Selasa, 22 Juli 2025

Materi Ajar, Rabu 23 Juli 2025

 Terjual Dompet KW SUPER | LEVIS - DUNHILL - HERMES - IMPERIAL HORSE | KASKUS

Hari / Tanggal             : Rabu 23  Juli 2024

Kelas                            :  1 A

 Mapel                        :  Sbdp dan P.Anti korupsi 

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan
         

 💥  Capaian Penbelajaran P. Annti Korupsi 

Murid mampu mengenal dan menunjukkan perilaku jujur, disiplin, dan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah sebagai dasar membentuk sikap antikorupsi.

 💥Tujuan Pembelajaran ( TP) P. Anti korupsi 

    💫1.1  Menjelaskan arti jujur, disiplin, dan tanggung jawab dengan bahasa sederhana.

💫1.1Menyebutkan contoh sikap jujur, disiplin, dan tanggung jawab di rumah dan sekolah

💥  Capaian Penbelajaran Sbdp  

Murid  memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa

 💥Tujuan Pembelajaran Matematika 

💫1.1.       Murid dapat memahami unsur rupa (garis dan warna) di lingkungan sekitarnya.

1.2.        💫1.2.    Murid dapat menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa (garis dan warna).

2. . Apersepsi

 Masi ingatkah kalian tentang kegiatan pembelajaran di hari selasa  kemarin ananda sholeh sholeha, kemarain kita sudah belajar tentang mata pelajaran Pembelajaran Matematika ( Bilangan 1-10)  dan B.Indonesia ( membaca permulaan) .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai  Pembelajaran  Sbdp  dan pendididkan anti korupsi. 

3. Materi ajar

Let's Check This Video 

sbdp 



💫sbdp 

seni rupa adalah karya seni yang bisa dilihat dan diraba. Dalam membuat gambar atau karya seni lainnya, kita menggunakan unsur-unsur seni rupa berikut:


1. Titik

  • Titik adalah unsur seni rupa yang paling kecil.

  • Contoh: Titik dari ujung pensil di kertas.

2. Garis

  • Garis terbentuk dari kumpulan titik-titik yang berjejer.

  • Ada garis lurus, lengkung, zig-zag, melingkar, dll.

  • Contoh: Garis pada gambar matahari atau rumah.

3. Bentuk

  • Bentuk adalah wujud dari benda.

  • Contoh bentuk: bulat (bola), kotak (meja), segitiga (atap rumah).

4. Warna

  • Warna membuat gambar menjadi indah dan menarik.

  • Contoh: merah, biru, kuning, hijau, dll.

5. Ruang

  • Ruang bisa terlihat sempit atau luas dalam gambar.

  • Dalam seni rupa 3D (seperti patung), ruang bisa dirasakan.

6. Tekstur

  • Tekstur adalah rasa permukaan benda, bisa halus atau kasar.

  • Contoh: kulit jeruk kasar, kertas halus.

7. Gelap Terang

  • Gelap terang membuat gambar terlihat nyata dan memiliki bayangan.

  • Contoh: bagian bawah pohon lebih gelap karena tertutup bayangan.

Berikut contoh unsur unsur seni rupa 



💫P. Anti Korupsi 
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
 

1. Apa itu Korupsi?

  • Korupsi adalah mengambil sesuatu yang bukan miliknya.

  • Korupsi bisa terjadi kalau seseorang berbohong, tidak jujur, atau menyalahgunakan kepercayaan.

2. Nilai-Nilai Antikorupsi

NilaiPenjelasan SederhanaContoh Perilaku
JujurBerkata dan berbuat yang benarTidak menyontek saat ulangan
DisiplinTaat pada aturanDatang tepat waktu ke sekolah
Tanggung JawabMelakukan tugas yang diberikanMenyelesaikan PR tanpa disuruh

3. Dampak Korupsi

  • Merugikan banyak orang

  • Membuat pekerjaan jadi lambat

  • Tidak adil bagi orang lain

Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/


  Let’s check this video                 


            
 
 4, Contoh Soal

1. Unsur seni rupa yang paling kecil adalah __________.
Jawaban: titik

2. Campuran warna merah dan kuning menghasilkan warna __________.
Jawaban: oranye

3. Garis bisa lurus, __________, dan patah.
Jawaban: lengkung


🗣️ Soal Uraian Sederhana

4. Sebutkan 3 warna primer!

Jawaban: Merah, kuning, biru

5. Apa yang dimaksud dengan tekstur dalam seni rupa?
Jawaban: Tekstur adalah permukaan benda, bisa halus atau kasar.

 


1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS

5.  Evaluasi   
💫 Kerjakan soal berikut dengan benar!  💫
 

A. Soal Pilihan Ganda Bergambar

1. Perhatikan gambar di bawah ini!
(gambar titik-titik kecil di atas kertas)
Gambar di atas menunjukkan unsur seni rupa yaitu...
a. warna
b. titik ✅
c. bentuk


2. Lihat gambar berikut!
(gambar garis lurus, garis lengkung, dan garis patah)
Unsur yang ditunjukkan pada gambar adalah...
a. bentuk
b. garis ✅
c. tekstur


3. Perhatikan gambar!
(gambar bola, balok, dan kubus)
Gambar di atas menunjukkan unsur seni rupa yaitu...
a. warna
b. bentuk ✅
c. bidang


4. Lihat gambar ini!
(gambar permukaan daun dan amplas)
Gambar di atas menunjukkan contoh dari unsur...
a. tekstur ✅
b. titik
c. garis


5. Perhatikan gambar berikut!
(gambar warna merah, kuning, dan biru)
Warna-warna pada gambar disebut warna...
a. sekunder
b. pelangi
c. primer ✅


✍️ B. Soal Isian Bergambar

6. Lihat gambar berikut ini!
(gambar oranye = merah + kuning)
Warna oranye berasal dari campuran warna __________ dan __________.
Jawaban: merah dan kuning


7. Gambar di bawah ini menunjukkan garis lengkung. Garis ini termasuk unsur __________.
Jawaban: garis


6. Kesimpulan 

Kesimpulan pembelajaran hari ini pembelajaran seni rupa adalah karya seni yang bisa dilihat dan diraba. Dalam membuat gambar atau karya seni lainnya  dan kesimpulan pembelajaran p. anti korupi 

  • Korupsi adalah mengambil sesuatu yang bukan miliknya.

  • Korupsi bisa terjadi kalau seseorang berbohongtidak jujur, atau menyalahgunakan kepercayaan.

7. Penutup 

Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 24   Juli   2025  kita yaitu p.pancasila, sbdp dan b. indonesia . 




Wassalamuaaliakum ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar, Rabu 23 Juli 2025

  H ari / Tanggal                 : Rabu 23   Juli 2024 Kelas                                       :  1 A   Mapel                          ...