
Hari / Tanggal : Jumat 24 Oktober 2025
Kelas : 1 A
Mapel : P. Pancasila, & Matematika
1. Kartu Angka/ Gambar Angka
Kartu dengan angka (1–10) dan kartu lain bergambar benda (apel, bola, mobil, dll.) dengan jumlah sesuai angka.
2. Stik Es Krim/ Pensil warna
Stik es krim/ pensil warna yang bisa dihitung satu per satu.
Media Digital
1. Video Pembelajaran
Video pendek tentang mengenal angka
💥Cp Pendidikan Pancasila
💫Murid mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga; menceritakan contoh sikap mematuhi aturan di lingkungan keluarga; dan menunjukkan perilaku mematuhi aturan dilingkungan keluarga..
💥Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila
💫Murid mampu menejelaskan arti aturan
💫Murid Mengidentifikasi aturan di rumah dan di sekolah
💥 Capaian Penbelajaran Matematika
murid mampu mengenal berbagai bangun datar (segitiga, segiempat, segibanyak, lingkaran) dan bangun ruang (balok, kubus, kerucut, dan bola). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) suatu bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak). Peserta didik juga dapat menentukan posisi benda terhadap benda lain (kanan, kiri, depan belakang).💥Tujuan Pembelajaran Matematika
💫· mengenal berbagai bangun datar (segitiga, segiempat, segibanyak, lingkaran) dan bangun ruang (balok, kubus, kerucut, dan bola).
· 💫·melakukan komposisi (penyusunan) dan dekomposisi (penguraian) suatu bangun datar (segitiga, segiempat, dan segi banyak)
2. Materi ajar
Let's Check This Video
Matematika
Mengenal bentuk adalah kegiatan belajar untuk memahami dan membedakan berbagai macam bentuk bangun datar sederhana yang ada di sekitar kita.
Anak belajar menyebutkan nama bentuk, mengamati ciri-cirinya, dan menghubungkan dengan benda nyata dalam kehidupan sehari-hari.
🧩 Bentuk-bentuk yang Dikenal di Kelas 1
Lingkaran – tidak memiliki sisi dan sudut.
Contoh: jam, piring, tutup botol.Persegi – memiliki 4 sisi sama panjang dan 4 sudut siku-siku.
Contoh: ubin, papan catur.Persegi panjang – memiliki 2 pasang sisi yang sama panjang.
Contoh: buku, pintu.Segitiga – memiliki 3 sisi dan 3 sudut.
Contoh: rambu lalu lintas, potongan pizza.
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Pendidikan Pancasila
👉 Aturan adalah kesepakatan yang harus kita ikuti supaya kegiatan berjalan dengan baik dan semua merasa nyaman.
Contoh aturan di kelas 1:
Masuk kelas tepat waktu.
Mengangkat tangan sebelum berbicara.
Membuang sampah pada tempatnya.
Saling menghormati teman dan guru.
🌟 Pengertian Aturan
Aturan adalah kesepakatan yang harus dipatuhi agar kehidupan menjadi tertib, aman, dan menyenangkan.
🏠 Contoh Aturan di Rumah
Bangun tidur tepat waktu.
Makan sambil duduk dengan rapi.
Merapikan mainan setelah digunakan.
Menghormati orang tua.
🏫 Contoh Aturan di Sekolah
Masuk kelas tepat waktu.
Mengangkat tangan sebelum berbicara.
Mendengarkan guru dengan baik.
Saling menghargai teman.
🌳 Contoh Aturan di Lingkungan
Tidak membuang sampah sembarangan.
Menjaga kebersihan halaman dan jalan.
Tidak merusak tanaman atau fasilitas umum.
Saling tolong-menolong dengan tetangga.
4, Contoh Soal
Apa manfaat menaati peraturan di sekolah?
Jawaban: Belajar menjadi tertib, suasana kelas nyaman, dan semua anak bisa belajar dengan baik.
Apa yang harus kita lakukan sebelum keluar rumah?
Jawaban: Pamit kepada orang tua.
Mengapa peraturan itu penting?
Jawaban: Karena dengan adanya peraturan, kita bisa hidup tertib, aman, dan rukun.
Soal :
Tuliskan contoh peraturan di lingkungan!
Jawaban:
Contoh peraturan di lingkungan adalah kerja bakti membersihkan lingkungan setiap minggu.
Soal 4 (Pengurangan):
Di pohon ada 12 burung. Tiba-tiba 5 burung terbang pergi. Berapa burung yang masih ada di pohon?
Jawaban:
Soal 5 (Campuran):
Ani mempunyai 8 pensil. Lalu ia membeli lagi 2 pensil, tetapi 4 pensilnya hilang. Berapa pensil Ani sekarang?
Jawaban:
8 + 2 = 10 → 10 – 4 = 6 → Jadi, pensil Ani ada 6 buah.
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Sinta mempunyai 5 permen. Ia makan 2 permen. Berapa permen Sinta sekarang?
Jawaban: 5 – 2 = 3 permen
Edo mempunyai 9 balon. 4 balon pecah. Berapa balon Edo yang tersisa?
Jawaban: 9 – 4 = 5 balon
Ibu membeli 10 jeruk. Lalu dimakan 3 jeruk. Berapa jeruk yang masih ada?
Jawaban: 10 – 3 = 7 jeruk
6. Kesimpulan
Kesimpulan pembelajaran hari ini pembelajaran pendidikan pancasila ialah Aturan adalah kesepakatan yang harus kita ikuti supaya kegiatan berjalan dengan baik dan semua merasa nyaman. dan kesimpulan pembelajaran Matematika Penjumlahan adalah menggabungkan dua bilangan atau lebih menjadi satu hasil.engurangan adalah mengambil sebagian dari suatu bilangan sehingga jumlahnya berkurang.
7. Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 27 Oktober 2025 kita yaitu Pendidikan pancasila dan b. indonesia .


Tidak ada komentar:
Posting Komentar