
Hari / Tanggal : Rabu 03 Desember 2025
Kelas : : 1 A
Materi : Sumatif Akhir Semaester (SAS)
Mapel : Matematika dan Sbdp
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
Semoga di pagi yang sangat cerah ini alhamdulillah mulai hari " Rabu 03 Desember 2025" semogga kalian sudah siap mengerjakan Sumatif Akhir Semester ( SAS) , yang akan ibu guru berikan yaa ..
Sebelum kita memulai pembelajaran, sebaiknya ananda sholeh sholehah semua sudah melaksanakan sholat dhuha secara berjamaah di kelas, setelah melakukan sholat dhuha kita akan lanjut muroja'ah ananda sholeh sholeha .
Baikalah ananda sholeh sholehah berikut ini Kisi -Kisi Sumatif Akhir Semester ( SAS)
💥 Kisi -Kisi Sumatif Tengah Semester ( SAS) Matematika :
Kisi kisi Matematika kelas 1
🔢 Bilangan Cacah Sampai 10 atau 20
Membaca dan Menulis Bilangan: Peserta didik mampu membaca dan menulis lambang bilangan dengan tepat.
Contoh: Menulis angka "tujuh" atau membaca lambang bilangan $9$.
Menghitung Benda: Menghitung jumlah benda (seperti gambar bola, buah, dll.) dengan tepat.
Mengurutkan Bilangan: Mengurutkan bilangan dari yang terkecil ke terbesar atau sebaliknya.
Menguraikan dan Menyusun Bilangan: Memahami bahwa suatu bilangan dapat diuraikan dan disusun dari bilangan-bilangan lain (misalnya $5 = 2 + 3$).
Membandingkan Bilangan: Menentukan bilangan yang lebih banyak, lebih sedikit, atau sama banyak menggunakan istilah seperti "lebih dari", "kurang dari", atau lambang $<, >, =$.
Angka sebagai Urutan: Memahami bilangan untuk menunjukkan urutan (pertama, kedua, ketiga, dst.).
Membaca dan Menulis Bilangan: Peserta didik mampu membaca dan menulis lambang bilangan dengan tepat.
Contoh: Menulis angka "tujuh" atau membaca lambang bilangan $9$.
Menghitung Benda: Menghitung jumlah benda (seperti gambar bola, buah, dll.) dengan tepat.
Mengurutkan Bilangan: Mengurutkan bilangan dari yang terkecil ke terbesar atau sebaliknya.
Menguraikan dan Menyusun Bilangan: Memahami bahwa suatu bilangan dapat diuraikan dan disusun dari bilangan-bilangan lain (misalnya $5 = 2 + 3$).
Membandingkan Bilangan: Menentukan bilangan yang lebih banyak, lebih sedikit, atau sama banyak menggunakan istilah seperti "lebih dari", "kurang dari", atau lambang $<, >, =$.
Angka sebagai Urutan: Memahami bilangan untuk menunjukkan urutan (pertama, kedua, ketiga, dst.).
➕ Penjumlahan dan Pengurangan
Konsep Penjumlahan: Menjumlahkan dua bilangan (biasanya dengan hasil sampai $10$ atau $20$) menggunakan gambar atau benda konkret.
Konsep Pengurangan: Melakukan operasi hitung pengurangan (dengan hasil kurang dari $10$ atau $20$).
Soal Cerita Sederhana: Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan.
Contoh: "Ayu punya 3 apel. Diberi lagi 2 apel. Berapa jumlah apel Ayu sekarang?"
Konsep Penjumlahan: Menjumlahkan dua bilangan (biasanya dengan hasil sampai $10$ atau $20$) menggunakan gambar atau benda konkret.
Konsep Pengurangan: Melakukan operasi hitung pengurangan (dengan hasil kurang dari $10$ atau $20$).
Soal Cerita Sederhana: Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan.
Contoh: "Ayu punya 3 apel. Diberi lagi 2 apel. Berapa jumlah apel Ayu sekarang?"
🔶 Geometri (Bangun Datar dan Ruang) dan Posisi Benda
Mengenal Bangun Datar: Membedakan dan menyebutkan benda-benda yang berbentuk bangun datar sederhana (seperti segitiga, segiempat, lingkaran).
Posisi Benda: Menyatakan posisi letak benda menggunakan kosakata:
Depan-Belakang
Atas-Bawah
Kanan-Kiri
Mengenal Bangun Datar: Membedakan dan menyebutkan benda-benda yang berbentuk bangun datar sederhana (seperti segitiga, segiempat, lingkaran).
Posisi Benda: Menyatakan posisi letak benda menggunakan kosakata:
Depan-Belakang
Atas-Bawah
Kanan-Kiri
🧼 Kisi- Kisi Sumatif Akhir Semester : SBDP
1. Mengenal Warna
Materi:
-
Warna primer (merah, kuning, biru)
-
Warna sekunder (hijau, jingga, ungu)
-
Pengenalan warna di sekitar
2. Garis dan Bentuk
Materi:
-
Garis lurus, lengkung, zig-zag
-
Bentuk sederhana: lingkaran, segitiga, persegi
3. Karya Seni Rupa 2 Dimensi
Materi:
-
Gambar 2D (lukisan, poster sederhana)
-
Ciri-ciri karya 2 dimensi (punya panjang & lebar)
4. Membuat Karya Seni (Kolase, Montase, Mozaik)
Materi:
-
Kolase dari kertas/daun
-
Mozaik potongan kecil
-
Montase (menempel gambar yang sudah ada)
5. Apresiasi Karya Seni
Materi:
-
Mengamati karya
-
Menyebutkan warna/bentuk yang ada pada gambar
-
Menghargai karya teman
Diharapkan ananda sholeh sholehah
👉Memakai Pakaian Seragam Sekolah,
👉 Membawa Alat Tulis
Tetap semangat ananda sholeh solehah dalam mengerjakan Sumatif Akhir Semester
( SAS ) ❤❤❤❤
👉👉👉👉 Selalu melaksanakan sholat 5 waktu
👉👉👉 sholat dhuha dan murojaah
👉👉👉 Selalu menjaga kesehatan

Tidak ada komentar:
Posting Komentar