Hari / Tanggal = Rabu 06 September 2023
Kelas : 1 A
Mapel : Matematika dan SBDP
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan1. 💥 Capaian Penbelajaran Matematika
💫Peserta didik dapat menunjukan pemahaman makna simbol matematika "="
dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan
pengurangan bilangan cacah sampai 20
Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, suara)
💥Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika
💫1.1 Peserta didik dapat menentukan dan menuliskan pola bilangan dengan bantuan gambar atau objek sederhana.
💫2.1 Peserta didik dapat menentukan dan menuliskan pola bilangan dengan bantuan angka sampai 20
Capaian Penbelajaran SBDP :
💫Peserta didik mampu mengamati elemen-elemen rupa di lingkungan kesehariannya dan menuangkan pengalaman kesehariannya secara visual dengan menggunakan bentuk-bentuk dasar geometris. Peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar dalam berkarya seperti kertas, alat menggambar, mewarnai, membentuk, memotong, dan merekat.
💥 Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Indonesia:
💫 1. 1 Peserta didik dapat menjelaskan macam-macam garis dan bentuk.
💫1. 2 Peserta didik dapat menjelaskan cara menempel dan memotong aneka bentuk.
2. . Apersepsi
Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah
kita bahas kemarin yaitu menceritakan cara membaca permulaan dengan benar dan makna Bilangan 1 sampai dengan 10 .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai Matematika "Bab 2 " Menguraikan dan menyusun bilangan " ". dan SBDP Bab 1 tentang " Seni rupa "
3. Materi ajar
let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Matematika
"Bab 2 " Menguraikan dan menyusun bilangan "
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Bahaasa Indonesia
BaB 1 Seni Rupa
Di dalam kehidupan sehari-hari, lambang bilangan atau angka menjadi salah satu simbol untuk menyatakan sesuatu, menghitung, dan lainnya.
Bahkan, lambang bilangan 1 hingga 10 telah digunakan sejak manusia di dalam kandungan, tepatnya saat usia kehamilan.
Terdapat makna-makna filosofi di dalam setiap angka atau lambang bilangan yang perlu diketahui, dengan tujuan edukasi anak.
💫 SBDP
Berdasarkan fungsinya, seni rupa dibedakan menjadi dua, yaitu:
- Seni rupa murni, yaitu seni rupa yang mengutamakan cipta, rasa, dan karsa manusia pada sesuatu yang indah untuk mengekspresikan diri. Contoh: lukisan abstrak, patung nonfiguratif, instalasi konseptual, dll.
- Seni rupa terapan (seni kriya), yaitu seni rupa yang menciptakan karya yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh: batik, anyaman, ukiran kayu, perhiasan emas, dll.
Contoh-Contoh Seni Rupa
Berikut adalah beberapa contoh karya seni rupa dari berbagai jenis dan periode:
- Seni rupa dua dimensi: Monalisa karya Leonardo da Vinci (seni lukis Renaisans), Guernica karya Pablo Picasso (seni lukis Kubisme), Marilyn Monroe karya Andy Warhol (seni lukis Pop Art), dll.
- Seni rupa tiga dimensi: Patung Venus dari Milo (seni patung Yunani kuno), Patung David karya Michelangelo (seni patung Renaisans), Patung Liberty karya Frederic Auguste Bartholdi (seni patung Neoklasik), dll.
- Seni rupa murni: The Starry Night karya Vincent van Gogh (seni lukis Pasca-Impresionisme), The Persistence of Memory karya Salvador Dali (seni lukis Surrealisme), Black Square karya Kazimir Malevich (seni lukis Abstrak), dll.
- Seni rupa terapan: Batik Megamendung dari Cirebon (seni kriya tekstil Indonesia), Keramik Celadon dari Korea (seni kriya keramik Asia), Tiffany Lamp dari Amerika (seni kriya kaca Barat), dll.
-
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
6. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah tentang bilangan 1-20 bahwa dengan mengelompokan jumlah barang yang ada di seitar peserta didik dapat memmahami makna bilangan tersebut dengan baik dan benar dan mampu mengoperasikan hasil dari penjunlahan dan pengurangan . .
Selanjutnya
kesimpulan dari materi SBDP yaitu tentang seni rupa dengam
menggambarkan unsur unsur seni rupa peserata didik dapat dan mampu
memahami makna unsur unsur seni rupa .
Demikian
pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jangan lupa untuk
pembelajaraan di hari esok 07 September 2023 kita yaitu mapel Pendidikan Pancasila dan P5 .
Wassalamuaaliakum ... |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar