Hari / Tanggal = Kamis 07 September 2023
Kelas : 1 A
Mapel : Pendidikan Pancasila dan P5
1. 💥 Capaian Penbelajaran Pendidikan Pancasila
💫Peserta
didik mampu. menjelaskan arti aturan,,engidentifikasi aturan di rumah
dan di sekolah , mengindentifikasi aturan saat makan dan bermain bersama
tema menerapkan sikap mematuhi aturan di rumah
💥Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila
💫2.3 Peserta didik dapat mengindentifikasi aturan saat makan dan bermain bersama teman
💫2.4 Peseta didik dapat menerapkan sikap mematuhi aturan di rumah
💢 Capaian Pemnbelajaran P5
Peserta didik mampu mengenal
program yang berperan dalam meningkatkan kesadaran siswa dan siswi tentang pentingnya hidup berkelanjutan. Melalui tema Gaya Hidup Berkelanjutan, para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan pola hidup yang sehat dan berkelanjuta
💥Tujuan Pembelajaran
💫1.1 Peserta didik dapat memahami kesadaran siswa dan siswi tentang pentingnya hidup berkelanjutan. Melalui tema Gaya Hidup Berkelanjutan, para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan pola hidup yang sehat dan berkelanjutan.
2. . Apersepsi
Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah
kita bahas kemarin yaitu menceritakan cara membaca permulaan dengan benar dan makna Bilangan 1 sampai dengan 10 dan SBDP BaB 1 Tentang " Seni Rupa" .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai pembelajaran Pendidikan Pancasila " Aku cinta Pancasila " dan Pembelajaran P5 .
3. Materi ajar
Let’s check this video VIDEO PEMBELAJARAN Pendidikan Pancasila "Bab 2 Aku Anak Yang Patuh Peraturan " |
Disiplin merupakan suatu sikap taat dan patuh terhadap peraturan yang berlaku, sering kali disebut sebagai tantangan diri sendiri dan sulit untuk dilakukan. Tidak semua orang bisa disiplin, karena itu sikap disiplin harus dilatih atau ditanamkan sejak dini agar terbiasa untuk melakukan sesuatu secara disiplin,
Kepatuhan merupakan sikap disiplin atau perilaku taat terhadap suatu perintah maupun aturan yang ditetapkan, dengan penuh kesadaran. Kepatuhan sebagai perilaku positif dinilai sebagai sebuah pilihan. Artinya, individu memilih untuk melakukan, mematuhi, merespon secara kritis terhadap aturan, hukum, norma sosial, permintaan maupun keinginan dari seseorang yang memegang otoritas ataupun peran penting. Kepatuhan dapat terjadi dalam bentuk apapun, selama individu tersebut melakukan perilaku taat terhadap sesuatu atau seseorang.
Contoh Aturan di Rumah
- Tidak menonton televisi sampai larut malam
- Minta izin atau berpamitan jika ingin bepergian
- Menghormati orang tua
- Meletakkan sepatu di rak sepatu
- Membantu orang tua
- Sopan dalam bertutur kata
- Patuh kepada orang tua
Contoh Aturan di Sekolah
- Tidak terlambat
- Memakai seragam sekolah
- Tidak membuat kegaduhan
- Tidak mencoret-coret meja dan kursi
- Melaksanakan piket
- Mengikuti upacara bendera
- Meminta izin jika keluar kelas
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Baca selengkapnya di artikel "Soal Pancasila Kelas 1 Semester 2 Kurikulum Merdeka & Jawabannya", https://tirto.id/gCYr
Baca selengkapnya di artikel "Soal Pancasila Kelas 1 Semester 2 Kurikulum Merdeka & Jawabannya", https://tirto.id/g
2. Kita harus mau mengantri dengan ….
3. rajin belajar membuat kita menjadi ….
4. hidup tertib harus dilakukan di ….
5. hidup tertib membuat kegiatan berjalan dengan ….
2. tertib
3. pintar
4. semua tempat
5. lancar
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
6. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah tentang " Aku anak yang patuh aturan " peraturan adalah ketentuan yang dengan sendirinya memiliki suatu makna normatif; ketentuan yang menyatakan bahwa sesuatu harus (tidak harus) dilakukan, atau boleh (tidak boleh) dilakukan.
Selanjutnya
kesimpulan dari materi P5 yaitu tentang " Hidup Berkelanjutan " dengam
menggambarkan dan meningkatkan
kesadaran siswa dan siswi tentang pentingnya hidup berkelanjutan.
Melalui tema Gaya Hidup Berkelanjutan, para siswa diajak untuk memahami
dan menerapkan pola hidup yang sehat dan berkelanjutan dengan Tema :Hidup Berkelanjutan Lele Kangkung ( Lekung )
Demikian
pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jangan lupa untuk
pembelajaraan di hari esok 08 September 2023 kita yaitu P5 .
Wassalamuaaliakum ... |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar