Hari / Tanggal = Rabu 24 Juli 2024
Kelas : 1 A
Mapel : Pendidikan Pancasila dan Sbdp
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan1. Capaian Penbelajaran Sbdp
💫Peserta didik mampu mengamati elemen-elemen rupa di lingkungan kesehariannya dan menuangkan pengalaman kesehariannya secara visual dengan menggunakan bentuk-bentuk dasar geometris. Peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar dalam berkarya seperti kertas, alat menggambar, mewarnai, membentuk, memotong, dan merekat.
💥 Tujuan Pembelajaran (TP) Sbdp
💫 1.1 Peserta dididik dapat memahami definisi“indah” atau “artistik” daribenda-benda di sekitarnya
💫 1.2 Peserta dididik dapat mampumendokumentasikan hasil pengamatannya.
💥 Capaian Penbelajaran Pendidikan Pancasila
💫 Peserta didik mampu mengenal dan menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menjelaskan hubungan antara simbol dan sila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu menerapkan nilai- nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah
💥Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila
💫1.1 Peserta didik dapat menjelaskan lambang negara Garuda Pancasila
2. . Apersepsi
Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas kemarin yaitu Mengenai Bilangan dan Membaca Permulaan .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai Pendidikan Pancasila " ". dan Sbdp " "
3. Materi ajar
Let’s check this video VIDEO PEMBELAJARAN Bahaasa Indonesia BaB 1 Aku Cinta Pancasila |
Pancasila berasal dari bahasa sansekerta yaitu panca dan sila. kata panca berarti lima dan sila berarti sendi/dasar atau peraturan tingkah laku yang penting dan baik. Pancasila merupakan lima dasar yang berisi pedoman atau aturan tentang tingkah laku yang penting dan baik.
Bunyi Sila-Sila Pancasila
- Ketuhanan yang Maha Esa.
- Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.
- Persatuan Indonesia.
- Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan.
- Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.
💫Sbdp
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Bahaasa Indonesia
BaB 1 Seni Rupa
Berdasarkan fungsinya, seni rupa dibedakan menjadi dua, yaitu:
- Seni rupa murni, yaitu seni rupa yang mengutamakan cipta, rasa, dan karsa manusia pada sesuatu yang indah untuk mengekspresikan diri. Contoh: lukisan abstrak, patung nonfiguratif, instalasi konseptual, dll.
- Seni rupa terapan (seni kriya), yaitu seni rupa yang menciptakan karya yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh: batik, anyaman, ukiran kayu, perhiasan emas, dll.
Contoh-Contoh Seni Rupa
Berikut adalah beberapa contoh karya seni rupa dari berbagai jenis dan periode:
- Seni rupa dua dimensi: Monalisa karya Leonardo da Vinci (seni lukis Renaisans), Guernica karya Pablo Picasso (seni lukis Kubisme), Marilyn Monroe karya Andy Warhol (seni lukis Pop Art), dll.
- Seni rupa tiga dimensi: Patung Venus dari Milo (seni patung Yunani kuno), Patung David karya Michelangelo (seni patung Renaisans), Patung Liberty karya Frederic Auguste Bartholdi (seni patung Neoklasik), dll.
- Seni rupa murni: The Starry Night karya Vincent van Gogh (seni lukis Pasca-Impresionisme), The Persistence of Memory karya Salvador Dali (seni lukis Surrealisme), Black Square karya Kazimir Malevich (seni lukis Abstrak), dll.
- Seni rupa terapan: Batik Megamendung dari Cirebon (seni kriya tekstil Indonesia), Keramik Celadon dari Korea (seni kriya keramik Asia), Tiffany Lamp dari Amerika (seni kriya kaca Barat), dll.
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
💥Amati,
rasakan dan alami.
Selalu
ada sisi yang spesial dan artistik.
Bahkan dari benda-benda yang biasa kamu lihat sehari-hari
💢Kamu
bisa membuat kreasi dari apa yang kamu amati.
Walaupun
mengamati benda yang sama, kreasimu pasti akan berbeda darikreasi orang lain.
Perhatikan cerita bergambar berikut ini! Kemudian ceritakan aktivitas pada cerita bergambar di bawah ini!
1. Andi menyapa nenek yang
sedang kesulitan menyeberang jalan.
2. Andi........
3. Andi ..........
6. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah tentang Pancasila berasal dari bahasa sansekerta yaitu panca dan sila. kata panca berarti lima dan sila berarti sendi/dasar atau peraturan tingkah laku yang penting dan baik. Pancasila merupakan lima dasar yang berisi pedoman atau aturan tentang tingkah laku yang penting dan baik.
Selanjutnya kesimpulan dari materi Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetik
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 25 Juli 2024 kita yaitu mapel Pendidikan Pancasila, dan P5
Wassalamuaaliakum ... |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar