Hari / Tanggal : Selasa 21 Oktober 2025
Kelas : 1 A
Mapel : Matematika dan B.indonesia
💥 Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia
Muridmampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Murid mampu memaknai kosakata baru dan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
💥Tujuan Pembelajaran ( TP) B.Indonesia
💫1.1 · Murid dapat melafalkan huruf, membaca suku kata yang diawali dengan huruf”b”Peserta didik mampu membaca dengan benar berbagai teks.
💥 Capaian Penbelajaran Matematika
murid mampu mengenal berbagai bangun datar (segitiga, segiempat, segibanyak, lingkaran) dan bangun ruang (balok, kubus, kerucut, dan bola). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) suatu bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak). Peserta didik juga dapat menentukan posisi benda terhadap benda lain (kanan, kiri, depan belakang).💥Tujuan Pembelajaran Matematika
💫· mengenal berbagai bangun datar (segitiga, segiempat, segibanyak, lingkaran) dan bangun ruang (balok, kubus, kerucut, dan bola).
· 💫·melakukan komposisi (penyusunan) dan dekomposisi (penguraian) suatu bangun datar (segitiga, segiempat, dan segi banyak)
2. Materi ajar
Let's Check This Video
Matematika
Mengenal bentuk adalah kegiatan belajar untuk memahami dan membedakan berbagai macam bentuk bangun datar sederhana yang ada di sekitar kita.
Anak belajar menyebutkan nama bentuk, mengamati ciri-cirinya, dan menghubungkan dengan benda nyata dalam kehidupan sehari-hari.
🧩 Bentuk-bentuk yang Dikenal di Kelas 1
Lingkaran – tidak memiliki sisi dan sudut.
Contoh: jam, piring, tutup botol.Persegi – memiliki 4 sisi sama panjang dan 4 sudut siku-siku.
Contoh: ubin, papan catur.Persegi panjang – memiliki 2 pasang sisi yang sama panjang.
Contoh: buku, pintu.Segitiga – memiliki 3 sisi dan 3 sudut.
Contoh: rambu lalu lintas, potongan pizza.
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Satu kata bisa terdiri dari satu, dua, atau lebih suku kata.
Contoh:
Me-ja → terdiri dari 2 suku kata (me / ja)
Bu-ku → terdiri dari 2 suku kata (bu / ku)
Se-pa-tu → terdiri dari 3 suku kata (se / pa / tu)
Rumah → terdiri dari 2 suku kata (ru / mah)
Ibu → terdiri dari 2 suku kata (i / bu)
📘 A. Pilihan Ganda
Pilih jawaban yang benar!
Bentuk roda sepeda adalah …
a. Persegi
b. Lingkaran
c. Segitiga
➡️ Jawaban: b. LingkaranBuku tulis memiliki bentuk …
a. Persegi panjang
b. Lingkaran
c. Segitiga
➡️ Jawaban: a. Persegi panjangBenda yang memiliki bentuk segitiga adalah …
a. Piring
b. Rambu lalu lintas
c. Meja
➡️ Jawaban: b. Rambu lalu lintasUbin di lantai berbentuk …
a. Lingkaran
b. Persegi panjang
c. Persegi
➡️ Jawaban: c. PersegiBangun yang tidak memiliki sudut adalah …
a. Persegi
b. Lingkaran
c. Segitiga
➡️ Jawaban: b. Lingkaran
🧮 B. Isian Singkat
Bentuk jam dinding adalah ___________.
➡️ Jawaban: LingkaranBentuk papan tulis adalah ___________.
➡️ Jawaban: Persegi panjangSegitiga memiliki ___________ sisi.
➡️ Jawaban: 3Persegi memiliki ___________ sudut.
➡️ Jawaban: 4Bangun yang memiliki empat sisi sama panjang disebut ___________.
➡️ Jawaban: Persegi
💫B.Indonesia
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
✏️ C. Soal Esai
Sebutkan 3 contoh benda berbentuk persegi panjang!
➡️ Jawaban:Apa perbedaan antara persegi dan persegi panjang?
➡️ Jawaban:Sebutkan ciri-ciri bangun lingkaran!
➡️ Jawaban:
6. KesimpulanKesimpulan pembelajaran hari ini pembelajaran matematika ialah Mengenal bentuk adalah kegiatan belajar untuk memahami dan membedakan berbagai macam bentuk bangun datar sederhana yang ada di sekitar kita. dan kesimpulan bahasa indoneisa adalah Suku kata adalah bagian dari kata yang diucapkan dengan satu hentakan suara.Satu kata bisa terdiri dari satu, dua, atau lebih suku kata.
7. Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 23 Oktober 2025 kita yaitu Pendidikan anti korupsi dan sbdp
Tidak ada komentar:
Posting Komentar