Hari / Tanggal = 04 Januari 2023
Tema ( 5 ) :Pengalamanku
Subtema (4) :Pengalamanku Di RumahPembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 x PertemuanKD (kompetensi Dasar Pembelajaran
Pembelajaran 3
·
(4.6
Bahasa Indonesia) Menyampaikan ungkapan-
ungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun
dalam kemajemukan.
· (4.6 Matematika )
Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
· ( 3.2 SBDP )
Memahami pola irama.
Tujuan Pembelajaran :
Pembelajarann 3
·
Dengan
menulis kalimat/ungkapan permintaan maaf, siswa dapat
mempraktikkan ungkapan santun dengan menggunakan kata “maaf”
untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan baik.
·
Dengan
mengamati gambar, siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai
untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.
tekanan nada kuat dan nada lemah pada pola irama sederhana dengan
benar.
·
1. Sapaan
Assalamualaikum wr.wb
Bismillahirahmanirahim ...
Tabik pu ..
Good Morning anak sholeh dan sholehah kelas A 😊How are you today ? semoga selalu diberikan kesehatan dan kesempatan belajar sehingga ilmunya barokah.
2. Apersepsi
Ananda sholeh sholeha, masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahasdi minggu lalu yaitu pada tema 5 subtema 1 pb 2 membahas tentang Gerak dasar bertumpu merupakan salah satu gerak dominan dalam aktivitas senam lantai . Selain gerak dasar bertumpu, ada 8 gerak dominan dalam senam lantai, yakni bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat. Gerakan bertumpu ditentukan oleh unsur kekuatan, Kamu dapat mencoba gerakan bertumpu. Gerakan bertumpu seperti dilakukan Beni. Beni melanjutkan permainan kuda-kudaan. Beni menjadi anak kuda. Kaki Beni menyenggol guci saat merangkak. Guci rebah dan hampir menyentuh lantai.
Ayah Beni menyambut guci tersebut. Guci disambut sebelum rebah di lantai. Beni dan ayahnya bersyukur. Karena guci disambut dengan cepat. Rasa bersyukur merupakan perilaku yang baik. Perilaku ini sesuai sila pertama Pancasila.
sikap yang sesuai sila pertama Pancasila! |
- Tidak memaksakan agamanya kepada orang lain
- Tidak mengganggu jalannya peribadatan agama lain
Pada pada hari ini kita akan membahas materi tema 5 subtema 1 pb 3 diantaranya tentang Pengalamanku Di Rumah. , melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
3. Materi ajar & Ringkasan Materi Pemebelajaran
Yukk kita simak penjelasan materi tema 5 subtema 1 Pb 3
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
3
Beni sedang bermain piano. Beni bermain di dekat
kakaknya.
Beni memainkan lagu “Burung Tantina”.
Apakah kamu pernah menyanyikannya? Jika belum,
perhatikan lagu berikut! Ayo, nyanyikan “Burung
Tantina” bersama. Perhatikan tekanan kuat dan
lemah. Juga panjang dan pendek bunyi lagunya.
Amati teks lagu “Burung Tantina”! Tentukan tekanan kuat dan lemahnya! Tuliskan kosakata untuk tekanan kuat dan lemahnya!
Tuliskan kosakata untuk bunyi panjang dan pendeknya! yaitu sebgai berikut:
1. Tekanan kuat = tantina – panah – bukan – datang
2. Tekanan lemah = sio – mati – sakitnya – khabarnya
3. Bunyi panjang = tantina – burung – sakitnya – bukan – dipanah – nirwana – penyakit – Sri Rama – khabarnya
4. Bunyi pendek = sakit – dari
Beni bermain pianonya hebat.
Beni bermain di dekat kakaknya.
Kakak Beni sedang belajar.
Kakak Beni merasa terganggu.
Apa kata Beni kepada kakaknya?
Beni bermain pianonya hebat. Beni bermain di dekat kakaknya. Kakak Beni
sedang belajar. Kakak Beni merasa terganggu. Apa kata Beni kepada
kakaknya?
Pernahkah kamu melakukan kesalahan? Kepada siapa kamu melakukan kesalahan? Bagaimana cara meminta maaf? Coba tuliskan permintaan maafmu!
Pernahkah kamu melakukan kesalahan? Kepada siapa kamu melakukan kesalahan? Bagaimana cara meminta maaf? Coba tuliskan permintaan maafmu!
Jawab:
- Maaf Pak, saya terlambat datang ke sekolah karena harus merawat ibu saya yang sakit.
- .
- .
- .
-
Kemudian, Beni membuat
PR.
Beni ditugaskan mengukur benda. Benda tersebut
tidak dapat diukur dengan satu penggaris.
Beni mengukur benda lebih panjang dari penggaris.
Sebutkan benda yang diukur panjangnya!
Penggaris dapat untuk mengukur panjang benda.
Sebutkan alat ukur panjang lainnya!
Beni mengukur panjang piano. Beni menggunakan
penggaris lebih dari satu kali.
Beni juga dapat menggunakan meteran.
Meteran untuk mengukur benda yang panjangnya
melebihi penggaris.
Perhatikan gambar berikut!
Berikan centang () untuk benda yang diukur
dengan meteran!
Jarak antara dua benda.,
Ayo Membaca! Amatilah percakapan berikut!
Beni: Kak, Beni mau bertanya. Bagaimana cara menggunakan meteran?
Kakak: Ya, tanya tentang apa? Caranya sama dengan menggunakan penggaris.
Mulailah dari angka 0. Di mana 100 cm sama dengan 1 meter. Meter biasa
ditulis m saja.
Beni: Oh, setiap garis pada meteran sama dengan di penggaris.
Kakak: Ya, benar. Garis itu yang digunakan mengukur panjang benda. Coba perhatikan, 1 m = 100 cm.
Ayo Berlatih!
Perhatikan percakapan di atas! Percakapan antara Beni dengan kakaknya.
1 m = 100 cm atau 100 cm = 1 m
Coba isi titik-titik berikut! Jawaban:
1. … dan … merupakan alat ukur untuk mengukur panjang.
2. …. = 300 cm
3. …. = 400 cm
4. …. = 500 cm
5. … = 600 cm
Yukk Berlatih Di Rumah ( PR)
1. 100 cm = .....m
2. 500 cm=......m
3. 400 cm =....m
4. 6 m = ...... cm
5. 7 m = .....cm
6. 200 cm =...cm
5. Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu dan jangan lupa bersodaqoh., Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 05 November 2022 kita yaitu Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 4
Tidak ada komentar:
Posting Komentar