Hari / Tanggal = 02 Januari 2023
Tema ( 5 ) :Pengalamanku
Subtema (4) :Pengalamanku Di RumahPembelajaran :1
Alokasi Waktu : 1 x PertemuanKD (kompetensi Dasar Pembelajaran
Pembelajaran 1
· (3.6 Bahasa Indonesia)
Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya
santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia
· (4.6 Matematika )
Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan
dengan kehidupan sehari-hari.
· ( 3.2 SBDP)
Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak- anak.
Tujuan Pembelajaran :
Pembelajarann 1
·
· Dengan maju ke depan kelas, siswa dapat mempraktikkan ungkapan santun menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar
·
Dengan
mengamati berbagai gambar benda, siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai
untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat
·
1. Sapaan
Assalamualaikum wr.wb
Bismillahirahmanirahim ...
Tabik pu ..
Good Morning anak sholeh dan sholehah kelas A 😊How are you today ? semoga selalu diberikan kesehatan dan kesempatan belajar sehingga ilmunya barokah.
2. Apersepsi
Ananda sholeh sholeha, masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahasdi minggu lalu yaitu pada tema 4 membahas tentang Hidup
bersih dan sehat pada hari ini kita akan membahas materi tema 5 subtema 1 pb 1 diantaranya tentang Pengalamanku Di Rumah.
3. Materi ajar & Ringkasan Materi Pemebelajaran
Yukk kita simak penjelasan materi tema 5 subtema 1 pb 1
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
1
Pengalamanku
Setiap orang memiliki pengalaman.
Pengalaman dapat diperoleh di mana saja. Seperti
di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
Pengalaman juga dapat diperoleh di tempat wisata.
Pengalaman Beni di rumah bekerja bersama
keluarga. Beni dan keluarga bekerja membersihkan
kebun bunga. Lihat Gambar 1.
Beni di sekolah pernah menang lomba. Beni
menang lomba baca puisi. Lihat Gambar 2.
Beni juga berpengalaman di tempat bermain.
Pengalaman bermain Galah Asin. Galah Asin
dilakukan di lapangan. Lihat Gambar 3.
Beni berpengalaman juga di tempat wisata. Beni
pernah pergi ke raja Ampat. Lihat Gambar 4.
Liburan semester 1 telah usai.
Saat liburan Beni asyik membantu di rumah. Beni
membantu ibu, ayah, dan kakak.
Beni membantu ibu memajang jam dinding.
Beni membantu ayah memperbaiki motor.
Beni membantu kakak membersihkan kamar.
Jam dinding di rumah Beni mati. Ibu minta tolong Beni mengganti baterainya. Jam dinding terjatuh, saat dijangkau. Beni minta maaf kepada ibunya.
Ayo Mengamati!
Dengarkan teks percakapan yang dibacakan gurumu! Dengarkan dengan saksama!
Teks percakapan antara Beni dan Ibunya
Ibu : “Beni, coba lihat jam dinding di rumah, Nak!”
Beni : “Ya, Bu!” (Beni melihat jam dinding) “Waahh! Jarumnya berhenti bergerak, Bu!”
Ibu : “Kalau begitu, apa yang harus dilakukan?”
Beni : “Beni harus mengganti baterai dengan yang baru, Bu!”
Ibu : “Maukah Beni mengganti baterainya?”
Beni : “Mau, Bu!” (Beni naik di atas tangga).
Ibu : “Hati-hati ya, Nak!”
Beni : “Ya, bu!” (Saat menjangkau jam dinding, Beni kurang hati-hati).
Ibu : “Wahh, jamnya retak.”
Beni : “Maafkan Beni, Bu! Beni kurang hati-hati dalam mengambil jam dinding, sehingga jam dinding terjatuh.”
Ibu : “Ya, Nak! Kedepannya, Beni harus lebih hati-hati dan tidak perlu tergesa-gesa.
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 2 Halaman 3
Ayo Mengamati!
Sudahkah kamu mendengarkan teks percakapan? Buatlah pertanyaannya. Mintalah temanmu menjawabnya!
Pertanyaan: Siapa yang minta tolong untuk mengganti baterai jam dindingnya?
Jawaban teman: Ibu.
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 2 Halaman 4
Ayo Menulis!
Dengarkan percakapan di atas! Jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa yang terjadi dengan jam dinding?
Jawab: Jarum jamnya berhenti bergerak / jam dinding Beni mati.
2. Siapa yang mengambil jam dinding?
Jawab: Beni
3. Mengapa jam dinding jatuh?
Jawab: Saat menjangkau jam dinding, Beni kurang hati-hati
4. Bagaimana cara mengambil jam dinding?
Jawab: Beni harus lebih hati-hati dan tidak perlu tergesa-gesa.
5. Beni telah menjatuhkan jam dinding. Apa yang dilakukan Beni kepada ibunya?
Jawab: Meminta maaf.
Gambar berikut menunjukkan sikap santun. Sikap Beni santun kepada ibunya. Latihlah dirimu seperti Beni kepada ibunya. Beni menggunakan bahasa yang santun dalam meminta maaf.
Coba lakukan bersama teman sebangkumu!
Ayo Mengamati! Amatilah gambar berikut!
Beni teringat tugas dari gurunya. Tugasnya mengukur panjang benda. Benda yang ada di rumah. Beni ingin mengukur panjang jam dinding. Berapakah panjang jam dinding ini? Sebutkan alat yang digunakan untuk mengukurnya.
Alat yang digunakan adalah penggaris. Penggaris disebut juga mistar. Pernahkah kamu menggunakan penggaris? Ya, Pernah! Sebutkan benda yang pernah diukur dengan penggaris. Sebutkan satuan ukuran yang ada di penggaris.
Jawaban: Benda yang pernah diukur dengan penggaris yaitu buku, sisir, kotak tisu, dan jam dinding. Satuan ukuran yang ada di penggaris adalah sentimeterAyo Mencoba!
Kamu sudah mengetahui cara mengukur benda. Ukurlah benda-benda yang ada di sekitarmu! Gunakan penggaris untuk mengukurnya.
.
Ayo Berlatih! Kamu sudah dapat mengukur panjang benda di sekitarmu. Perhatikan gambar berikut! Pilihlah benda yang dapat diukur dengan penggaris. Berikan tanda centang pada gambar berikut!
Ayo Berdiskusi! Kamu sudah mengetahui tekanan nada. Baik nada kuat maupun lemah. Perhatikan kosakata pada teks lagu “Pelangi-Pelangi”. Coba tentukan panjang dan pendek bunyinya. Diskusikan bersama temanmu! Tuliskan hasilnya pada kotak berikut! Garis bawahi teks lagu tersebut. Bunyi panjang dengan garis merah. Bunyi pendek dengan garis biru |
| |||||
Tahukah kamu tekanan
nada?Tekanan nada pada lagu ada
dua. Nada kuat dan nada lemah.
Tanda “<” artinya nada kuat. Tanda
“>”artinya nada lemah.
Ayo Berdiskusi!
Kamu sudah mengetahui tekanan nada. Baik nada kuat maupun lemah. Perhatikan kosakata pada teks lagu “Pelangi-Pelangi”. Coba tentukan panjang dan pendek bunyinya.
Diskusikan bersama temanmu! Tuliskan hasilnya pada kotak berikut!
Garis bawahi teks lagu tersebut. Bunyi panjang dengan garis merah. Bunyi pendek dengan garis biru.
Jawaban:
Bunyi panjang :
- Pelangi-pelangi
- alangkah indahmu
- Pelukismu Agung
- siapa gerangan
Bunyi pendek :
- Merah, kuning, hijau
- di langit yang biru
- Pelangi, pelangi
- ciptaan Tuhan!
5. Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu dan jangan lupa bersodaqoh., Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 03 November 2022 kita yaitu Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar