Senin, 14 April 2025

Materi Ajar, Selasa 15 April 2025

           Terjual Dompet KW SUPER | LEVIS - DUNHILL - HERMES - IMPERIAL HORSE | KASKUS 

Hari / Tanggal              = Selasa 15 April  2025

Kelas                               :  1 A

 Mapel                             :   Bahasa Indonesia ,  Matematika 

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan

Metode Pembelajaran  : Cooperative Learning

Metode Mengajar : Diskusi Kelompok 

Media Pb Matematika : Lkpd, Pensil warna (media berhitung ), Video pb 

Media Pb B. indonesia : Vidio pb, lkpd, 

1.   Capaian Penbelajaran Matematika  :

   ðŸ’¢  Peserta didik dapat menurutkan benda berdasarkan panjangdan berat

💢Peserta didik dapat membandinkan panjang dan berat benda secara kualitatif

💥  Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika :

    ðŸ’« Peserta didik mampu menukur dan membandingkan panajng dua buah benda mengunakan satuan tidak baku denan membilan banyak benda

💥Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia

    ðŸ’«Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana.

Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Idonesia 

 ðŸ’« Peserta didik mampu menuliskan dan memahami kata -kata sederhana tentan arah dan letak arah dsn pekerjaan di sekitar kalian 

2. . Apersepsi

 Masi ingatkah kalian tentang materi yang  sudah kita bahas kemari di hari jumat yaitu bahasa indonesia  dan matematika, untuk pb hari ini kitaakan membahasa materi Bahasa Indonesia  matematika .   . 

3. Materi ajar

Let’s check this video

VIDEO PEMBELAJARAN  

"Bahaasa Indonesia "


💫Bahasa Indonesia 
💥Membaca dan menulis adalah keterampilan dasar yang saling berkaitan dan penting untuk perkembangan intelektual dan kehidupan sehari-hari: 
  • Membaca
    Kemampuan memahami dan menafsirkan bahasa tertulis. Membaca merupakan proses perubahan lambang-tanda tulisan menjadi bunyi yang bermakna. 
  • Menulis
    Kemampuan menyampaikan pikiran, gagasan, dan informasi melalui bahasa tulis. Menulis adalah kegiatan menuangkan ide si penulis ke dalam bentuk tulisan


    
   Menyimak bercerita dapat diartikan sebagai aktivitas mendengarkan dengan saksama ketika seseorang sedang bercerita. Ini melibatkan pemahaman yang mendalam terhadap isi cerita, menangkap makna, dan merespons dengan tepat.

Dalam komunikasi, menyimak berarti mendengar dengan penuh perhatian, sementara bercerita adalah menyampaikan suatu kisah atau informasi secara lisan. Jika digabungkan, "menyimak bercerita" bisa berarti:

  1. Mendengarkan cerita dengan aktif â€“ Memperhatikan detail, menangkap emosi, dan memahami pesan yang disampaikan oleh pembicara.
  2. Belajar dari cerita orang lain â€“ Menggunakan cerita sebagai sumber pembelajaran, inspirasi, atau refleksi.
  3. Berinteraksi dengan cerita â€“ Bisa berupa memberikan tanggapan, bertanya, atau menyampaikan pendapat setelah menyimak cerita. 


yuk kita simak amabr berikut ini 

💫Matematika 

Let’s check this video

VIDEO PEMBELAJARAN  

Matematika 



Alat ukur tidak baku adalah alat ukur yang tidak memiliki satuan tetap dan belum distandarisasi secara internasional. Alat ini biasanya digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama oleh anak-anak atau dalam situasi informal, dan hasil pengukurannya bisa berbeda-beda tergantung pada siapa yang mengukur atau bagaimana alat itu digunakan.

Contoh Alat Ukur Tidak Baku:

  1. Jengkal tangan â€“ digunakan untuk mengukur panjang atau lebar.

  2. Kaki (langkah) â€“ untuk mengukur jarak.

  3. Depa (rentangan tangan) â€“ mengukur panjang, seperti lebar kain.

  4. Genggaman tangan â€“ untuk mengukur volume benda kecil, seperti beras.

  5. Botol atau gelas â€“ digunakan untuk mengukur cairan (misalnya, "1 gelas air").

  6. Batang lidi â€“ bisa digunakan untuk mengukur kedalaman atau panjang.

  7. Sendok â€“ untuk mengukur bahan makanan.

Ciri-ciri Alat Ukur Tidak Baku:

  • Tidak konsisten hasil pengukurannya.

  • Berbeda-beda antar individu.

  • Tidak bisa digunakan untuk pengukuran ilmiah atau teknis.


Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/g
5.  Evaluasi      

latihan soal matematika

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

Nama :

Kelas : 


💢Matematika 

Rina ingin mengukur panjang meja dengan menggunakan jengkal tangannya. Setelah diukur, panjang meja adalah 6 jengkal. Jika temannya, Dinda, mengukur meja yang sama dengan tangannya sendiri, ternyata hasilnya 8 jengkal.
Pertanyaan: Mengapa hasil pengukuran Rina dan Dinda berbeda?

Jawaban:
Karena jengkal tangan adalah alat ukur tidak baku, ukurannya bisa berbeda untuk setiap orang. Jengkal Rina mungkin lebih besar dari jengkal Dinda, sehingga jumlah jengkal yang dibutuhkan untuk mengukur meja jadi berbeda.


🔹 Contoh Soal 2:

Ibu ingin mengisi air ke dalam panci dan menggunakan gelas sebagai alat ukurnya. Ia menuangkan 4 gelas air ke dalam panci.
Pertanyaan: Apakah jumlah air yang dituang akan sama jika orang lain menggunakan gelas yang berbeda?

Jawaban:
Belum tentu sama, karena gelas adalah alat ukur tidak baku. Ukuran gelas bisa berbeda-beda, jadi volume air yang dituang juga bisa berbeda.


🔹 Contoh Alat Ukur Tidak Baku yang Ada di Sekitar Kita:

  • Jengkal tangan

  • Langkah kaki

  • Depa

  • Genggaman tangan

  • Gelas

  • Sendok

  • Botol bekas

  • Lidi

  • Ember

6. Penutup

    Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah tentang matematika. dan untuk kesimpulan mapel Alat ukur tidak baku adalah alat ukur yang tidak memiliki satuan tetap dan belum distandarisasi secara internasional. Alat ini biasanya digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama oleh anak-anak atau dalam situasi informal, dan hasil pengukurannya bisa berbeda-beda tergantung pada siapa yang mengukur atau bagaimana alat itu digunakan. bahasa indonesia ialah Membaca dan menulis adalah keterampilan dasar yang saling berkaitan dan penting untuk perkembangan intelektual dan kehidupan sehari-hari .


Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy
.Demikian pembelajaran hari 29 Oktober 2024 kita yaitu mapel  Bahasa Indonesia dan Matematika 
Demikian pembelajaran hari 16 April 2025  kita yaitu mapel  Bahasa Indonesia dan Matematika



Wassalamuaaliakum ...    







Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy
.Demikian pembelajaran hari 29 Oktober 2024 kita yaitu mapel  Bahasa Indonesia dan Matematika 
 








       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar, Rabu 23 April 2025

                 H ari / Tanggal                   : Rabu   23 April 2025  Kelas                                       :  1 A   Mapel       ...