar