Hari / Tanggal : Rabu 06 November 2024
Kelas : 1 A
Mapel : Pendidikan Pancasila dan Sbdp
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan1. Capaian Penbelajaran Sbdp
💫Peserta didik mampu berdiskusi mengenai aneka karya seni dan alasan mereka menciptakan karya seni
💥 Tujuan Pembelajaran (TP) Sbdp
💫 1.1 Peserta dididik dapat mengasosiasikan definisi“indah” atau “artistik” daribenda-benda di sekitarnya.
💫1.2 Peserta dididik dapat mampumendokumentasikan hasilpengamatannya.
💫1.3. Peserta dididik dapat percaya diri dalammemilih alat dalam prosesdalam berkreasi💥 Capaian Penbelajaran Pendidikan Pancasila
💫 Peserta didik mampu mengidentifikasi aturan yang ada di rumah dan di sekolah serta melaksanakannya dengan bimbingan orang tua dan guru.
💫 Peserta didik mampu menceritakan contoh sikap mematuhi dan yang tidak mematuhi aturan yang berlaku di rumah dan di sekolah.
💫 Peserta didik mampu menyampaikan pendapatnya di kelas sesuai dengan tingkat berfikir dan konteksnya.
💥Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila
💫1.1 Peserta didik dapat menjadi pribadi yang patuh terhadap aturan
2. . Apersepsi
Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas kemarin yaitu pembelajaran bahasa indonesia suku kata dan matematika bilangan 11-20 ( satuan dan puluhan) untuk pertemuan kali ini mengenai sbdp dan pendidikan pancasila " aturan di rumah dan di sekolah " .
3. Materi ajar
BAB 2
" Aku anak yang patuh aturan "
- Membuang sampah pada tempatnya
- Menjaga kebersihan kelas
- Mengenakan seragam sesuai ketentuan sekolah
- Tidak membawa senjata tajam (gunting/pisau) kecuali dibutuhkan dalam pembelajaran
- Tidak memainkan HP saat proses belajar mengajar
- Hadir di kelas tepat waktu
- Mengikuti pelajaran dengan penuh perhatian
- Membawa buku, alat tulis, dan perlengkapan belajar lainnya yang sesuai dengan mata pelajaran
- Menghormati guru dan teman sekelas
💫Sbdp
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Bahaasa Indonesia
bab 3
Berdasarkan fungsinya, seni rupa dibedakan menjadi dua, yaitu:
- Seni rupa murni, yaitu seni rupa yang mengutamakan cipta, rasa, dan karsa manusia pada sesuatu yang indah untuk mengekspresikan diri. Contoh: lukisan abstrak, patung nonfiguratif, instalasi konseptual, dll.
- Seni rupa terapan (seni kriya), yaitu seni rupa yang menciptakan karya yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh: batik, anyaman, ukiran kayu, perhiasan emas, dll.
Contoh-Contoh Seni Rupa
Berikut adalah beberapa contoh karya seni rupa dari berbagai jenis dan periode:
- Seni rupa dua dimensi: Monalisa karya Leonardo da Vinci (seni lukis Renaisans), Guernica karya Pablo Picasso (seni lukis Kubisme), Marilyn Monroe karya Andy Warhol (seni lukis Pop Art), dll.
- Seni rupa tiga dimensi: Patung Venus dari Milo (seni patung Yunani kuno), Patung David karya Michelangelo (seni patung Renaisans), Patung Liberty karya Frederic Auguste Bartholdi (seni patung Neoklasik), dll.
- Seni rupa murni: The Starry Night karya Vincent van Gogh (seni lukis Pasca-Impresionisme), The Persistence of Memory karya Salvador Dali (seni lukis Surrealisme), Black Square karya Kazimir Malevich (seni lukis Abstrak), dll.
- Seni rupa terapan: Batik Megamendung dari Cirebon (seni kriya tekstil Indonesia), Keramik Celadon dari Korea (seni kriya keramik Asia), Tiffany Lamp dari Amerika (seni kriya kaca Barat), dll.
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/g
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
- Pantulan cahaya yang dipengaruhi oleh pigmen pada permukaan benda.
- Kesan yang diperoleh mata dari cahaya yang dipantulkan oleh benda.
- Bagian dari cara pandangan manusia.
- Warna primer merupakan dasar bagi semua warna. Contoh warna primer adalah merah, kuning, dan biru.
- Warna sekunder dihasilkan dari pencampuran dua warna primer.
6. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah tentang peraturan ialah pedoman atau panduan yang mengatur peserta didik agar lwbih baik. Aturan ini penting untuk menciptakan ketertiban dan keteraturan di kelas.tidak hanya peraturan di kelas yang wajib di patuhi ananda sholeh sholeha tetap peraturan juga ada di mana mana yang wajib kita patuhi . Selanjutnya kesimpulan dari materi Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetik.
. . Kesimpulan pembelajara
Amdulillah sebagian besar peserta didik sudah memahami materi meronce ada 2 peserta didik yang masih belum memahami terkait pembelajaran pendidkkan pancasila dengan membedakan aturan dirumah dan aturan disekolah . .Guru memberikan bimbingan kembali terhadap ke2 peserta didiik tersebut agar tujuan pembelajaran dapat tercapai oleh peserta didik .
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jan9gan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 07 November 2024 kita yaitu mapel pendidikan Pancasila dan P5 . .
Wassalamuaaliakum ... |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar