Rabu, 06 September 2023

Materi Ajar Kamis 07 September 2023 Kelas 1A

 

Terjual Dompet KW SUPER | LEVIS - DUNHILL - HERMES - IMPERIAL HORSE | KASKUS

Hari / Tanggal              = Kamis  07 September   2023

Kelas                            :  1 A

 Mapel                        : Pendidikan Pancasila dan P5

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan
         

1. 💥  Capaian Penbelajaran Pendidikan Pancasila

    💫Peserta didik mampu. menjelaskan arti aturan,,engidentifikasi aturan di rumah dan di sekolah , mengindentifikasi aturan saat makan dan bermain bersama tema menerapkan sikap mematuhi aturan di rumah

💥Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila 

    💫2.3 Peserta didik dapat  mengindentifikasi aturan saat makan dan bermain bersama teman
💫2.4  Peseta didik dapat menerapkan sikap mematuhi aturan di rumah

💢 Capaian Pemnbelajaran P5 

  Peserta didik mampu mengenal program yang berperan dalam meningkatkan kesadaran siswa dan siswi tentang pentingnya hidup berkelanjutan. Melalui tema Gaya Hidup Berkelanjutan, para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan pola hidup yang sehat dan berkelanjuta     

 💥Tujuan Pembelajaran

    💫1.1  Peserta didik  dapat memahami kesadaran siswa dan siswi tentang pentingnya hidup berkelanjutan. Melalui tema Gaya Hidup Berkelanjutan, para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan pola hidup yang sehat dan berkelanjutan.

2. . Apersepsi

 Masi ingatkah kalian tentang materi yang  sudah kita bahas  kemarin  yaitu  menceritakan cara membaca permulaan dengan benar dan makna Bilangan 1 sampai dengan 10 dan SBDP BaB 1 Tentang " Seni Rupa"  .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai  pembelajaran Pendidikan Pancasila " Aku cinta Pancasila " dan Pembelajaran P5 .

3. Materi ajar



                                       Let’s check this video

                                        VIDEO PEMBELAJARAN  

                                  Pendidikan Pancasila 

                                 "Bab 2 Aku Anak Yang Patuh Peraturan "


💫Pendidikan Pncasila 

💫Pendidikan Pncasila 

     Disiplin merupakan suatu sikap taat dan patuh terhadap peraturan yang berlaku, sering kali disebut sebagai tantangan diri sendiri dan sulit untuk dilakukan. Tidak semua orang bisa disiplin, karena itu sikap disiplin harus dilatih atau ditanamkan sejak dini agar terbiasa untuk melakukan sesuatu secara disiplin, 

    Kepatuhan merupakan sikap disiplin atau perilaku taat terhadap suatu perintah maupun aturan yang ditetapkan, dengan penuh kesadaran. Kepatuhan sebagai perilaku positif dinilai sebagai sebuah pilihan. Artinya, individu memilih untuk melakukan, mematuhi, merespon secara kritis terhadap aturan, hukum, norma sosial, permintaan maupun keinginan dari seseorang yang memegang otoritas ataupun peran penting. Kepatuhan dapat terjadi dalam bentuk apapun, selama individu tersebut melakukan perilaku taat terhadap sesuatu atau seseorang.

 

 

30 Latihan Soal Ulangan PPKN Kelas 4 SD Semester 1 Kurikulum Merdeka,  Lengkap dengan Kunci Jawaban - Sripoku.com

 Ini Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 2 SD Subtema 1 Halaman 1: Aturan Keselamatan  di Rumah


Contoh Aturan di Rumah

  • Tidak menonton televisi sampai larut malam
  • Minta izin atau berpamitan jika ingin bepergian
  • Menghormati orang tua
  • Meletakkan sepatu di rak sepatu
  • Membantu orang tua
  • Sopan dalam bertutur kata
  • Patuh kepada orang tua

Contoh Aturan di Sekolah

  • Tidak terlambat
  • Memakai seragam sekolah
  • Tidak membuat kegaduhan
  • Tidak mencoret-coret meja dan kursi
  • Melaksanakan piket
  • Mengikuti upacara bendera
  • Meminta izin jika keluar kelas
 
💫P5
Let’s check this video   
 

Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
 
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). P5 adalah upaya untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. 

  Let’s check this video

                                  


 
    P5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas. Ini yang terkadang terjadi miskonsepsi dalam penerapan P5 di satuan pendidikan yang hanya berfokus pada hasil ataupun produk akhir dari setiap kegiatan P5 padahal proses setiap peserta didik dalam kegiatan P5 ini yang menjadi sangat penting. Alur dan proses yang dijalani setiap peserta didik dalam menyelesaikan masalah pada projek adalah hal utamanya.

   Yukk kita simak tepuk P5 
Berikut ini 


 
 P5 menjadi salah satu sarana pencapaian profil Pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan belajar dari lingkungan sekitar. Untuk program P5 SD AL AZHAR 3 yaitu
 " LEKUNG " ( Lele dan Kangkung ).

 
 
    P5 merupakan program yang berperan dalam meningkatkan kesadaran siswa dan siswi tentang pentingnya hidup berkelanjutan. Melalui tema Gaya Hidup Berkelanjutan, para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan pola hidup yang sehat dan berkelanjutan dengan 
Tema :Hidup Berkelanjutan Lele Kangkung ( Lekung )  
Budidaya Lele [Bule] & Kangkung Bagian 1 | GOODBYE SANITY
 
Jual Paket BUDIKDAMBER Budidaya Ikan Lele dan Sayuran Kangkung dalam Ember  - Kab. Tangerang - Dismas Zeno | Tokopedia 
   Penanaman Bibit kangung
 
 
 4, Contoh Soal
 
11. Apabila tidak digunakan, keran sebaiknya …. a. dimatikan b. dihidupkan c. dibiarkan saja Jawaban: dimatikan. 12. Ketika teman memperkenalkan diri maka kita harus…. a. bicara sendiri b. mengabaikan c. memperhatikan Jawaban: memperhatikan. 13. Bersalaman dengan guru termasuk sikap yang menunjukan…. a. kesopanan b. keangkuhan c. kemenangan Jawaban: kesopanan. 14. Kita di sekolah dapat bermain dengan …. a. teman seagama saja b. teman sebangku saja c. semua teman Jawaban: semua teman. 15. Berbagi bekal dengan teman saat istirahat, termasuk kebersamaan di lingkungan.... a. keluarga b. sekolah c. rumah Jawaban: sekolah.

Baca selengkapnya di artikel "Soal Pancasila Kelas 1 Semester 2 Kurikulum Merdeka & Jawabannya", https://tirto.id/gCYr
11. Apabila tidak digunakan, keran sebaiknya …. a. dimatikan b. dihidupkan c. dibiarkan saja Jawaban: dimatikan. 12. Ketika teman memperkenalkan diri maka kita harus…. a. bicara sendiri b. mengabaikan c. memperhatikan Jawaban: memperhatikan. 13. Bersalaman dengan guru termasuk sikap yang menunjukan…. a. kesopanan b. keangkuhan c. kemenangan Jawaban: kesopanan. 14. Kita di sekolah dapat bermain dengan …. a. teman seagama saja b. teman sebangku saja c. semua teman Jawaban: semua teman. 15. Berbagi bekal dengan teman saat istirahat, termasuk kebersamaan di lingkungan.... a. keluarga b. sekolah c. rumah Jawaban: sekolah.

Baca selengkapnya di artikel "Soal Pancasila Kelas 1 Semester 2 Kurikulum Merdeka & Jawabannya", https://tirto.id/g
1. hidup tertib adalah perbuatan yang ….
2. Kita harus mau mengantri dengan ….
3. rajin belajar membuat kita menjadi ….
4. hidup tertib harus dilakukan di ….
5. hidup tertib membuat kegiatan berjalan dengan ….
Jawaban :
 
1. terpuji / baik
2. tertib
3. pintar
4. semua tempat
5. lancar
 


1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS

5.  Evaluasi   
💫 Kerjakan soal berikut dengan benar!  💫
 
Kelas 2 Aturan ppkn - Sumber daya pengajaran

6. Penutup

    Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah tentang " Aku anak yang patuh aturan "  peraturan adalah ketentuan yang dengan sendirinya memiliki suatu makna normatif; ketentuan yang menyatakan bahwa sesuatu harus (tidak harus) dilakukan, atau boleh (tidak boleh) dilakukan.

    Selanjutnya kesimpulan dari materi P5 yaitu tentang  " Hidup Berkelanjutan " dengam menggambarkan dan meningkatkan kesadaran siswa dan siswi tentang pentingnya hidup berkelanjutan. Melalui tema Gaya Hidup Berkelanjutan, para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan pola hidup yang sehat dan berkelanjutan dengan Tema :Hidup Berkelanjutan Lele Kangkung ( Lekung ) 

     Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami  Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok  08 September  2023 kita yaitu P5 .










Wassalamuaaliakum ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Jumat 22 November 2024

  H ari / Tanggal                 : Jumat 22 November  2024  Kelas                                       :  1 A   Mapel                     ...