Hari / Tanggal : Jumat 12 September 2025
Kelas : 1 A
Mapel : P. Pancasila, & Matematika
1. Kartu Angka/ Gambar Angka
Kartu dengan angka (1–10) dan kartu lain bergambar benda (apel, bola, mobil, dll.) dengan jumlah sesuai angka.
2. Stik Es Krim/ Pensil warna
Stik es krim/ pensil warna yang bisa dihitung satu per satu.
Media Digital
1. Video Pembelajaran
Video pendek tentang mengenal angka
💥Cp Pendidikan Pancasila
💫Murid mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga; menceritakan contoh sikap mematuhi aturan di lingkungan keluarga; dan menunjukkan perilaku mematuhi aturan dilingkungan keluarga..
💥Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila
💫Murid mampu menejelaskan arti aturan
💫Murid Mengidentifikasi aturan di rumah dan di sekolah
💥 Capaian Penbelajaran Matematika
Murid mampu menunjukan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. |
💥Tujuan Pembelajaran Matematika
💫1.1 Murid dapat Menujukan symbol matematika matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 10 menggunakan gambar atau benda konkret
3. Materi ajar
Let's Check This Video
Matematika
Penjumlahan adalah menggabungkan dua bilangan atau lebih menjadi satu hasil.
Disebut juga menambah.
Lambangnya adalah “+”.
📌 Contoh:
2 + 3 = 5
(artinya: ada 2 apel ditambah 3 apel, jadi semuanya ada 5 apel).
Pengertian Pengurangan
👉 Pengurangan adalah mengambil sebagian dari suatu bilangan sehingga jumlahnya berkurang.
Disebut juga mengurang.
Lambangnya adalah “−”.
📌 Contoh:
5 − 2 = 3
(artinya: ada 5 kue, dimakan 2, sisanya tinggal 3 kue).
Berikut Simbol Penjumahalan dan Pengurangan
Penjumlahan ( + )
Pengurangan ( -)
💥 Jika terdapat soal yang di simbolkan dengan tanda ( + ) maka jumlah angka / barang kita bertamgah
💥Jika terdapat soal yang di simbolkan dengan tanda ( - ) maka jumlah angka / barang kita berkurang .
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Pendidikan Pancasila
👉 Aturan adalah kesepakatan yang harus kita ikuti supaya kegiatan berjalan dengan baik dan semua merasa nyaman.
Contoh aturan di kelas 1:
Masuk kelas tepat waktu.
Mengangkat tangan sebelum berbicara.
Membuang sampah pada tempatnya.
Saling menghormati teman dan guru.
🌟 Pengertian Aturan
Aturan adalah kesepakatan yang harus dipatuhi agar kehidupan menjadi tertib, aman, dan menyenangkan.
🏠 Contoh Aturan di Rumah
Bangun tidur tepat waktu.
Makan sambil duduk dengan rapi.
Merapikan mainan setelah digunakan.
Menghormati orang tua.
🏫 Contoh Aturan di Sekolah
Masuk kelas tepat waktu.
Mengangkat tangan sebelum berbicara.
Mendengarkan guru dengan baik.
Saling menghargai teman.
🌳 Contoh Aturan di Lingkungan
Tidak membuang sampah sembarangan.
Menjaga kebersihan halaman dan jalan.
Tidak merusak tanaman atau fasilitas umum.
Saling tolong-menolong dengan tetangga.
4, Contoh Soal
Apa yang dimaksud dengan peraturan di sekolah?
Jawaban:
Peraturan di sekolah adalah aturan yang harus ditaati oleh semua siswa agar sekolah tertib dan aman.
Soal 2:
Mengapa kita harus mematuhi peraturan di rumah?
Jawaban:
Karena dengan mematuhi peraturan, rumah menjadi nyaman, rapi, dan semua anggota keluarga hidup rukun.
Soal 3:
Sebutkan 2 contoh peraturan di sekolah!
Jawaban:
-
Datang ke sekolah tepat waktu.
-
Tidak boleh membuang sampah sembarangan.
Soal 4:
Apa yang terjadi jika kita tidak mematuhi peraturan?
Jawaban:
Jika tidak mematuhi peraturan, bisa membuat suasana tidak tertib, merugikan orang lain, dan mendapat teguran.
Soal 5:
Tuliskan contoh peraturan di lingkungan!
Jawaban:
Contoh peraturan di lingkungan adalah kerja bakti membersihkan lingkungan setiap minggu.
Soal 1 (Penjumlahan):
Dina mempunyai 3 apel. Ibunya memberi lagi 4 apel. Berapa jumlah apel Dina sekarang?
Jawaban:
3 + 4 = 7 → Jadi, apel Dina ada 7 buah.
Soal 2 (Penjumlahan):
Di kelas ada 5 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Berapa jumlah siswa seluruhnya?
Jawaban:
5 + 6 = 11 → Jadi, jumlah siswa ada 11 orang.
Soal 3 (Pengurangan):
Budi punya 10 kue. Ia memakan 3 kue. Berapa kue Budi yang tersisa?
Jawaban:
10 – 3 = 7 → Jadi, kue Budi tinggal 7 buah.
Soal 4 (Pengurangan):
Di pohon ada 12 burung. Tiba-tiba 5 burung terbang pergi. Berapa burung yang masih ada di pohon?
Jawaban:
12 – 5 = 7 → Jadi, masih ada 7 burung di pohon.
Soal 5 (Campuran):
Ani mempunyai 8 pensil. Lalu ia membeli lagi 2 pensil, tetapi 4 pensilnya hilang. Berapa pensil Ani sekarang?
Jawaban:
8 + 2 = 10 → 10 – 4 = 6 → Jadi, pensil Ani ada 6 buah.
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Contoh : Ibu membeli 2 roti. Ayah membeli lagi 3 roti. Berapa jumlah roti semuanya?
Jawaban: 2 + 3 = 5 → Jadi ada 5 roti.
Soal 1 (Penjumlahan):
Di meja ada 4 buku. Lalu ditambah 5 buku lagi. Berapa jumlah buku di meja?
Jawaban:
Soal 2 (Pengurangan):
Sinta punya 7 permen. Ia makan 2 permen. Berapa permen yang tersisa?
Jawaban: .
Soal 3 (Pengurangan):
Di taman ada 10 kelinci. Lalu 4 kelinci masuk ke kandang. Berapa kelinci yang masih di taman?
Jawaban:
Soal 4 (Campuran):
Rina punya 6 balon. Temannya memberi 3 balon lagi, tetapi 2 balon Rina pecah. Berapa balon Rina sekarang?
Jawaban:
6. Kesimpulan
Kesimpulan pembelajaran hari ini pembelajaran pendidikan pancasila ialah Aturan adalah kesepakatan yang harus kita ikuti supaya kegiatan berjalan dengan baik dan semua merasa nyaman. dan kesimpulan pembelajaran Matematika Penjumlahan adalah menggabungkan dua bilangan atau lebih menjadi satu hasil.engurangan adalah mengambil sebagian dari suatu bilangan sehingga jumlahnya berkurang.
7. Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 15 September 2025 kita yaitu Pendidikan pancasila dan b. indonesia .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar