Hari / Tanggal = Rabu 11 Januari 2023
Tema ( 5 ) : Pengalamanku
Subtema (2) : Pengalamanku Di SekolahPembelajaran : 2
KD (kompetensi Dasar Pembelajaran 2
1. Apersepsi
Ananda sholeh sholeha, masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas pada hari jumat 06 January 2023 kemarin tema 5 subtema 2 pb 1 yaitu tentang diantaranya tentang Seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi adalah karya seni yang memiliki dua unsur, yakni panjang dan lebar. Sedangkan seni rupa tiga dimensi merupakan karya seni yang memiliki tiga unsur, yaitu panjang, lebar, serta tinggi. Lalu untuk hari ini kita akan membahasa tema 5 subtema 2 pb 2 yaitu tentang sikap saling membantu orang lain untuk meringankan bebannya. Sebagai makhluk sosial.
2. Tujuan Pembelajaran :
·
Dengan
menjawab pertanyaan, siswa dapat menjelaskan makna ungkapan minta tolong
yang ditemukan dari teks percakapan menggunakan bahasa sendiri dengan
benar.
· · Dengan mengamati gambar Beni sedang naik di atas tangga dan berjinjit satu kaki, siswa dapat menjelaskan variasi gerak keseimbangan dengan benar.
·· Dengan mengamati gambar yang menunjukkan contoh sila pertama Pancasila di sekolah, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila pertama Pancasila dengan tepat3. Materi ajar & Ringkasan Materi Pemebelajaran
Yukk kita simak penjelasan materi tema 5 subtema 2 Pb 2
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
2
Beni dan teman-temannya melakukan gotongroyong.
Gotong royong ini dilakukan di sekolah. Siti menyapu halaman. Dayu menyiram bunga. Edo mengelap kaca. Beni membantu guru memajang kaligrafi.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kaligrafi: Pengertian, Perkembangan dan Fungsinya", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2021/02/26/202704369/kaligrafi-pengertian-perkembangan-dan-fungsinya?page=all.
Penulis : Serafica Gischa
Editor : Serafica Gischa
Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kaligrafi: Pengertian, Perkembangan dan Fungsinya", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2021/02/26/202704369/kaligrafi-pengertian-perkembangan-dan-fungsinya?page=all.
Penulis : Serafica Gischa
Editor : Serafica Gischa
Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kaligrafi: Pengertian, Perkembangan dan Fungsinya", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2021/02/26/202704369/kaligrafi-pengertian-perkembangan-dan-fungsinya?page=all.
Penulis : Serafica Gischa
Editor : Serafica Gischa
Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kaligrafi: Pengertian, Perkembangan dan Fungsinya", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2021/02/26/202704369/kaligrafi-pengertian-perkembangan-dan-fungsinya?page=all.
Penulis : Serafica Gischa
Editor : Serafica Gischa
Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6 Beni dan teman-temannya melakukan gotongroyong. Gotong royong ini dilakukan di sekolah. Siti menyapu halaman. Dayu menyiram bunga. Edo mengelap kaca. Beni membantu guru memajang kaligrafi.
Tolong menolong adalah sikap saling membantu orang lain untuk meringankan bebannya. Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendiri. Hal itu berarti manusia saling membutuhkan satu sama lain. Manusia secara tidak langsung juga mempunyai hubungan timbal balik dengan manusia lainnya
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kaligrafi: Pengertian, Perkembangan dan Fungsinya", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2021/02/26/202704369/kaligrafi-pengertian-perkembangan-dan-fungsinya?page=all.
Penulis : Serafica Gischa
Editor : Serafica Gischa
Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6
Berikut ini contoh ungkapan permintaan tolong
- Ibu, bolehkah aku meminta tolong untuk mengajariku berhitung?
- dik, tolong rapikan mainannya.
- Kakak, tolong bantu ibu menyiapkan makanan ini.
- Tolong bersihkan papan itu ya, Lani.
- Bu Guru, tolong dijelaskan lagi materi ini karena saya belum terlalu mengerti.
- Adik, tolong kecilkan suara TV, ya.
- Budi, tolong duduk dengan tenang agar tidak mengganggu teman lain yang sedang membaca.
- Pak Guru, tolong ulangi lagi contoh gerakan menendang bola karena saya belum begitu jelas.
4. Contoh Soal
Buatlah pertanyaan sesuai gambar di atas! Mintalah temanmu menjawabnya!
Berikut ini contohnya :
Pertanyaan: Apa yang sedang dilakukan Beni?
Jawaban Teman: Beni sedang memanjat untuk memajang kaligrafi di dinding ruangan kelas.
Gotong royong telah selesai dilaksanakan. Kemudian, Beni dan teman-temannya berolahraga.
Beni berjinjit dengan satu kaki.
Cobalah gerakan tersebut. Coba lakukan di halaman sekolahmu.
Gerakan kaki jinjit merupakan salah satu gerakan keseimbangan yang dapat dilakukan dengan cara berikut ini:
- Pertama berdiri dengan tegak.
- Apabila ingin berjinjit dengan menggunakan satu kaki, maka terlebih dahulu angkat satu kaki ke atas membentuk sudut 45 derajat.
- Setelah itu, rentangkan badan untuk menjaga keseimbangan.
- Perlahan angkat lakukan gerakan jinjit dengan mengangkat bagian belakang kaki dengan bertumpu hanya pada bagian depan kaki atau jari-jari kaki.
Berjinjit merupakan aktivitas yang melibatkan jari kaki sebagai tumpuan seluruh badan. Berjinjit cukup mudah dilakukan dan tidak memerlukan bantuan alat sehingga dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Apabila dilakukan secara rutin, berjinjit dapat berdampak baik bagi kesehatan tubuh kita.
Berjinjit memiliki banyak manfaat yang bagus bagi kesehatan tubuh, diantaranya sebagai berikut:
- Melatih keseimbangan pada tubuh seseorang.
- Memperkuat pergelangan kaki.
- Dapat memberikan efek relaksasi terhadap rasa tegang atau atau otot-otot yang keseleo.
- Dapat mengencangkan serta membentuk otot paha.
- Dapat menarik otot gluteus maximus sehingga dapat mengencangkan bagian bokong, dan lain sebagainya.
- Menghormati teman yang berbeda agama.
- Menunjukkan sikap toleran kepada semua warga.
- Selalu rukun dengan semua warga yang berbeda agama.
- Menjalankan perintah agama masing-masing.
- Tidak menjadikan perbedaan agama sebagai halangan untuk berteman.
( PR)
Ayo Bercerita!
Kamu pasti pernah melakukan sikap yang baik. Sikap yang sesuai sila pertama Pancasila. Coba ceritakan pengalamanmu!
6. PenutupDemikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Tolong menolong adalah sikap saling membantu orang lain untuk meringankan bebannya. Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendiri. Hal itu berarti manusia saling membutuhkan satu sama lain. Manusia secara tidak langsung juga mempunyai hubungan timbal balik dengan manusia lainnya hal itu tercermin dalam nilai nilai pancasila .
selalu laksanakan sholat 5 waktu dan jangan lupa bersodaqoh., Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 12 Januari 2023 kita yaitu Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 3
Good job Ananda Sholeh Sholeha |
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar