Hari / Tanggal : Rabu 9 April 2025
Kelas : 1 A
Mapel : Pendidikan Pancasila dan Sbdp
Alokasi Waktu : 1 x PertemuanMetode Pembelajaran : Cooperative Learning
Metode Mengajar : Diskusi Kelompok
Media Pb sbdp : Lkpd,, Video pb
Media Pb p.pancasila : Vidio pb, lkpd,
1. Capaian Penbelajaran Sbdp
💫 Peserta didik mampu diajak untuk menyadari begitu banyak karya seni dibuat berdasarkan wimba dari alam sekitar. Siswa mendiskusikan aneka bentuk dedaunan yang ada di alam dan fitur fisik sehelai daun
💥 Tujuan Pembelajaran (TP) Sbdp.
Peserta didik dapat memahami perbedaan antara bentuk natural dan bentuk buatan manusia
peserta didik dapat mampu menuangkan pengalaman, pengamatan atau hasil imitasi bentuk ke dalam karya.
peserta didik mampu membuat karya cetak dengan menggunakan pewarna basah dan bentuk natural dari dedaunan yang mereka pilih.
💥 Capaian Penbelajaran Pendidikan Pancasila
💥Peserta didik mampu mengenal karakteristik lingkungan tempat tinggal dan sekolah, sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia
💥Peserta didik mampu mempraktikkan sikap dan perilaku menjaga lingkungan tempat tinggal dan sekolah; menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.
💥Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila
💫1.1Peserta didik dapat menyebutkan denah lingkungan sekitar.
2. . Apersepsi
Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas kemarin yaitu pembelajaran bahasa indonesia menyimak isi cerita dan matematika penjumlahan 2 . untuk pertemuan kali ini mengenai sbdp " " dan pendidikan pancasila " bagian bagian rumah dan arah mata angin "
3. Materi ajar
" bagian bagian rumah"
1. Bagian Luar Rumah
- Halaman (Taman/Carport/Garasi) → Area depan atau belakang rumah untuk parkir kendaraan atau taman.
- Pagar → Pembatas rumah yang memberikan keamanan dan privasi.
- Teras → Area depan rumah yang bisa digunakan untuk bersantai atau menerima tamu.
- Atap → Penutup rumah yang melindungi dari hujan dan panas.
2. Bagian Dalam Rumah
- Ruang Tamu → Tempat untuk menerima tamu dan berkumpul bersama keluarga.
- Ruang Keluarga → Area untuk bersantai dan berkumpul dengan anggota keluarga.
- Ruang Makan → Tempat khusus untuk makan bersama keluarga.
- Dapur → Tempat memasak dan menyiapkan makanan.
- Kamar Tidur → Ruangan pribadi untuk istirahat.
- Kamar Mandi → Ruang untuk mandi dan kebutuhan sanitasi.
3. Bagian Tambahan (Opsional)
- Gudang → Tempat penyimpanan barang.
- Ruang Kerja → Ruangan khusus untuk bekerja atau belajar.
- Ruang Cuci dan Jemur → Area untuk mencuci dan menjemur pakaian.
- Kolam Renang → Fasilitas tambahan untuk berenang dan bersantai.
- Balkon → Area di lantai atas untuk menikmati udara segar.
Arah mata angin adalah arah yang digunakan sebagai panduan dalam navigasi dan penentuan lokasi berdasarkan kompas atau posisi relatif terhadap bumi. Arah mata angin utama terdiri dari:
- Utara (N - North)
- Timur (E - East)
- Selatan (S - South)
- Barat (W - West)
Selain arah utama, ada juga arah mata angin antara:
- Timur Laut (NE - Northeast)
- Tenggara (SE - Southeast)
- Barat Daya (SW - Southwest)
- Barat Laut (NW - Northwest)
💫Sbdp
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
""bentuk pada wajah "
1. 🌰 Bulat
2. 💧 Lonjong
3. 🌵 Menjari
4. 🍃 Hati
5. 🌾 Lanset
6. 🍂 Gerigi
6* lkppd sbdp
7. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah tentang Arah mata angin adalah arah yang digunakan sebagai panduan dalam navigasi dan penentuan lokasi berdasarkan kompas atau posisi relatif terhadap bumi.ada kesimpulan materi sbdp ialahini dia beberapa bentuk daun yang sering dijumpai:
1. 🌰 Bulat
2. 💧 Lonjong
3. 🌵 Menjari
4. 🍃 Hati
5. 🌾 Lanse
6. 🍂 Gerigi
*LKppd sbdp
8. Kesimpulan pembelajara
Amdulillah pada kegiatan Refleksi pembelajaran di Semester 1 ananda sholeh sholeha merasa sangat sennang dan sangat gembira karna pemeblajaran sambil bermain, harapan di semster 2 ananada sholeh sholeha dapat giat belajar membaca dan menulis.
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jan9gan lupa untuk pembelajaraan 10 April 2024 kita yaitu mapel pendidikan Pancasila dan P5 . .
Wassalamuaaliakum ... |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar