Hari / Tanggal = Selasa 08 Agustus 2023
Kelas : 1 A
Mapel : Bahasa Indonesia dan Matematika
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan1. 💥 Capaian Penbelajaran Matematika
💫 Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan
memiliki
intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka
dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan,
mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun)dan dekomposisi
(mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan
dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai
20. Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari
keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda
sama banyak, pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat.
💥Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika
💫1.1 Peserta didik dapat mengenal bilangan dan symbol bilangan sampai
dengan 10 berdasarkan kumpulan benda
💫1.2 Peserta didik dapat menghitung, Membaca dan Menulis bilangan dan lambangnya dengan banyak benda 11 – 20
Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia :
💫Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami pesan lisan dan informasi dari audio, teks aural ( teks yang di bacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
💥 Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Indonesia:
💫 1.1 Peserta dididik dapat menceritakan cara membaca permulaan dengan benar
💫 1.2 Peserta didik dapat menjelaskan sikap menyimak yang baik
2. . Apersepsi
Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah
kita bahas kemarin yaitu Mengenai lambang lambang Pancasiala dan Membaca Permulaan .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai Bahasa Indonesia BAB 1 " Bunyi ap "menceritakan cara membaca permulaan dengan benar. dan Matematika Bab 1 tentang " Bilangan"
3. Materi ajar
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Bahaasa Indonesia
BaB 1 Bunyi Apa ?
et’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Matematika
"Bab 1 " Bilangan "
Melafalkan huruf, membaca suku kata yang diawali dengan huruf ‘b’, dan menulis nama sendiri
Diskusikan gambar di atas dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini.
- Pernahkah kalian mendengar suara “Duk! Duk!”?
- Biasanya, apa yang berbunyi “Duk! Duk!”?
- Apa yang kalian lihat pada gambar di atas?
- Menurut kalian, apa isi ceritanya?
Menyimak
Duk! Duk! Duk!
Itu bola Boni
Bola Boni biru.
Duk duk duk
Bola kena batu.
Aduh! Bola jadi basah.
Wah, ada yang bermain dengan bola Boni!
Di mana bola Boni kini?
Membaca
Huruf apa ini?
Bagaimana bunyinya?
Bacalah bersama teman-teman.
Huruf kapital dan huruf kecil berbeda bentuknya.
Membaca
Lafalkan huruf ini: B b
Lalu, lafalkan huruf yang terdapat pada kata-kata berikut.
bola
bo - la
b - o - l - a
bo - la
Di dalam kehidupan sehari-hari, lambang bilangan atau angka menjadi salah satu simbol untuk menyatakan sesuatu, menghitung, dan lainnya.
Bahkan, lambang bilangan 1 hingga 10 telah digunakan sejak manusia di dalam kandungan, tepatnya saat usia kehamilan.
Terdapat makna-makna filosofi di dalam setiap angka atau lambang bilangan yang perlu diketahui, dengan tujuan edukasi anak.
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
● Peserta didik secara berpasangan mencari benda yang dia kumpulkan dari sekitar sekolah, selanjutnya menuliskan jumlah benda-benda yang ditemukan tersebut dan diurutkan.
Misal: Daun kering ada . . . . .
Pensil di dalam kelas yang berwarna merah ada . ……
Penghapus di dalam kelas yang berwarna hitam ada ……
Jika dituliskan:
Jika diurutkan dari yang terkecil ke terbesar adalah:
………………. 🡺 …………………. 🡺 ………………..
6. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah kelompokan suku kata vokal dan konsosnan pada huruf vokal terdapat 5 huruf yaitu ( : A, I, U ,E dan O ) ,
Kemudian huruf konsosnan ada 21 huruf yaitu ( B,C,D,F,G,H,J,K,L,M,N,O,P,Q,R,S,T,U,V, X dan Z ) .
Selanjutnya
kesimpulan dari materi matematika yaitu tentang bilangan 1-20 bahwa
dengan mengelompokan jumlah barang yang ada di seitar peserta didik
dapat memmahami makna bilangan tersebut dengan baik dan benar .
Demikian
pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jangan lupa untuk
pembelajaraan di hari esok 09 Agustus 2023 kita yaitu mapel, Matematika dan SBDP .
Wassalamuaaliakum ... |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar