Hari / Tanggal = Rabu 16 Agustus 2023
Kelas : 1 A
Mapel : Matematika dan SBDP
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan1. 💥 Capaian Penbelajaran Matematika
💫
Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi
bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat
membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan,
serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai)
bilangan.
Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.
Peserta
didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari
keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda
sama banyak, pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan
seperempat.
💥Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika
💫 1.3 Peserta didik dapat Membaca dan menulis bilangan dan lambangnya dengan banyak benda 21 – 99
💫1.4 Peserta didik dapat Membandingkan dan Mengurutkan bilangan cacah sampai angka 10
Capaian Penbelajaran SBDP :
💫Peserta didik mampu mengamati elemen-elemen rupa di lingkungan kesehariannya dan menuangkan pengalaman kesehariannya secara visual dengan menggunakan bentuk-bentuk dasar geometris. Peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar dalam berkarya seperti kertas, alat menggambar, mewarnai, membentuk, memotong, dan merekat.
💥 Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Indonesia:
💫1. 1 Peserta didik dapat menjelaskan macam-macam garis dan bentuk.
💫1. 2 Peserta didik dapat menjelaskan cara menempel dan memotong aneka bentuk.
2. . Apersepsi
Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah
kita bahas kemarin yaitu menceritakan cara membaca permulaan dengan benar dan makna Bilangan 1 sampai dengan 10 .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai Matematika BAB 1 " Bilangan ". dan SBDP Bab 1 tentang " Seni rupa "
3. Materi ajar
et’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Matematika
"Bab 1 " Bilangan "
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Bahaasa Indonesia
BaB 1 Seni Rupa
Di dalam kehidupan sehari-hari, lambang bilangan atau angka menjadi salah satu simbol untuk menyatakan sesuatu, menghitung, dan lainnya.
Bahkan, lambang bilangan 1 hingga 10 telah digunakan sejak manusia di dalam kandungan, tepatnya saat usia kehamilan.
Terdapat makna-makna filosofi di dalam setiap angka atau lambang bilangan yang perlu diketahui, dengan tujuan edukasi anak.
💫 SBDPBerdasarkan fungsinya, seni rupa dibedakan menjadi dua, yaitu:
- Seni rupa murni, yaitu seni rupa yang mengutamakan cipta, rasa, dan karsa manusia pada sesuatu yang indah untuk mengekspresikan diri. Contoh: lukisan abstrak, patung nonfiguratif, instalasi konseptual, dll.
- Seni rupa terapan (seni kriya), yaitu seni rupa yang menciptakan karya yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh: batik, anyaman, ukiran kayu, perhiasan emas, dll.
Contoh-Contoh Seni Rupa
Berikut adalah beberapa contoh karya seni rupa dari berbagai jenis dan periode:
- Seni rupa dua dimensi: Monalisa karya Leonardo da Vinci (seni lukis Renaisans), Guernica karya Pablo Picasso (seni lukis Kubisme), Marilyn Monroe karya Andy Warhol (seni lukis Pop Art), dll.
- Seni rupa tiga dimensi: Patung Venus dari Milo (seni patung Yunani kuno), Patung David karya Michelangelo (seni patung Renaisans), Patung Liberty karya Frederic Auguste Bartholdi (seni patung Neoklasik), dll.
- Seni rupa murni: The Starry Night karya Vincent van Gogh (seni lukis Pasca-Impresionisme), The Persistence of Memory karya Salvador Dali (seni lukis Surrealisme), Black Square karya Kazimir Malevich (seni lukis Abstrak), dll.
- Seni rupa terapan: Batik Megamendung dari Cirebon (seni kriya tekstil Indonesia), Keramik Celadon dari Korea (seni kriya keramik Asia), Tiffany Lamp dari Amerika (seni kriya kaca Barat), dll.
-
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
. Peserta didik secara berpasangan mencari benda yang dia kumpulkan dari sekitar sekolah, selanjutnya menuliskan jumlah benda-benda yang ditemukan tersebut dan diurutkan.
Misal: Daun kering ada . . . . .
Pensil di dalam kelas yang berwarna merah ada . ……
Penghapus di dalam kelas yang berwarna hitam ada ……
Jika dituliskan:
Jika diurutkan dari yang terkecil ke terbesar adalah:
………………. 🡺 …………………. 🡺 ………………..
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
6. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah tentang bilangan 1-20 bahwa dengan mengelompokan jumlah barang yang ada di seitar peserta didik dapat memmahami makna bilangan tersebut dengan baik dan benar .
Selanjutnya
kesimpulan dari materi SBDP yaitu tentang seni rupa dengam
menggambarkan unsur unsur seni rupa peserata didik dapat dan mampu
memahami makna unsur unsur seni rupa .
Demikian
pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jangan lupa untuk
pembelajaraan di hari esok 18 Agustus 2023 kita yaitu mapel Pendidikan Pancasila dan P5 .
Wassalamuaaliakum ... |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar