Kamis, 25 September 2025

Materi Ajar, Jumat 26 September 2025

 Terjual Dompet KW SUPER | LEVIS - DUNHILL - HERMES - IMPERIAL HORSE | KASKUS

Hari / Tanggal             : Jumat  26 September  2025

Kelas                            :  1 A

 Mapel                        :  P. Pancasila, & Matematika 

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan

Metode Pembelajaran :Discovery Learning  ( pkn ) Latihan Soal ( Matematika )

Metode Pembelajaran:Alat Peraga Fisik

1.      Kartu Angka/ Gambar Angka

 Kartu dengan angka (1–10) dan kartu lain bergambar benda (apel, bola, mobil, dll.) dengan jumlah sesuai angka.

2.      Stik Es Krim/ Pensil warna 

 Stik es krim/ pensil warna  yang bisa dihitung satu per satu. 

Media Digital

1.     Video Pembelajaran

 Video pendek tentang mengenal angka

 💥Cp Pendidikan Pancasila 

💫Murid mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga; menceritakan contoh sikap mematuhi aturan di lingkungan keluarga; dan menunjukkan perilaku mematuhi aturan dilingkungan keluarga..

💥Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila

     💫Murid mampu menejelaskan arti aturan

     💫Murid Mengidentifikasi aturan di rumah dan di sekolah

💥  Capaian Penbelajaran Matematika 

Murid mampu menunjukan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. 

 murid mampu mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, suara)

 💥Tujuan Pembelajaran Matematika 

💫1.1 Murid dapat  Menujukan symbol matematika  matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 10 menggunakan gambar atau benda konkret

3. Materi ajar


Let's Check This Video 

Matematika 



💫Matematika 

Penjumlahan adalah menggabungkan dua bilangan atau lebih menjadi satu hasil.

  • Disebut juga menambah.

  • Lambangnya adalah “+”.

📌 Contoh:
2 + 3 = 5
(artinya: ada 2 apel ditambah 3 apel, jadi semuanya ada 5 apel).


Pengertian Pengurangan

👉 Pengurangan adalah mengambil sebagian dari suatu bilangan sehingga jumlahnya berkurang.

  • Disebut juga mengurang.

  • Lambangnya adalah “−”.

📌 Contoh:
5 − 2 = 3
(artinya: ada 5 kue, dimakan 2, sisanya tinggal 3 kue).


Berikut Simbol Penjumahalan dan Pengurangan 

Penjumlahan ( + )

Pengurangan ( -) 


💥 Jika terdapat soal yang di simbolkan dengan tanda ( + ) maka jumlah angka / barang kita bertamgah 

💥Jika terdapat soal yang di simbolkan dengan tanda ( - ) maka jumlah angka / barang kita berkurang .  



💫P. Pancasila 

Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
 Let's Check This Video 

Pendidikan Pancasila 

 



 



💫Pendidikan Pncasila 

👉 Aturan adalah kesepakatan yang harus kita ikuti supaya kegiatan berjalan dengan baik dan semua merasa nyaman.

Contoh aturan di kelas 1:

  • Masuk kelas tepat waktu.

  • Mengangkat tangan sebelum berbicara.

  • Membuang sampah pada tempatnya.

  • Saling menghormati teman dan guru.

🌟 Pengertian Aturan

Aturan adalah kesepakatan yang harus dipatuhi agar kehidupan menjadi tertib, aman, dan menyenangkan.


                                                

🏠 Contoh Aturan di Rumah

  • Bangun tidur tepat waktu.

  • Makan sambil duduk dengan rapi.

  • Merapikan mainan setelah digunakan.

  • Menghormati orang tua.



🏫 Contoh Aturan di Sekolah

  • Masuk kelas tepat waktu.

  • Mengangkat tangan sebelum berbicara.

  • Mendengarkan guru dengan baik.

  • Saling menghargai teman.


🌳 Contoh Aturan di Lingkungan

  • Tidak membuang sampah sembarangan.

  • Menjaga kebersihan halaman dan jalan.

  • Tidak merusak tanaman atau fasilitas umum.

  • Saling tolong-menolong dengan tetangga.



4, Contoh Soal

P. Pancasila 
  • Apa manfaat menaati peraturan di sekolah?
    Jawaban: Belajar menjadi tertib, suasana kelas nyaman, dan semua anak bisa belajar dengan baik.

  • Apa yang harus kita lakukan sebelum keluar rumah?
    Jawaban: Pamit kepada orang tua.

  • Mengapa peraturan itu penting?

  • Jawaban: Karena dengan adanya peraturan, kita bisa hidup tertib, aman, dan rukun.


  • Soal :
    Tuliskan contoh peraturan di lingkungan!
    Jawaban:
    Contoh peraturan di lingkungan adalah kerja bakti membersihkan lingkungan setiap minggu.

    Matematika

    Soal 4 (Pengurangan):
    Di pohon ada 12 burung. Tiba-tiba 5 burung terbang pergi. Berapa burung yang masih ada di pohon?
    Jawaban:


    Soal 5 (Campuran):
    Ani mempunyai 8 pensil. Lalu ia membeli lagi 2 pensil, tetapi 4 pensilnya hilang. Berapa pensil Ani sekarang?
    Jawaban:
    8 + 2 = 10 → 10 – 4 = 6 → Jadi, pensil Ani ada 6 buah.

    1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

    Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
    1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

    Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
    1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

    Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS

    5.  Evaluasi   
    💫 Kerjakan soal berikut dengan benar!  💫

    Latihan soal Matematika 
  • Sinta mempunyai 5 permen. Ia makan 2 permen. Berapa permen Sinta sekarang?
    Jawaban: 5 – 2 = 3 permen

  • Edo mempunyai 9 balon. 4 balon pecah. Berapa balon Edo yang tersisa?
    Jawaban: 9 – 4 = 5 balon

  • Ibu membeli 10 jeruk. Lalu dimakan 3 jeruk. Berapa jeruk yang masih ada?
    Jawaban: 10 – 3 = 7 jeruk

  • 6. Kesimpulan 

    Kesimpulan pembelajaran hari ini pembelajaran pendidikan pancasila ialah  Aturan adalah kesepakatan yang harus kita ikuti supaya kegiatan berjalan dengan baik dan semua merasa nyaman. dan kesimpulan pembelajaran Matematika  Penjumlahan adalah menggabungkan dua bilangan atau lebih menjadi satu hasil.engurangan adalah mengambil sebagian dari suatu bilangan sehingga jumlahnya berkurang

    7. Penutup 

    Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok  29 September 2025  kita yaitu Pendidikan pancasila dan b. indonesia  . 


    Wassalamualaikum ...

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Materi Ajar, Jumat 26 September 2025

      H ari / Tanggal                 : Jumat  26 September   2025 Kelas                                       :  1 A   Mapel                   ...